10 Penampilan Epic Nowela Mikhelia, Road To Grand Final

Penulis: Trian Sulaiman

Diperbarui: Diterbitkan:

10 Penampilan Epic Nowela Mikhelia, Road To Grand Final
Nowela ©KapanLagi.com/ Bambang E Ross
Kapanlagi.com - Nowela Elizabeth Mikhelia baru saja mencatatkan sejarah yang manis di Indonesian Idol. Ia adalah satu-satunya penyanyi dari Bus Audition yang bisa menembus grand final Indonesian Idol 2014. Tantri lah yang pertama kali menemukan talenta asli Papua tersebut saat menggelar audisi di Purwokerto.


Karena sudah memegang silver ticket, Nowela mendapatkan kesempatan audisi tanpa mengantri seperti peserta lainnya. Ia langsung bertemu Ahmad Dhani, Titi DJ, dan Anang di ruang audisi di Bandung. Sejak itu, Nowela seakan telah mencuri perhatian Indonesia.


Kemudian, perjalanan Nowela di Spektakuler Show nampak sangat mulus. Para juri selalu saja memujinya. Wajar saja, penyanyi ini memang memiliki kualitas di atas rata-rata. Baik dari kemampuan vokal, pilihan fashion sampai aksi panggung, Nowela merupakan paket komplit calon bintang.


Sekarang, Nowela telah masuk grand final. Pasti menarik untuk melihat perjalanan seseorang hingga bisa sampai puncak. Untuk itu, tidak ada salahnya melihat kembali aksi-aksi epic dari lagu yang dibawakan penyanyi cafe yang takdirnya baru saja berubah tadi malam ini.


 

1. Wrecking Ball

Mengambil tema Dream Come True, 12 kontestan Indonesian Idol untuk pertama kalinya merasakan megahnya atmosfir Spektakuler Show. Nowela pun tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan emas ini. Lagu Wrecking Ball yang dipopulerkan oleh penyanyi kontroversial Miley Cyrus pun berubah jadi positif di tangan Nowela.

Pukau semua orang ©KapanLagi.com

Para juri pun langsung merasa ini adalah sesuatu yang 'wah'. Tantri, Ahmad Dhani, dan Anang Hermansyah harus rela memberikan standing ovation kepada kontestan berwajah eksotis ini.

"Kamu harusnya enggak ada di Indonesian Idol, harusnya kamu sudah ikut American Idol," komentar Tantri pada waktu itu.

"Kamu udah bisa jadi penyanyi internasional. Jika seandainya kamu menang harusnya kamu diberangkatkan ke Amerika dan tampil di panggung American Idol," timpal Anang memperkuat komentar Tantri.

 (Youtube/Indonesianidol)

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Apanya Dong

Dikenal dengan power khas penyanyi Batak dan aksen khas Papua, Nowela memberikan penampilan yang menggelegar di panggung Spektakuler Show. Kenapa Nowela memilih lagu yang dipopulerkan oleh Titiek Puspa? Soalnya, tema lagu Indonesian Idol malam kedua ini adalah Indonesia Mega Hits.

It's Epic ©indonesianidol

Hasilnya luar biasa, Titi DJ langsung terkesima dengan penampilan Nowela. Salah satu diva Indonesia ini takjub dengan kemampuan vokal kontestan yang pertama kali ditemukan oleh Tantri ini.

"Waw. It's epic. Kamu itu one of a kind. Suara kamu itu anugerah. Suara kamu tidak bisa dipelajari, dan tidak ada tutorialnya di Youtube," ucap Titi kepada Nowela.

 

 (Youtube/Indonesianidol)

 

3. Rude Boy

Penyanyi berjuluk Uranium Voice ini tampil luar biasa saat menyanyikan lagu Rude Boy dari Rihanna. Aksi panggung Nowela yang apik membuat Nowela berada di atas angin. Para juri kembali memberikan standing ovation kepadanya.

"Kamu nih born to be a star, kamu ini aset nasional," kata Tantri kepada Nowela malam itu.

Dihujani pujian ©KapanLagi.com®

Bahkan, Bebi Romeo merasa perlu untuk memberikan apresiasi yang tinggi bagi Nowela. "Menurut saya kamu internasional, dapat standing ovation dari Bebi, itu gila," katanya.

