Lengkapi Trilogi, Jikustik Akan Rilis 'Malam'

Moch. Indra Kurniawan  |  Senin, 25 Juni 2007 18:45


  • Lengkapi Trilogi, Jikustik Akan Rilis 'Malam'
    Ilustrasi
Kapanlagi.com - Jikustik akan merilis album ketiga dari album trilogi-nya: Pagi, Siang, dan Malam, akhir tahun 2007 ini. Hal itu disampaikan oleh salah seorang personel Jikustik, saat ditemui di sela-sela acara Let's Dance Global TV di Merdeka Walk Medan, Sabtu (23/6) lalu.

"Album Malam ini merupakan album ketiga dari album trilogi kami, setelah album Pagi dan Siang. Insya Allah, kami akan merilisnya akhir tahun 2007 ini," jelas Dadi, sang gitaris.

Menurut Dadi, materi untuk album ini telah siap. "Tapi, belum direkam. Kami masih sedang memilih arah musiknya ke mana. 'Malam' itu bisa jadi sepi dan bisa jadi hingar-bingar," ujarnya lagi.

Pongky menambahkan, "Materinya udah ada dari album Pagi dan Siang, tapi penerapannya belum." Namun, saat diminta bocoran tentang lagu-lagu dalam album Malam tersebut, Pongky mengelak untuk memberitahukannya.

"Rahasia nih!" ujarnya pendek. "Yang pasti, judul albumnya 90% Malam."

Menurut Carlo pula, lagu-lagu dalam album Malam yang masih akan diproduksi oleh Warner Music Indonesia tersebut, sebagian besarnya masih dtulis oleh Pongky.

"Sebagian lagi ditulis Icha. Kalau aransemen musiknya kita semua," jelas Carlo, yang berposisi sebagai drummer dalam grup band yang pernah mengeluarkan album 'indie' berjudul BULAN DI DJOGDJA ini.

Ketika ditanya alasan membuat album trilogi, Pongky mengatakan, "Dasarnya kita pengen dalam satu rapat, kita dapat konsep untuk beberapa album. Lebih praktis."

Sedangkan kenapa memilih nama Pagi, Siang, dan Malam, suami presenter Sophie Navita ini menjelaskan bahwa hal itu merupakan suatu siklus yang terus berputar.

"Kami ingin seperti itu, terus berputar. Terus eksis," ujar cowok yang katanya akan menimang anak keduanya setelah Rangga Namora, bulan depan.

Mengenai lokasi syuting untuk video klip album baru ini nantinya, Carlo mengatakan bahwa mereka belum tahu akan mengambil lokasi di mana.

"Kemaren kami juga baru syuting video klip LANJUTKAN HIDUP dari album Siang di Jakarta," ujar cowok kelahiran Madiun, 28 Januari, 30 tahun yang lalu ini.

Tambahnya kemudian, video klip ini merupakan yang kedua dari album Siang, yang dirilis pada bulan November 2006 yang lalu, setelah lagu PUISI.

Untuk tur promo album, menurut Dadi, hal ini masih sedang dalam proses manajemen. "Insya Allah, tahun depan promo album Malam," ujar cowok yang mengidolakn Jacky Chan ini.

Kemudian, berbicara tentang penjualan album Siang yang merupakan album keenam Jikustik ini, Pongki mengatakan bahwa setiap album mereka, dari album pertama, Seribu Tahun yang dirilis tahun 2000 yang lalu, hingga album yang kelima, penjualannya tidak kurang dari 100.000 ribu kopi.

"Sekarang album Siang lagi jalan ke sana," jelas Pongky, yang merupakan vokalis grup band asal Yogyakarta ini.

Sedangkan Icha, yang pada kesempatan itu sempat ditanya mengenai album solonya, mengatakan bahwa rencana untuk membuat album solo lagi masih ada. "Tapi belum tau kapan," ujar cowok yang bernama lengkap Aji Mohammad Mirza Ferdinand Hakim ini sambil tersenyum. (adela)

Lihat Arsip Musik

- - -