Deretan Lagu Recycle Ini Keren, Mana Favoritmu?

Selasa, 22 Juli 2014 12:01  | 

Afgansyah Reza



@KapanLagi.com®


Kapanlagi.com - Sebuah karya lagu bisa memiliki kekuatan lebih karena berbagai faktor. Bisa jadi karena liriknya yang kuat, atau nada-nada yang sangat mudah diserap otak. Karenanya, sangat sayang jika sebuah lagu bagus dilewatkan begitu saja.

Seiring dengan perkembangan musik yang semakin pesat di Indonesia, para musisi tak jarang ingin mencoba membawakan kembali lagu yang menurut mereka punya power. Dengan begitu, mereka bisa menginterpretasi karya tersebut sesuai dengan persepsi mereka.

Nggak hanya lagu jadul yang sering di-recycle. Beberapa lagu populer yang terbilang cukup baru pun turut digubah untuk mendongkrak popularitas. Hal ini rasanya cukup marak terjadi di Indonesia, kira-kira kenapa ya?

Anyway, berikut ini merupakan kumpulan lagu-lagu daur ulang paling keren. Bisa jadi lebih bagus, atau justru kurang sukses dari aslinya. Ikuti terus beritanya. (kpl/niz)

1. Panah Asmara

Sudah katakan cinta
sudah kubilang sayang
namun kau hanya diam tersenyum kepadaku

Ketika melantunkan lagu ini kamu membayangkan suara siapa? Jika kamu banyak yang menjawab Afgan, berarti ia sukses membawakan lagu recycle ini dengan sempurna.

Panah Asmara lebih dahulu dibawakan oleh legenda Indonesia, almarhum Chrisye. Lagu ini terdapat dalam album SENYAWA, di mana ia berkolaborasi dengan sejumlah musisi muda, termasuk Tohpati yang menciptakan lagu tersebut.

Lirik yang catchy membuat tembang ini sangat asyik dibawakan dengan olah vokal sempurna milik Afgan. Meski secara umum lagu ini hampir mirip dengan versi aslinya, aransemen modern sangat terasa dan membuatnya punya nyawa tersendiri.

Afgan meluncurkan Panah Asmara versinya sendiri pada 2011, dan mendapatkan respon yang sangat baik dari penikmat musik. Afgan dan Panah Asmara, sukses!

2. Tentang Rasa

Lagu ini memiliki nada-nada yang sangat unik. Bahkan cukup sulit untuk mencari lagu yang serupa dengan tembang yang satu ini. Saking uniknya, lagu ini direcycle oleh dua penyanyi hebat sekaligus. Siapa saja?

Yang pertama ada Astrid, yang mencantumkan single ini dalam albumnya LIHAT AKU SEKARANG pada 2010. Dengan cara menyanyinya yang khas, Astrid menjadikan lagu ini miliknya. Dengan sentuhan vokal Astrid, lagu ini punya daya magis yang menakjubkan.

Selain Astrid, lagu ini juga dibawakan oleh Anji yang memutuskan bersolo karir selepas berpisah dari Drive. Klip lagu ini dilepas pada awal Februari lalu oleh E-Motion Entertainment. Sentuhan lain diberikan Anji yang juga pernah mendaur ulang lagu Ternyata Cinta milik Padi.

Lagu ini diciptakan Olif, finalis Dream Band generasi pertama bersama Kotak dan Kapten pada 2004. Sepuluh tahun berselang, Tentang Rasa masih jadi lagu yang keren untuk didengarkan dengan beberapa versi tersebut.

3. Sadis

Karya Bebi Romeo yang dipopulerkan Afgan ini juga sempat direcycle oleh Citra Scholastika, runner up Indonesian Idol season 6. Meski hanya menempati urutan kedua, Citra bersyukur bisa bertahan di blantika musik Indonesia hingga kini.

Mengeluarkan sejumlah single sejak 2011 seperti Everybody Knew, Pasti Bisa, dan lain-lain, mimpi Citra untuk memiliki album baru bisa terwujud pada 2013. Bertajuk PASTI BISA, album ini mengoleksi 12 lagu keren termasuk Sadis.

Penghayatan Citra dalam lagu ini pun tak kalah 'sadisnya' dengan Afgan. Beberapa nada baru yang ia terapkan dalam lagu ini terbukti efektif. Meski tak terlalu banyak berubah, seperti ada nuansa khas dari suara Citra.