Lagu Rude Boy sendiri bukan lagu yang gampang. Komposisi lagu ini Up-tempo bergaya R&B yang dipengaruhi sentuhan Dancehall dan Reggae. Penyanyi biasa tentu akan kesulitan membawakan lagu ini, namun Nowela mampu melahap lagu ini sangat baik. Dengan Karakter vokalnya yang kasar  membuat lagu ini jadi milik Nowela.

 

 (Youtube/Indonesianidol)

4. Uninvented

Nowela menghanyutkan semua orang lewat lagu galau Univented dari Alanis Morissette. Tidak tanggung-tanggung, Ahmad Dhani sampai berikan ciuman dan pelukan kepada Nowela. Lagu tema pada Top 11 Spektakuler Show malam itu memang tidak jauh-jauh dari kata cinta. Yups, temanya adalah my love story.

Nowela dengan penjiwaan yang kuat dan hampir tanpa cela, menunjukkan bakat terbaiknya mengolah nada untuk lagu Uninvented. Dan hal tersebut sangat diacungi jempol oleh para juri.

Pelukan mesra ©KapanLagi.com®

Pujian tertinggi pun disampaikan oleh Dhani, yang menyebutkan jika ini adalah penampilan terbaik seorang kontestan Indonesian Idol yang pernah ia lihat.

"Tadi adalah pertunjukkan show Indonesian Idol terbaik," buka Dhani setelah kembali ke tempat duduknya. "Tadi paling artistik. Suara kamu tidak hanya artistik tetapi juga sureal," ujarnya.

 (Youtube/Indonesianidol)

5. Let It Go

Nowela melanjutkan tren positifnya di panggung Indonesian Idol. Dan, seperti yang dapat diprediksi, semua orang menyukai penampilan penyanyi berdarah Batak dan Papua itu.

Penuh percaya diri, Nowela menampilkan hits OST FROZEN berjudul Let It Go. Penyanyi yang lama merantau di Pulau Jawa ini tidak ingin menyajikan yang biasa-biasa saja. Ia  menyisipkan Bahasa Indonesia di lirik lagu yang dilagukannya. Tidak heran, para juri langsung terkagum-kagum dengan Nowela karena ini adalah lagu Let It Go versi Indonesia.

 "Ini penampilan hebat lagi dari kamu. Lagu ini diartiin di banyak negara, dan kamu jauh lebih baik dari mereka," kata Anang.

Sementara itu, Ahmad Dhani sudah menduga kalau Nowela pasti akan masuk grand final. Bahkan, musisi berjuluk The Hits Maker itu merasa Nowela layak jadi juara.  

"Ibarat mobil itu kamu mobil sports. CC-nya gede dan enggak ada keraguan semua lagu kamu makan mentah-mentah," kata Dhani. "Kamu mungkin bisa jadi juara Indonesian Idol," tutupnya.

 

 (Youtube/Indonesianidol)

6. Black Dog

Mengusung tema hits lagu-lagu rock, para kontestan harus bisa jadi seorang rockstar di Spektakuler Show Top 8. Nowela pun mantap akan membuat malam itu jadi Nowela will rock you.

Penyanyi berkulit hitam manis ini tidak ragu-ragu menyanyikan lagu milik Led Zeppelin yang berjudul Black Dog. Tantangannya, lagu ini bisa mungkin akan terdengar sedikit asing di kuping para pemirsa Indonesian Idol. Namun Nowela mampu membuat semua orang mencintai lagu tersebut lewat penampilannya.

Taklukan Black Dog ©KapanLagi.com

"Nowela seru banget, asyik banget. Kamu luwes dan bisa kontrol (lagu ini)," puji Indra Lesmana.

Bukan tanpa alasan Indra menyebut Nowela bisa mengendalikan lagu ini. Pasalnya, lagu ini cukup sulit untuk dinyanyikan. Ahmad Dhani menyatakan, hanya sedikit penyanyi yang bisa membawakan lagu ini dengan sangat baik.

"Dari seribu penyanyi, hanya ada 1 persen yang bisa bawakan lagu ini dengan baik. Ini bukan lagu yang gampang. Nada dan pelafalannya memang enggak mudah untuk dibawakan," kata Dhani.

 

 (Youtube/Indonesianidol)

7. Sang Dewi

Untuk kali pertama di kompetisi Indonesian Idol, setiap finalis akan mendapatkan mentor langsung dari para juri. Tantangannya terletak pada kemampuan kontestan menerjemahkan arahan dari para mentor. Tidak jarang, ada kontestan yang mengecewakan juri di babak 6 besar ini.

