Kuasai Billboard Amerika, Album Baru David Bowie Kalahkan Adele

Wulan Noviarina  |  Rabu, 13 Januari 2016 14:22
Kuasai Billboard Amerika, Album Baru David Bowie Kalahkan Adele
David Bowie ©AFP
Kapanlagi.com - Dua hari sebelum meninggal dunia, David Bowie mengeluarkan album Blackstar. Album ini menjadi hadiah ulang tahunnya yang ke-69 yang jatuh pada 8 Januari lalu, dan ternyata jadi album terakhir musisi legendaris.

Dilansir dari Ace Showbiz, belum genap sepekan dirilis di Amerika, Blackstar sudah menembus angka 130 ribu copy. Dengan jumlah penjualan ini, untuk pertama kalinya David Bowie berhasil duduk di urutan pertama chart Billboard Amerika Serikat.

Menurut peramal industri musik, bisa jadi penjualan Blackstar akan lebih besar lagi pada penutupan minggu pertama yang akan jatuh pada 14 Januari esok. Bahkan kemungkinan besar akan menggeser jumlah penjualan album Adele, 25 yang sudah berkuasa di Billboard 200 selama tujuh pekan.

'Blackstar' sukses duduk di nomor 1 Billboard USA ©aceshowbiz.com'Blackstar' sukses duduk di nomor 1 Billboard USA ©aceshowbiz.com


Meski bukan pertama kalinya Bowie masuk ke chart Billboard Amerika, namun sebelumnya ia tak pernah mampu jadi pemuncak. Justru setelah kematiannya, album Bowie masuk jadi nomor satu di tangga lagu Amerika.

Pada 2013 silam album Bowie, The Next Day juga masuk di tangga lagu Billboard. Namun ia hanya mampu duduk di nomor dua, dan setelah beberapa pekan ia harus mundur teratur, tak mampu naik ke nomor satu.

Sepanjang karirnya, tercatat ada enam album Bowie yang masuk ke 10 besar Billboard Amerika. Ada album Lets Dance (No. 4), Station to Station (No. 3), Young Americans (No.9) dan Diamond Dogs (No.5).

Tak hanya menguasai Billboard, lagu Bowie juga merajai iTunes. Di dunia maya pun Bowie mengalahkan Adele yang sudah berkuasa selama berminggu-minggu lamanya lewat album 25.

Yang Ini Juga Tak Kalah Hot!!!

Usai Meninggal, Rumah Mewah David Bowie Dijual Rp 280 Miliar

Masih Berduka, Simak Video Tribute Interview Dari David Bowie Ini

Kenangan David Bowie, Punya Satu Lagu Dengan Bahasa Indonesia

7 Minggu Jadi Jawara, '25' Adele Akan Kalah Oleh David Bowie?

Ini Ucapan Selamat Tinggal Dari David Bowie Untuk Sahabat Baiknya

(ace/phi)

Dari banyaknya album musik yang sukses di pasaran, deretan karya ini ternyata memiliki sebuah cerita menarik yang tersembunyi. Album pertama yang memiliki cerita menarik adalah ILLINOIS milik Sufjan Stevens. Setiap lagu dari album ini ternyata mereferensikan tempat, peristiwa dan nama-nama negara bagian AS serta kasus penampakan UFO.
9 FOTO

Lihat Arsip Musik

- - -