Demi Lagu 'X', Afgan Akui Keluar Dari Zona Nyaman Bermusiknya

Natanael Sepaya  |  Kamis, 02 November 2017 15:50
Demi Lagu 'X', Afgan Akui Keluar Dari Zona Nyaman Bermusiknya
Afgansyah Reza © KapanLagi.com/Agus Apriyanto

Kapanlagi.com - Selama ini Afgansyah Reza dikenal lewat lagu-lagunya dengan nuansa ballad. Walaupun ada beberapa lagunya juga yang bertempo upbeat. Namun, dalam album terbarunya SIDES, Afgan mencoba menampilkan sisi terbarunya lewat lagu berjudul X.

"Beda banget, bisa dibilang saya lumayan cari risiko ya, mengubah musik saya yang sebelumnya lagu ballad sekarang urban agak sedikit hip hop justru. Pertama kalinya dalam karir saya berani merilis lagu yang seperti ini," ujar Afgan saat ditemui dalam peluncuran video klip X di Plaza Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (1/11).

Selama 10 tahun berkarir di industri musik Indonesia, Afgan tidak ingin para penggemarnya bosan dengan lagu-lagu yang dibawakannya. Oleh karena itu ia keluar dari zona nyaman dengan membawakan lagu bernuansa urban atau hip hop seperti di lagu X tersebut.

Usung gaya hip hop, Afgan coba keluar dari zona nyamannya bernyanyi © KapanLagi.com/Agus ApriyantoUsung gaya hip hop, Afgan coba keluar dari zona nyamannya bernyanyi © KapanLagi.com/Agus Apriyanto

"Saya sudah sepuluh tahun berkarya juga, nggak mau orang bosan dengan lagu saya, nggak mau monoton, yang seperti itu saja. Jadi saya ingin ada suasana baru di musik saya dan untuk industri Tanah Air juga. Saya juga merasa ini waktu yang tepat buat merilis lagu yang urban begini karena selera masyarakat sudah berubah daripada yang dulu. Sekarang sudah mulai mengerti lagu-lagu yang ada urban flavor-nya," paparnya.

Untuk menguatkan lagu X tersebut, Afgan juga mengajak kolaborasi rapper asal Malaysia yang juga idolanya, yakni SonaOne. "Karena saya salah satu fans SonaOne. Saya sudah dengerin lagu dia dari beberapa tahun yang lalu dan dia salah satu hip hop dari Malaysia yang saya respect sekali. Akhirnya saya ajak dia bikin lagu bareng dan kita tulis lagu ini sekitar tahun 2016, memang maunya beda banget dari lagu aku sebelumnya. Jadi orang nggak nyangka itu Afgan, itu ide awalnya. Memang chemistry kita cocok, senang banget sih," kata pria 28 tahun itu.

Terbiasa membawakan lagu ballad, Afgan pun mengaku kesulitan ketika membawakan lagu X. "Kesulitannya lebih ke nyanyi live-nya sih sebenarnya. Karena saya sudah terbiasa 10 tahun nyanyi lagunya melow, jadi lagu yang medium tempo nggak pernah punya. Jadi awalnya kesulitan, sulit sekali, tadi pun saya nyanyi masih agak sulit, masih butuh penyesuaian. Mungkin mesti harus dibawa lebih sering lagi," pungkas Afgan.

Jangan Lewatkan Ini!

Tentang Rossa, Afgan: Seperti Orang Kembar dan Soulmate

Cerita Afgan Ditinggal Mantan Nikah Lewat Lagu 'X'

Kerjakan Album di Dua Negara, Pemain Harpa Ini Targetkan Raih AMI Awards

Makin Kompak, Rossa dan Afgan Pakai Baju Kembar Seperti ABG

Rayakan Ultah Bareng Afgan dan Sahabat, Rossa Ditodong Undangan Nikah