Bukan Nowela jika tidak tampil Spektakuler, penyanyi ini berhasil memenuhi ekspektasi juri dan mentornya, yaitu Titi DJ. Malam itu, Nowela menghipnotis semua mata lewat lagu Sang Dewi.

Lady in White ©KapanLagi.com

Titi DJ merasa terpukau dengan penampilan Nowela. Yang istimewa, Titi bahkan tidak sungkan berdiri memberikan standing ovation untuk kontestan Indonesian Idol untuk pertama kalinya.

"Ini pertama kali saya kasih standing ovation buat kontestan (Idol, red)," aku Titi DJ.

 

  (Youtube/Indonesianidol)

 

8. Unconditionally

Ambisi untuk jadi yang terbaik sangat terlihat dalam diri Nowela. Hal ini terlihat dari penampilannya saat menyanyikan lagu Unconditionally milik Katy Perry. Para juri juga mungkin telah kehabisan kata-kata manis untuk memuji aksi Nowela yang semakin matang.

Akhirnya, Anang Hermansyah berpikir keras untuk memilih pujian apa yang bisa membuat Nowela semakin optimis. Ia pun menyatakan kalau Katy Perry pasti akan 'minder' kalau lihat penampilan Nowela malam itu.

Lebih bagus dari Katy Perry ©KapanLagi.com

"Aku bilang nggak perlu Asian Idol. Kamu harusnya tanding sama kontestan American Idol. Bukan selalu yang luar negeri itu bagus, kalau Katy Perry lihat pasti ngakuin kalau kamu bagus," ujar mantan vokalis Kidnap tersebut.

Ahmad Dhani pun setuju dengan pendapat kawan karibnya itu. Penampilan Nowela memang menawan. "Tak hanya suara yang bagus, kamu juga punya looks (penampilan, red) yang bagus. You look good in pink," goda Dhani.

 

 (Youtube/Indonesianidol)

9. Just Give Me A Reason

Nowela mendapatkan kesempatan emas untuk berduet dengan Sandhy Sondoro. Keduanya menyanyikan lagu Just Give Me A Reason, yang sudah hits dipopulerkan oleh Nate Ruess dan Fun.

Harmonisasi kedua penyanyi ini sangatlah unik. Soul vokal Nowela serta Sandhy sangat 'kawin' di atas panggung. Lagu Just Give Me A Reason sukses dilahap oleh pasangan duet berkarakter vokal serak ini.

Klop: Nowela dan Sandhy ©KapanLagi.com®

"Dua karakter berbeda tapi tidak saling membunuh. Kalian berdua perfecto," komentar Tantri malam itu. "Memang padanannya, tekstur suara dua-duanya kasar, kawin banget suaranya," timpal Titi DJ.

 (Youtube/Indonesianidol)

10. Run The World

Tanpa terasa, Nowela akhirnya berada di babak tiga besar. Mau tidak mau, ia tidak boleh terlena dengan pujian-pujian yang diberikan oleh para juri tiap malam Spektakuler Show. Fokus menampilkan yang terbaik adalah kuncinya untuk melangkah ke grand final Indonesian Idol 2014.

Seolah ingin membuktikan diri kepada dunia sebagai  penyanyi wanita yang hebat dan layak berada di puncak, Nowela memilih Run The World milik Beyonce jadi lagu andalannya.

Nowela siap taklukan Indonesian Idol 2014 ©KapanLagi.com®

Memang, panggung Indonesian Idol seakan hanya dikuasai oleh Nowela seorang. Ia menyuguhkan pengalaman menonton ajang pencarian bakat yang selalu berkelas dan epik.

"Terbukti Nowela itu layak ada di tiga besar, mungkin 2 besar atau bahkan juara," ucap Tantri. "Kamu adalah salah satu orang yang akan mempengaruhi duniaku," timpal Anang Hermansyah.

Perjalanan mulus Nowela, tanpa pernah masuk bottom 2, akhirnya ditentukan tadi malam, Jumat (9/5). Penyanyi bernama lengkap Nowela Elizabeth Mikhelia Auparay tersebut membawa pulang satu tiket di grand final. Kemungkinan untuk jadi The Next Indonesian Idol pun semakin terbuka lebar.

So, apakah kalian yakin Nowela akan jadi juara Indonesian Idol tahun ini?

 

 (Youtube/Indonesianidol)

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending