Hyang Giri, Lagu Baru Dewa Budjana yang Berkolaborasi Dengan Soimah

Selasa, 11 Desember 2018 10:02  | 

Dewa Budjana



Dewa Budjana siap kolaborasi dengan Soimah © Bintang.com/Adrian Utama Putra

Kapanlagi.com - Gitaris Dewa Budjana baru saja merilis album terbarunya yang diberi nama MAHANDINI. Di album ini gitaris grup band Gigi itu melibatkan sejumlah musisi internasional, seperti Jordan Rudess, Marco Minnemann, Mohini Dey, Mike Stern, dan John Frusciante.

Selain musisi internasional ada satu nama seniman Tanah Air yang dilibatkan di album MAHANDINI, yakni Soimah. Di album ini, artis yang mengawali karirnya sebagai sinden itu menyanyikan satu lagu berjudul Hyang Giri. Sebuah lagu yang diciptakan Dewa Budjana ketika gunung Agung dan Merapi meletus.

"Lagu ini tercipta ketika gunung Agung meletus terus Merapi juga, bayak kan. Kita kan negara ring of fire ya. Kita nggak bisa lepas dari alam, nggak bisa menolak, ketika gunung Agung meletus itu saya kepengen buat momennya jadi satu lagu," kata Dewa Budjana di bilangan Kemang, Jakarta Selatan, Senin (10/12/2018).

1. Awalnya Hanya Instrumen

Dewa Budjana mengatakan, awalnya lagu Hyang Giri itu dibuat instrumental saja, tidak memakai lirik. Namun, ketika melibatkan vokalis, akhirnya lagu Hyang Giri mempunyai lirik yang dibuat sendiri oleh Soimah.

"Saya awalnya buat instrumental saja tapi di tengah mulai terpikir untuk dikasih lirik. Saya ajak Soimah dan dia mau, akhirnya dia buat lirik dengan judul Nyang Giri. Lagu itu isinya tentang kebesaran penguasa di gunung dan pencipta dunia," katanya.

2. Nuansa Jawa dan Bali

Nuansa Jawa dan Bali begitu terasa di lagu Hyang Giri. Padahal, Dewa Budjana sendiri mengaku tidak terfikir jika lagu Hyang Giri itu dibuat dengan nuansa Bali dan Jawa.

"Ya kalau orang mikirnya itu pentatoniknya Jawa atau Bali ya, mungkin. Saya kan dari Bali juga. Tapi saya nggak berpikir ke situ, tidak disengaja, mungkin memang keluarnya saja seperti itu. Saat Soimah mengisi (lirik) juga dia tidak berusaha menjadi seperti apa, saya malah seneng jadinya," tandas Dewa Budjana.

Jangan Lewatkan!!

Rilis Album Baru, Dewa Budjana Libatkan Sejumlah Musisi Dunia

Misi Menyelamatkan Bumi, Gigi Serukan Pentingnya Aksi Penghijauan

Gelar Konser Reuni, GIGI Bakal Tampil Full Delapan Personel

Bisa Bekerjasama Dengan Musisi Dunia, Dewa Budjana Anggap Hal Tersebut Adalah Rezeki

Selain Keyboardis Dream Theater, Album Baru Dewa Budjana Libatkan Soimah

(kpl/far/tmd)