Krontjong Toegoe Persembahkan Sekeping Hati untuk Pecinta Musik Indonesia di Hari Valentine

Senin, 15 Februari 2021 19:03


Krontjong Toegoe © KapanLagi.com/Matias Purwanto

Kapanlagi.com - Tanggal 14 Februari menjadi sebuah tanggal sakral bagi banyak pasangan. Dirayakan sebagai hari kasih sayang atau valentine, di tanggal itu menjadi momen bagi pasangan untuk mengungkapkan rasa saya mereka satu sama lain.

Momen itu juga dimanfaatkan oleh grup keroncong asal Kampung Tugu, Jakarta Utara, yakni Krontjong Toegoe untuk merilis sebuah single bertajuk Sekeping Hati. Lagu ini special persembahan dari Krontjong Toegoe untuk pecinta musik Tanah Air.

1. Diambil dari Nama Kampung

Adalah seorang putra Tugu bernama Arend J Michiels berhasil mengumpulkan anak-anak muda dan mengukuhkan group Krontjong Toegoe pada 12 Juli 1988. Krontjong Toegoe diambil dari nama kampung dimana musik keroncong berasal yaitu Tugu dengan sentuhan ejaan lama untuk mengingatkan dan menyambung benang merah masa lampau.

Krontjong Toegoe, yang saat ini dipimpin oleh Andre J Michiels, memulai karir dari bawah, dari panggung 17-an, hingga telah beberapa kali menjadi pengisi acara di Istana Negara dan Istana Bogor, serta mengharumkan nama Indonesia secara internasional dengan memenuhi undangan tampil di beberapa negara, antara lain Singapura, Malaysia, Jepang, Belanda dan Portugal.

2. Telah Merilis Lima Album

Krontjong Toegoe telah merilis lima album dan tiga single serta sebuah album live yang dirilis untuk kalangan sendiri. Salah satu single mereka, "Tanah Tugu", pada tahun 2019 memenangkan AMI Awards sebagai karya produksi keroncong terbaik.

Kelompok ini punya komitmen tinggi untuk terus menjaga musik keroncong melewati perjalanan waktu. Salah satu cara yang ditempuh adalah merekrut pemain dari generasi yang lebih muda, dengan cita-cita yang sederhana saja: musik keroncong tetap tegak berdiri, di Kampung Tugu dan di seluruh Indonesia.

Jangan Lupa Baca Ini Ya

Nadine Fatiana, Talenta Muda 14 Tahun Asal Malang Rilis Debut Single 'Enough'

Yuri Anurawan Ingin Anaknya Jadi Personel Grup OM PMR

Hari Valentine, Juicy Luicy Sebut Momen yang Pas Untuk Move On

Ajak Andrew Isi Vokal Lagu 'Abang Tukang Bakso' dan Hasilnya Bagus, Mamo Agil Buatkan Beberapa Lagu Untuk Sang Cucu

(kpl/pur/nda)