Lagu 'Soleram' Bawa Merah Putih Berkibar di Tanah Spanyol

Nizar Zulmi  |  Senin, 08 September 2014 20:21
Lagu 'Soleram' Bawa Merah Putih Berkibar di Tanah Spanyol
The Archipelago Singers ©dok

Kapanlagi.com - Kata siapa lagu daerah tak bisa menorehkan prestasi bertaraf internasional? Berkat lagu ini, The Archipelago Singers berhasil menyabet juara pertama kategori Paduan Suara Campuran (Mixed Choir) di 32nd Cantonigros International Music Festival, di kota Vic, Spanyol belum lama ini.

Dari tiga lagu yang dibawakan, yakni Soleram, Tak Tong Tong dan Ampar Ampar Pisang, lagu daerah asal Riau tersebut lah yang akhirnya berhasil membawa nama Indonesia berkibar di tanah Spanyol. Sungguh prestasi yang sangat membanggakan tentunya bagi kita semua sebagai bangsa Indonesia.

Menurut pimpinan The Archipelago Singers, Darmawan melalui email baru-baru ini, kompetisi bergengsi yang diikuti oleh 16 negara ini bukan kali pertama diikuti The Archipelago Singers. Namun dengan prestasi yang diraih, kini banyak negara lain yang melirik kebudayaan kita.

The Archipelago Singers ©dokThe Archipelago Singers ©dok

"Banyak hal positif yang bisa didapatkan oleh negara kita dengan menjuarai kompetisi internasional semacam ini. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya peserta dari negara lain yang ingin mengetahui lebih dalam mengenai kebudayaan Indonesia selama keikusertaan The Archipelago Singers pada dua kompetisi di Spanyol tersebut," urainya.

Pada kategori Paduan Suara Campuran (Mixed Choir) ini, lanjutnya, The Archipelago Singers berkolaborasi dengan dua komposer paduan suara ternama dunia. Dengan menggandeng komposer Spanyol, Josu Elberdin dan komposer Indonesia Ivan Yohan yang melahirkan aransemen ciamik lagu rakyat Riau, Soleram.

"Ivan Yohan mampu menjaga keharmonisan dari dua unsur itu. Walhasil, terciptalah pula karya berjudul Negros Fantasmas yang liriknya diambil dari puisi karya penyair ternama Spanyol, Gustavo Adolfo Becquer," paparnya lagi.

Selain itu, pada 60th International Choir Competition for Habaneras and Polyphony 2014, Torrevieja, Spanyol, The Archipelago Singers pun berhasil meraih Juara I Kategori Polifoni dan penghargaan khusus Fransisco Vallejosuntuk kategori Interpretasi Lagu Habaneras Terbaik. (kpl/dis/niz)


Lihat Arsip Musik

- - -