Elkasih Band Percayakan Nagaswara untuk Kelola Hak Cipta 13 Lagu Mereka

Kamis, 12 November 2020 13:18


El Kasih Band © KapanLagi.com/Dadan Eka Permana

Kapanlagi.com - Personel band Elkasih kembali bersatu setelah viral kisah El Ibnu, sang vokalis yang terserang stroke dan kesulitan ekonomi lantaran hak royalti atas lagu-lagunya tak dipenuhi pihak label.

Setelah kembali bersama, para personel band Elkasih pun berjuang mendapatkan hak cipta atas 13 lagu yang mereka hasilkan di dua album. Meski tidak mudah, saat ini, 13 lagu itu mereka pastikan sudah kembali kepada Elkasih sebagai pemilik sah.

Elkasih selanjutnya menyerahkan hak atas publishing lagu-lagu tersebut di bawah bendera Nagaswara Publisherindo Musik. Dengan demikian, pengelolaan atas lagu-lagu itu dan royalti dapat secara jelas diberikan.

“Akhirnya kami telah memerdekakan grup kami Elkasih yang sempat tersandera oleh pihak-pihak yang tidak mau menghargai karya-karya kami. Sekarang kami berlabuh di label yang kami bisa percaya, dan bisa mengelola lagu-lagu kami dengan baik, yaitu Nagaswara Music and Publishing,” kata El Ari mewakili rekan-rekannya di Elkasih, Selasa (10/11/2020).

1. Di Label yang Sama

El Ari mengungkapkan, selama Elkasih vakum, satu album mereka di label yang lama sama sekali tidak pernah mendapatkan report dan royalti. Padahal, ia dan teman-temannya tahu bahwa lagu-lagu mereka masih menghasilkan dari YouTube, iTunes, Joox dan lain-lain.

“Kami tidak pernah mendapatkan sepeser pun hak kami. Itulah permasalahannya selama 10 sampai 12 tahun. Baru sekarang kami dapat memerdekakan hak-hak kami yang sempat tersandera,” tambah Ari.

2. Kepercayaan Diberikan Oleh Elkasih

Di mata CEO Nagaswara Rahayu Kertawiguna, kepercayaan yang diberikan oleh Elkasih untuk mengelola lagu-lagu mereka, patut dihargai. Karya musisi adalah legacy yang kelak diwariskan kepada anak cucu mereka.

“Saya apresiasi upaya dan perjuangan Elkasih untuk mendapatkan hak-hak atas lagu mereka. Tangan saya dan Nagaswara selalu terbuka untuk sama-sama mengelola lagu-lagu tersebut. Silakan terus berkarya, Elkasih bersama Nagaswara,” kata Rahayu Kertawiguna.

3. Momen Hari Pahlawan

Momen Hari Pahlawan juga dimaknai Elkasih sebagai bagian dari semangat mereka untuk lepas dari penjajahan hak cipta. Hal yang sama dapat juga dialami oleh band atau musisi lain.

“Semoga kedepannya, Elkasih dapat berkarya lebih baik lagi dan terus mensupport El Ibnu untuk biaya pengobatannya.Terima kasih untuk yang sudah mendukung kami hingga Elkasih bisa ke Nagaswara,” tambah El Ari.

Baca Ini Yuk

Dalami Musik Grunge, Ari Lasso Sempat Terbawa Cerita Para Vokalis yang Mati Muda

Terus Berkarya di Masa Pandemi, Nicole Rossi Gabungkan Musik Daerah dan Hip Hop di Single Barunya

Nonton Konser dari Rumah, First Festival Live Dimeriahkan Oleh KLa Project - Gigi

Ajak Pendengar Kembali Nostalgia, Aquarius Musikindo Rilis Playlist 90an

Bicara tentang Toxic Relationship, Solois Asal Malang Fahem Merilis Single Kedua 'Another Pills'

(kpl/dan/nda)