Ini Komentar Seniman Yang Menginspirasi Video Kanye West

Natanael Sepaya  |  Rabu, 29 Juni 2016 12:22
Ini Komentar Seniman Yang Menginspirasi Video Kanye West
Kanye West © AFP

Kapanlagi.com - Baru saja beberapa waktu lalu Kanye West merilis music video untuk single-nya yang berjudul Famous via Tidal. Berkat 12 manekin dari sosok tenar Amerika muncul di videonya tanpa baju, music video beat-maker asal Chicago ini sukses menjadi viral sekaligus kontroversial.

Nah, seperti yang dilansir dari New York Times, video tersebut pun terinspirasi dari sebuah lukisan milik Vincent Desiderio yang diretas pada tahun 2008 dan berjudul Sleep. Awalnya Vincent tak tahu apa-apa sampai video tersebut akan dirilis dan diminta untuk terbang langsung ke Los Angeles.

"Aku tidak bisa mendengar jelas saat pihak galeri (lukisan) menghubungiku, dan ketika mereka menyebut Kanye West, aku mengira mereka berkata Conde Nast (sebuah perusahaan media besar Amerika)," ujarnya seperti dilansir dari New York Times.

Music video 'Famous' milik Kanye West terinspirasi dari lukisan Vincent Desiderio yang berjudul 'Sleep' © AFPMusic video 'Famous' milik Kanye West terinspirasi dari lukisan Vincent Desiderio yang berjudul 'Sleep' © AFP

Bukan cuma itu saja, biaya penerbangan langsung ditanggung penuh oleh pihak Kanye West dan timnya. "Aku mengira mereka membuat sebuah pesta kejutan untukku. Mereka tersenyum seperti kucing yang memakan kenari. Kemudian mereka mempersilahkanku duduk dan bertanya apakah aku ingin melihat apa yang sedang mereka kerjakan," lanjut Vincent.

Sang seniman lalu melihat video yang menampilkan sederet tokoh pop-culture - politik tenar Amerika yang membuatnya terharu. "Aku hampir menangis, kami pun berpelukan satu sama lain," aku Vincent.

"Saat aku melihatnya, mereka melihat dan merekam responku, dan tiba-tiba aku sadar kalau video itu adalah lukisan Sleep milikku! Aku benar-benar speechless. Kanye bisa melihat hal yang, aku sama sekali tidak tahu bagaimana ia bisa melihatnya. Kanye benar-benar seorang seniman. Berbicara dengannya seperti berbicara dengan para rekan-rekan senimanku di dunia, sebenarnya, lebih seperti berbicara dengan mahasiswa seni yang matanya terbuka lebar," ungkap Vincent.

Memang dunia seni tidak memiliki batas yang cukup realis untuk bisa dimengerti orang-orang kebanyakan. Tapi kalau melihat 12 tokoh besar Amerika yang tertidur tanpa busana bersama Kanye West dan Kim Kardashian dalam sebuah music video, jelas ini merupakan sesuatu yang sangat sensitif dan cukup kontroversial. Kalau menurut kamu?

(nyt/ntn)


Lihat Arsip Musik

- - -