Kerjakan Album Solo, Bisma Kharisma Akan Tempuh Jalur Indie

Natanael Sepaya  |  Selasa, 17 Oktober 2017 15:22
Kerjakan Album Solo, Bisma Kharisma Akan Tempuh Jalur Indie
Bisma Kharisma © KapanLagi.com/Agus Apriyanto

Kapanlagi.com - Bisma SMASH yang memiliki nama asli Bisma Kharisma baru-baru ini menceritakan kesibukan utama yang membuatnya lebih banyak berdiam diri di Bandung. Yap, Bisma mengaku kalau saat ini ia tengah mengerjakan dan akan memproduksi album debut solonya dengan menempuh jalur indie.

"Lagi banyak diem di Bandung, di studio. Saya lagi produksi untuk album sendiri. Semua serba sendiri, indie. Distribusi semua yang saya lakukan mulai dari proses kreatif, genre, dan produksi seperti apa. Semua saya kerjakan dan lumayan memakan waktu banyak. Lebih dari satu tahun kerasanya. Meskipun banyak demo yang saya bikin, tapi saya pengen bikin masterplan enggak cuma satu album, ini buat dua dan tiga album ke depan," ujarnya saat ditemui di XXI Senayan City, Jakarta Pusat, Senin (16/10).

Lebih lanjut, Bisma juga mengungkapkan kalau ia sudah mempersiapkan single yang akan mengawali langkahnya menuju perilisan album solo pertamanya. Tapi yang menarik, Bisma mengatakan kalau 3 single yang akan dirilis pertama olehnya tidak akan ia masukkan ke dalam album debutnya.

Bisma Kharisma akui jika dirinya tengah mempersiapkan album debut solonya © KapanLagi.com/Agus ApriyantoBisma Kharisma akui jika dirinya tengah mempersiapkan album debut solonya © KapanLagi.com/Agus Apriyanto

"Ini salah satu halnya (kenapa pilih jalur indie). Karena semua label besar bisa menerima konsep seperti itu. Iya album solo pertama, tapi untuk single sudah buat. Tiga lagu yang sudah saya bikin itu enggak akan ada di album nanti. Pastinya (lebih dewasa) karena sudah menambah umur kayak, 'okey, tambah dewasa'. Fans juga bertambah dewasa," lanjutnya.

Bisma lalu menjelaskan kalau album debut solonya ini merupakan bentuk kejujurannya dalam bermusik. Sedangkan mengenai perilisan, Bisma sendiri mengaku harus menggeser sedikit rencananya mengingat kesibukan dan tanggung jawabnya di ranah yang lain.

"Harusnya (rilis) tahun ini, tapi ada promo film dan pertimbangan matang. Saya kasih kisi-kisinya, memang akan berbeda jalur dengan yang lagi marak di Indonesia dan dunia. (Kenapa beda) Pengen lebih jujur sama musik. Ketika orang nggak tahu sisi saya selain di SMASH, ada sisi saya lain tentang musik dan ada di kepala saya," pungkasnya.

Baca Yang Ini Juga!

Percintaan Terabaikan, Jodoh Bisma Karisma Masih 'Abu-Abu'

3 Tahun Vakum, SMASH Punya Rencana Comeback Tahun Ini

Ditinggalkan Bisma Karisma, Juicy Luicy Tetap Berkarya

Dulu Trauma, Kini Bisma Naik Motor Dari Jakarta ke Yogyakarta

Teman Dekat Agus Yudhoyono, Bisma Karisma Ajari Aira Nge-Dance