Nah, kalau kamu sudah pernah dengar kedua versinya, siapa yang lebih bagus? Afgan atau Citra nih? Masih ada beberapa lagu lagi, jangan kemana-mana.

4. Jangan Ada Dusta Di Antara Kita

Adakah di antara kalian yang suka tembang lawas? Pastinya kalian familiar dong dengan lagu yang populer di era 90-an ini?

Langkah cukup berani diambil oleh band Angkasa, yang mengulik lagu lawas ini jadi ngerock. Padalah banyak musisi dan penyanyi lain yang coba mengcover lagu ini dengan sendu, namun tidak bagi Angkasa.

Jangan Ada Dusta Di Antara Kita di tangan Angkasa jadi powerful dan tegas. Dengan aransemen yang beda, mereka bisa mencuri perhatian pangsa pasar musik Indonesia melalui lagu tersebut.

Sudah tahu kan lagu itu awalnya dipopulerkan siapa? Yup, dengan konsep duet, Broery Marantika dan Dewi Yull menjadikan lagu ini sangat populer dan dijadikan beberapa versi.

5. Nuansa Bening

Vidi Aldiano nampaknya harus berterima kasih dengan lagu ini. Debutnya sebagai penyanyi muda berjalan mulus berkat Nuansa Bening, lagu lawas yang disulap jadi modern.

Kemunculannya di dunia musik sontak mendapatkan sorotan karena kualitas suara yang bagus. Ditambah dengan pemilihan lagu recycle tersebut membuatnya kini sejajar dengan penyanyi kelas atas.

Lagu yang lahir pada 1978 ini adalah milik penyanyi senior Keenan Nasution. Suami Ida Royani saat ini berusia 62 tahun dan masih dekat dengan dunia musik.

Musisi dengan segudang pengalaman ini juga pernah berkolaborasi dengan Benyamin S dan kawan-kawan, menghasilkan album BIANG KEROK yang fenomenal. Selain itu ia juga memiliki 11 album solo sebagai bukti totalitasnya dalam bermusik.

6. BUkannya Aku Takut

Pernah dengar band bernama TBK? Band yang satu ini adalah cikal bakal Juliette. Setelah mengubah nama, mereka jadi semakin terkenal.

Saat masih bernama TBK, Zoe dan kawan-kawan meluncurkan single yang melambungkan nama mereka hingga kini, yakni Bukannya Aku Takut. Tak ingin dikenal hanya karena satu lagu, Juliette mencoba semakin menggebrak dengan sajian single andalan seperti Teman Apa Teman dan Hitam Putih.

Bukannya Aku Takut kembali populer saat lagu tersebut dibawakan kembali oleh istri Ahmad Dhani, Mulan Jameela. Dengan aransemen khas bersama band yang ngerock, lagu ini jadi semakin kuat.

Sejauh ini Juliette sudah mempunyai empat album studio dengan sederet single yang menghuni papan atas chart. Namun sayang, karya mereka terhenti di 2009, dan lebih fokus menggarap album religi. Kita tunggu karya Juliette selanjutnya ya.

7. Kisah Cintaku

Album SEBUAH NAMA SEBUAH CERITA jadi salah satu masterpiece milik Ariel dan kawan-kawan saat masih bernama Peterpan. Album kompilasi ini memuat berbagai karya sempurna yang ngehits dari masa ke masa.

Dalam album ini juga terdapat lagu Kisah Cintaku yang dulu terkenal dibawakan oleh Chrisye. Sebagai legenda, lagu-lagu Chrisye memang punya kenangan tersendiri bagi para penggemarnya. Setiap lagu seperti punya cerita tertentu untuk dikenang.

Karakter suara Chrisye dan Ariel tentu sangat berbeda. Namun justru karena perbedaan tersebut, lagu ini jadi terlahir kembali dengan rasa baru nan menyentuh. Penghayatan sempurna yang dilakukan Ariel menjadi kekuatan utama dalam lagu recycle tersebut.

Itulah tadi beberapa lagu hasil recycle yang tak kalah dengan versi aslinya. Menurut kamu, manakah yang paling sukses merebut perhatianmu?

(kpl/niz)