Gebrakan Baru, JKT48 Rambah Dunia Komik Lewat 'HeartXBreak'

Risang Sudrajad  |  Kamis, 26 Januari 2017 22:22
Gebrakan Baru, JKT48 Rambah Dunia Komik Lewat 'HeartXBreak'
JKT48 © Kapanlagi.com®/Djoko Poerwanto

Kapanlagi.com - Satu kejutan lagi datang dari JKT48 di penghujung Januari. Idol group Indonesia ini bekerja sama dengan Kosmik, platform penerbitan komik lokal untuk meluncurkan sebuah karya komik dengan judul HeartXBreak. Sebuah karya komik yang menggunakan elemen cerita  mengambil dari akar culture JKT48.

Menurut Sunny Gho selaku CEO Kosmik, Komik HeartXbreak ini ternyata bergenre superhero aksi yang dibumbui oleh drama dan intrik. HeartXBreak sendiri memiliki premis tentang sekolah superhero yang dimiliki oleh pemerintah dengan lokasi antah berantah bernama Mandala, di mana para siswanya adalah karakter yang diambil dari member JKT48.

Team yang bekerja di balik komik HeartXBreak pun berusaha semaksimal mungkin menerjemahkan beberapa istilah yang hanya dikenal oleh fans JKT48 menjadi sesuatu yang familiar di telinga agar bisa dinikmati juga oleh non fans. Seperti istilah Idol tetap ada, namun di komik ini Idol memiliki arti yang berbeda dengan Idol yang dikenal oleh fans JKT48.

"Bakal ada elemen yang familiar namun bakal beda banget dalam jalan cerita. Di sini mereka namanya bakal IDOL namun Idol itu adalah singkatan bisa dilihat di komiknya. Jadi IDOL di sini adalah Superhero dan mereka akan tinggal di Mandala yaitu semacam tempat khusus yang dibuat oleh pemerintah untuk menampung mereka untuk belajar menjadi superhero," papar Sunny saat peluncuran komik HeartXBreak di Theater JKT48 FX Mall Jakarta (26/01).  

JKT 48 kerjasama dengan Kosmik rilis komik HeartXBreak © Kapanlagi.com®/Djoko PoerwantoJKT 48 kerjasama dengan Kosmik rilis komik HeartXBreak © Kapanlagi.com®/Djoko Poerwanto


Untuk proses kreatif, pihak JKT48 Operation Team menyerahkan sepenuhnya kepada pihak Kosmik. Semua itu dilakukan agar storytelling karya komik artist yang terlibat tetap terjaga kualitas dan originalitasnya.

"Brief khusus nggak ada harus gimana. Kita lewat diskusi di awal maunya seperti apa. Kita memberikan keleluasaan kepada kosmik agar ceritanya lebih maksimal dan seru serta kreativitasnya lebih berkembang. Tapi kami juga tetap mengawal diproses pembuatan komik ini. Tetap ada beberapa brief seperti karakter dasar para member. Walau tak ada brand JKT48, namun karakter mereka tetap ada di situ sehingga bisa dinikmati fans dan  masyarakat luas non fans," Terang Elfi Syahmiar perwakilan dari Dentsu Aegis Netwok sebagai JKT48 Operation Team. 

JKT 48 kerjasama dengan Kosmik rilis komik HeartXBreak © Kapanlagi.com®/Djoko PoerwantoJKT 48 kerjasama dengan Kosmik rilis komik HeartXBreak © Kapanlagi.com®/Djoko Poerwanto


Menurut Sunny lagi, bakal ada 32 karakter member JKT48 di mana salah satunya berperan sebagai antagonis. HeartXBreak rencannya bakal terbit sebulan sekali untuk digital dan dua bulan sekali untuk versi fisiknya.

"Biar ada dramanya dan biar ditebak-tebak, tapi jangan dimusuhin yah, aslinya (member yang jadi villain) nggak jahat," papar Sunny.

Simak Juga:

Ini Dia Aksesoris Dari Jepang Favorit Shani dan Michelle JKT48

Ditinggal Haruka, Shani dan Michelle JKT48 Kangen

Di Jepang, Shani dan Michelle JKT48 Tak Bisa Lupakan Hal Ini!

Shani JKT48 Buka Suara Soal Performanya di Team KIII

(kpl/abl)


Lihat Arsip Musik

- - -