Kalahkan Husein, Nowela Mikhelia Raih Mahkota Indonesian Idol

Sabtu, 24 Mei 2014 08:01  | 

Nowela Idol



Nowela ©KapanLagi.com®/Bambang E Ross

Kapanlagi.com - Indonesian Idol sudah ada di Indonesia sejak 10 tahun yang lalu. Selama itu pula, ajang pencarian bakat ini melahirkan dan mewujudkan mimpi-mimpi terbesar remaja Tanah Air.

Nah, tema A Decade of Dreams yang diusung oleh Indonesian Idol tahun ini rupanya berjodoh dengan Nowela Mikhelia. Penyanyi asal Papua keturunan Batak tersebut akhirnya berhasil jadi idola baru tahun ini.

Nowela mengalahkan saingan terberatnya, Husein Alatas, di babak final Result and Reunion Show. Pertarungan dan rivalitas mereka pun sangat seru dan saling beradu kekuatan di atas panggung. Namun, lagi-lagi Nowela nampak stand out saat berhadapan aksi metal Husein di final.

Buat yang ketinggalan menonton Indonesian Idol tadi malam, kayaknya kamu harus baca highlight ini. Well, momen tadi malam terlalu sayang dilewatkan begitu saja. (kpl/trn)

1. Reuni Penampilan Top 13

Para kontestan Indonesian Idol Top 13 kembali bereuni di tadi malam (23/5). Satu per satu kontestan yang tereleminasi muncul kembali di atas panggung dan menyanyikan lagu-lagu andalan mereka secara medley.

Menariknya, mereka tampil sesuai urutan eleminasi. Yang pertama adalah Martinha Tereza, disusul Ryan De Angga yang tersisih di minggu kedua. Dewi muncul dengan lagu Heart Attack dari Demi Lovato yang ditimpa penampilan asyik Miranti Yassovi dengan High and Dry milik Radiohead.

Enggak sampai di situ, It Must Been Love dari Roxette kembali dinyanyikan Yunita, Sarah mengandalkan Honeymoon Avenue dari Ariana Grande, Windy pun datang memanaskan suasana lewat Burn dari Ellie Goulding. Gio, Ubay dan Yuka secara bergantian memeriahkan panggung final yang disusul penampilan Virzha menyanyikan kembali lagu Satu Jam Saja dari Zaskia Shinta.

Finalis yang ditunggu-tunggu akhirnya naik ke atas panggung, Nowela dan Husein berduet dengan Iwa K melagukan Malam Ini Indah secara seru dan enerjik.

 

 

 

2. Respect dan Bayang Semu

Lagu Aretha Franklin jadi lagu andalan Nowela untuk membuktikan Indonesia enggak salah memilihnya masuk final Indonesian Idol. Lagu klasik Respect dilahap secara sempurna oleh penyanyi asal Papua tersebut.

Mengenakan gaun yang cantik beraksen emas ditambah kulit yang eksotis, membuat Nowela semakin mengesankan. Dua juri Indonesian Idol sepakat menyebut perform Nowela malam ini luar biasa.

Bersaing ketat, Husein dan Nowela ©KapanLagi.com®

"Yang saya lihat tadi, kamu soulnya dapet. Tadi kan lagunya Aretha Franklin ya, kamu tuh udah kayak Aretha Franklin-nya Indonesia. Karna power-nya, soul-nya, gesture-nya asyik banget," ucap Titi kepada Nowela.

Sementara itu, Husein tampil maksimal lewat lagu Bayang Semu dari Ungu. "Kesekian kalinya, saya selalu terhibur dengan penampilan kamu," buka Tantri kepada Husein. Vokalis berkarakter rock itu juga meminta kepada Husein supaya jangan pernah menumbuhkan rambutnya sama sekali. "Karena botaknya itu seksi," tambahnya.

3. Smoke On The Water vs Mercy

Indonesian Idol mengajak para finalis melihat kembali penampilan audisi mereka. Pada saat itu, Nowela menyanyikan lagu Mercy dan Husein mengandalkan Smoke On The Water dari Deep Purple.

Jelas, setelah dikarantina selama 6 bulan di Indonesian Idol, baik Nowela dan Husein telah mengalami perkembangan luar biasa. Mereka dianggap telah matang untuk jadi bintang.

Nowela idola baru Indonesian Idol ©KapanLagi.com/Bambang E Ross

"Kalau dari awal Nowela suaranya terdengar powerful, semakin ke sini dia semakin terlihat di ada aura bintangnya," ungkap Titi DJ.

"Husein punya mental yang sangat kuat sekali, waktu itu dia ada di Bottom Two atau Bottom 3. Dan ternyata dia membuktikan ke Indonesia dan terus belajar, akhirnya dia ada di Grand Final," puji Tantri.

4. Lagu Terakhir Husein

Husein mempersembahkan lagu dan penampilan terakhirnya di Indonesian Idol 2014. Penyanyi yang tinggal di kawasan Jakarta Timur dan baru berusia 24 tahun tersebut memilih lagu ciptaan Opick, Dealova.

Di tangan Husein, lagu tersebut disulap jadi nuansa Middle East atau Timur Tengah. Sudah bukan rahasia, Husein memang memiliki karakter yang unik. Ia mampu menyanyikan musik metal dengan cengkok ala penyanyi Timur Tengah.

Husein tampil all out ©KapanLagi.com®/BambangERoss

Penampilannya di atas panggung semakin menarik karena Husein mengajak penari Sufi menghiasi aksinya. Suara yang tinggi dari Husein juga dinilai berhasil meresonasi benak penonton. Alhasil para juri dibuat merinding olehnya.

"Gimmick tadi matang banget, saya merinding banget apalagi ada tarian Sufi-nya tadi," ucap Tantri kepada Husein.

5. Nowela I Believe I Can Fly

Nowela menyajikan performance yang tidak terlupakan di Indonesian Idol. Setelah menyanyikan lagu I Believe I Can Fly, Nowela dianggap memiliki kualitas seorang diva. Ahmad Dhani merasa wanita yang dulunya penyanyi cafe ini sangat luar biasa atau dalam istilahnya adalah extravagant.

"Pertunjukan yang sangat extravagant, kamu terlihat glamorous," ucap Dhani. "Takdirmu sebagai diva udah kelihatan ya," tambahnya.

Nowela idola baru Indonesian Idol ©KapanLagi.com/Bambang E Ross

Titi DJ juga merasakan hal yang sama, ia mengatakan Nowela bisa sukses di industri musik Indonesia. "Lagu itu seperti awal kamu untuk melayang terbang di industri musik Indonesia," timpal penyanyi Sang Dewi itu.

6. Nowela Raih Gelar Indonesian Idol

Nowela mencetak jejak kemenangan secara sempurna. Sejak pertama tampil di Indonesian Idol, gadis berjuluk Uranium Voice itu belum pernah sekalipun berada di posisi terbawah atau biasa disebut Bottom two.

Selain itu, Nowela Mikhelia Elizabeth Auparay juga jadi penyanyi Papua pertama yang berhasil jadi juara. Jelas, Nowela sukses membuat sejarah baru di Indonesian Idol.

Nowela idola baru Indonesian Idol ©KapanLagi.com/Bambang E Ross

Sebagai hadiah, Nowela mendapatkan Grand Prize sebuah mobil, uang tunai Rp 125 juta, asuransi senilai Rp 1 miliar, dan kontrak album bersama Universal Music Indonesia. Nowela pun kini sudah memiliki single terbaru, lagu kemenangannya, Membawa Cinta.

Bagi Nowela, ini merupakan tanggung jawab yang luar biasa. "Ini tanggung jawab besar untuk jadi idola Indonesia," ucapnya di Kemayoran, Hall D2 JIExpo, Jakarta (24/5).

Sudah baca?

Rekor Sempurna, Nowela Berhasil Jadi Juara Indonesian Idol 2014

Miliki Aura Diva, Nowela Bakal Juarai Idol

'Membawa Cinta', Lagu Kemenangan Nowela Beraroma 1 Juta Copy

10 Penampilan Epic Nowela Mikhelia, Road To Grand Final

Nowela: Aku Sudah Juara Untuk Diriku Sendiri

(kpl/trn)