HeartXBreak, Komik Yang Ungkap Sisi Lain Member JKT48

Girindra Permana Cahya  |  Jumat, 27 Januari 2017 16:22
HeartXBreak, Komik Yang Ungkap Sisi Lain Member JKT48
JKT48 © KapanLagi.com/Djoko Poerwanto

Kapanlagi.com - Bukan sekedar komik biasa, HeartXBreak juga menjadi cerminan sisi-sisi lain dari para personel JKT48. Bercerita tentang kehidupan sekolah yang muridnya punya kekuatan super, ini tentunya akan menjadi hal yang baru terlebih karena terlibatnya personel idol grup ini di dalamnya.

“Kalau komik (untuk JKT48) idealnya kan tentang kehidupan sekolah, jadi anak sekolahan atau apa. Ternyata jadi superhero, lebih keren dari yang diduga gitu,” ungkap Melody ditemui setelah peluncuran komik HeartXBreak hasil kolaborasi JKT48 dan platform penerbitan komik lokal, Kosmik.

Dalam HeartXBreak karakter member JKT48 direpresentasikan cukup unik. Jessica Veranda misalnya, dijuluki badai oleh para fans, karakternya dalam komik pun memiliki kekuatan pengendali badai. Begitu pula Cindy Yuvia, ia digambarkan culun. Tentu ini mengingatkan masa-masa waktu Yupi saat baru masuk JKT48.

“Komik ini agak mirip aku. Dulu waktu aku masuk JKT kayak cupu gitu kan?” kata Yupi sambil bernostalgia.

HeartXBreak akan tampilkan sisi lain dari karakter personel JKT48 © KapanLagi.com/Djoko PoerwantoHeartXBreak akan tampilkan sisi lain dari karakter personel JKT48 © KapanLagi.com/Djoko Poerwanto

Tak seluruhnya personality tersebut dicopy menjadi karakter komik. Member tim KIII yang baru berulang tahun pada 14 Januari silam ini mengomentari 2 karakter dari senpai-nya yang cukup berbeda dengan keseharian-nya.

“Di komik ini kan karakternya beda banget gitu. Seperti Kak Ve yang biasanya pendiem di sini lebih keren gitu. Jadi udah baca komiknya sebenarnya (nunjukin halaman), di komik ini ada kak Melody dan kak Veranda Dan kak Verandanya gitu kayak agak centil-centil gitu kan dan trus kak Melody-nya kayak polos-polos gitu, khan kebalik kan? Jadi kan (biasanya) Kak Melody kan yang agak galak gitu kan, dan Kak Ve yang cengok-cengok gitu. Jadi kalian bakal penasaran. Ini kayak sisi lain kita dan ini kita,” papar Yupi sambil tertawa lepas.

Tak hanya karakter member, komik HeartXBreak juga memasukkan beberapa unsur yang jamak diketahui para fans dan member JKT48. Namun semua diwujudkan dalam hal yang lebih umum.

“Perwujudannya karakternya agak mirip sama aslinya juga dan ceritanya ngambil dari dasar-dasar JKT48 tapi diadaptasi sehingga orang awam yang baca nggak bingung. Kalau denger istilah-istilah JKT48 kan kalau bukan fans pasti bingung. Cuman kalau di komik ini sudah dibuat sedemikian rupa, (contoh) seperti kayak ada pemilihan 7 royal kan kayak pemilihan umum JKT48 sebenarnya, cuman sudah di adaptasi kalau orang baca komik super hero kebayangnya nggak rumit gitu," ujar Ratu Vienny yang juga masuk sebagai karakter komik ini.

Yupi menunjukkan isi dalam komik 'HearXBreak' © KapanLagi.com/Djoko PoerwantoYupi menunjukkan isi dalam komik 'HearXBreak' © KapanLagi.com/Djoko Poerwanto

Walaupun banyak mengambil elemen dari JKT48, namun baik member maupun operational team idol grup yang bersangkutan memilih untuk menyerahkan kreatif storytelling kepada pihak Kosmik. 

“Script kita sepenuhnya percaya sama Kosmik, karena maksudnya kita kan di industri musik dan mereka di industri komik, jadi kita kayak lebih percaya karena ini bidangnya mereka,” tutup Ve tentang sejauh mana keterlibatan mereka dalam proses kreatif pembuatan komik HearXBreak ini.

Well, patut kita tunggu nih komik yang rencananya akan terbit bulanan dalam format digital dan dua bulan sekali dalam format fisik ini. Anyway, selamat untuk JKT48 dan Kosmik.

Jangan Lewatkan!

Pupus Impian Jadi Sailor Moon, Ve JKT48 Jadi Jagoan di Komik Aksi

Gebrakan Baru, JKT48 Rambah Dunia Komik Lewat 'HeartXBreak'

Putuskan Grad, Ini Perasaan Member JKT48 Perform Tanpa Haruka

Ini Dia Aksesoris Dari Jepang Favorit Shani dan Michelle JKT48

Ditinggal Haruka, Shani dan Michelle JKT48 Kangen

(kpl/otx)

Bersama-sama para member JPT48 hadir di karpet merah Dahsyatnya Awards dengan mengenakan kostum mereka yang terkenal. Dengan perpaduan merah dan emas, para member JKT 48 tampak makin bersinar!
19 FOTO

Lihat Arsip Musik

- - -