IndieLand x Soundsations 2018, Ajang Unjuk Diri Para Musisi Indie

Guntur Merdekawan  |  Jumat, 14 Desember 2018 23:45
IndieLand x Soundsations 2018, Ajang Unjuk Diri Para Musisi Indie
IndieLand X Soundsations 2018 © Istimewa

Kapanlagi.com - Pagelaran musik IndieLand 'Land of Expression' yang bakal digelar di Scientia Square Park, Summarecon, Digital Center, Tangerang pada Hari Sabtu (15/12) besok  bakal menghadirkan sederet musisi indie kenamaan. Sisitipi, The Groove, Maliq & D'Essentials, Riuh Sunyi dan The Sigit adalah para performer pada acara ini.

Bahkan, nantinya juga ada penampilan dari 14 band indie yang sebelumnya telah diseleksi dan lolos audisi IndieLand. Acara kolaborasi antara IndieLand dan Soundsation ini memang ditujukan untuk mewadahi para musisi indie di Tanah Air agar bisa mengeksplorasi dan memasarkan karya mereka.

"Musik Indie adalah semangat pergerakan yang bebas untuk menghasilkan karya tanpa campur tangan label atau pemain besar di industri musik sendiri. Semangat untuk mencari peluang demi memajukan dan menunjukan karya kepada khalayak luas menjadi poin penting dalam pergerakan musik indie saat ini," ungkap Ikrar Ariandara selaku Project Director JIP.

IndieLand X Soundsation 2018 / Credit: KapanLagi - Mathias PurwantoIndieLand X Soundsation 2018 / Credit: KapanLagi - Mathias Purwanto

Sejak Bulan November lalu, IndieLand melalui website resminya mengadakan proses audisi untuk para musiisi indie, baik secara online maupun offline. Terhitung ada 350 band yang mendaftarkan karya mereka.

Selanjutnya, 14 band terbaik pun dipilih untuk ikut tampil dalam gelaran IndieLand X Soudnsations 'Land of Expression'. Proses seleksi itu sendiri dilakukan oleh Gara Gara Musik, sebuah komunitas yang peduli akan kemajuan musik indie dan dinaungi oleh Fia (Riuh Sunyi), Tania Samantha, dan Rudy Irawan dari JIP.

"Kriterianya jelas harus berkarakter unik, secara sound dan aransemen harus bagus. Yang paling penting dan utama itu lagu harus orisinil, karena kemarin banyak yang cuma ngecover lagu aja dan itu langsung kita eliminasi. Materi lagu harus sama bagusnya antara rekaman dan live karena kan banyak yang pas rekaman bagus banget tapi pas nyanyi live jelek," pungkas Fia.

(kpl/pur/gtr)