Fahem Merilis Debut Single yang Menghipnotis Telinga, 'Unconditional Love'

Minggu, 23 Agustus 2020 13:49


(c) Fahem

Kapanlagi.com - Satu lagi solois asal Malang yang siap melanglang buana di belantika musik Indonesia. Mohammad Irfan Fahmi atau akrab dikenal dengan Fahem telah melepas debut single menghipnotis telinga berjudul Unconditional Love tepat pada tanggal 21 Agustus 2020. Selain dapat dinikmati di berbagai digital platform, lagu ini pun dikemas dalam sebuah video lirik yang dapat disaksikan di channel Youtube Fahem Music.

 

1. Tentang Cinta yang Harusnya Give and Give

Mengenai lagunya sendiri, Fahem mengungkapkan jika penciptaan Unconditional Love berawal dari dirinya sendiri yang mengungkapkan jika cinta itu tak seharusnya transaksional. Cinta menurutnya adalah tentang memberi.

“Ia adalah tentang give and give, bukan give and take,” terang Fahem.

Penjelasan tersebut tentunya tidak hadir dari ruang hampa. Pandangan tersebut diakui oleh Fahem berakar dari berbagai pengalaman hidup, lika-liku asmara, hingga pengamatan terhadap lingkungan sekitar. Hal itu pulalah yang membentuk sudut pandang hingga terlahirlah Unconditional Love.

2. Proses Pembuatan Music Video

Music Video Unconditional Love dikerjakan oleh YAB Music yang menjalin kolaborasi denga Dates Production. Reza Triadi dipercaya duduk di kursi director dalam penggarapan MV yang hanya memakan waktu satu hari saja.

Fahem sendiri lebih dikenal sebagai frontman band Malang, Morisade. Dengan band alternative rock tersebut, ia telah merilis sebuah full album berjudul HETEROCHROMIA di akhir 2019. Tepat di sela kesibukannya sebagai “anak band”, ia kemudian memutuskan untuk bersolo karier.

“Sebenarnya bisa aja lagu ini aku bawakan dengan Morisade, tapi secara etika bermusik kayaknya kurang pas. Morisade itu lebih ke alternative pop/rock dengan berbagai influens, sedangkan soloku ini lebih ke arah emotional Pop RnB,” pungkas Fahem.

3. Proses Produksi Unconditional Love

Proses produksi Unconditional Love dilakukan di Up Music Production, Malang mulai bulan Februari 2020. Lirik dan komposisi lagu ini ditulis sendiri oleh Fahem, sedangkan aransemennya dibantu oleh Bambang Setyo Utomo. Audio tersebut kemudian di-mixing dan mastering oleh Zeruya Anggraita sebelum dilepas ke publik. Single ini adalah salah satu materi yang akan masuk dalam EP Fahem bertajuk In Relationship with Memories. Pria kelahiran Bogor, 29 Juli 1994 ini sendiri sedang berproses merampungkan EP tersbut sembari mempersiapkan materi-materi bandnya, Morisade.

Pertanyaan selanjutnya yang muncul adalah, mampukah Fahem mempertahankan konsistensi? Sembari menunggu pembuktiannya, mari simak terlebih dahulu Unconditional Love di bawah ini.

(kpl/zki)