Datangkan Hatsune Miku, David Letterman Kembali Muda

Nizar Zulmi  |  Jumat, 10 Oktober 2014 01:21
Datangkan Hatsune Miku, David Letterman Kembali Muda
Hatsune Miku ©istiemwa

Kapanlagi.com - Usia bukan penghalang bagi seseorang untuk menikmati beragam jenis musik. Ini lah ungkapan yang sesuai untuk menggambarkan sosok host ternama Hollywood, David Letterman. Selalu ikuti perkembangan musik, seleranya tak kalah dengan para remaja masa kini.

Berusia 67 tahun, masih tertanam jiwa 17 tahun dalam sosok Letterman. Mendatangkan Hatsune Miku, gadis imut dalam bentuk hologram asal Jepang yang digilai oleh para muda-mudi Asia, Letterman sukses puaskan para penggemar setianya.

Disebut dengan konsep vocaloid, Hatsune Miku sejatinya merupakan program synthesizer yang bisa menghasilkan suara menyerupai gadis usia belasan tahun. Sebagai negara penghasil karya-karya kartun dan 3 dimensi, Jepang berhasil mencuri perhatian dunia dengan hadirnya Miku.

Penampilan Hatsune Miku dalam Late Show merupakan yang pertama kalinya dalam pertelevisian Amerika Serikat. Menggabungkan teknologi dan live band, penonton yang hadir dibuat takjub dengan 'tobot' yang kini berusia 16 tahun itu.

Meski tak terlalu memahami kata-kata yang terlontar dari gadis rekayasa itu, Letterman dan para penonton cukup terhibur dengan aksi unik tersebut. Sekilas mirip dengan Gorillaz yang juga memakai teknologi hologram, hanya saja suara Miku merupakan rekayasa komputer.

Dalam bahasa Jepang, Hatsune Miku sendiri berarti suara masa depan. Seperti inikah gambaran musik seribu, atau dua ribu tahun mendatang?

(bil/niz)


Lihat Arsip Musik

- - -