Dari Coldplay Hingga Lady Gaga Tanda Tangani Petisi Untuk YouTube

Natanael Sepaya  |  Jumat, 01 Juli 2016 19:50
Dari Coldplay Hingga Lady Gaga Tanda Tangani Petisi Untuk YouTube
Coldplay - Lady Gaga - Paul McCartney © KapanLagi.com

Kapanlagi.com - Hak cipta hingga pembajakan, memang masih menjadi salah satu hal yang sangat sulit dihapus dari industri musik dunia. Karena itu, baru-baru ini sederet musisi tenar dunia pun membubuhkan tanda tangannya dalam sebuah petisi yang ditujukan pada YouTube.

Lebih dari sekitar 1000 musisi seperti Paul McCartney, Coldplay, Lady Gaga, The 1975, David Guetta, Bruno Mars, sampai Ed Sheeran ikut membubuhkan tanda tangannya seperti yang dilansir dari Pitchfork. Petisi itu rupanya berisi permintaan pada para pemimpin di Eropa untuk memperketat undang-undang hak cipta (copyright) pada layanan seperti YouTube.

Para musisi ini sepakat mengatakan kalau pilihan user-upload sudah menarik keluar nilai-nilai yang ada dalam lingkup musik secara tidak adil. Petisi ini memiliki target di mana layanan jasa seperti YouTube tidak merugikan mereka dalam hal undang-undang hak cipta lewat user-upload dan menjadikan platform milik Google tersebut jadi tempat yang aman bagi para musisi.

Para musisi sepakat meminta agar undang-undang mengenai hak cipta bisa lebih diperketat © TPG ImagesPara musisi sepakat meminta agar undang-undang mengenai hak cipta bisa lebih diperketat © TPG Images

Selain itu, mereka juga mendesak untuk para pemimpin di Eropa agar segera melakukan tindakan dan mengatur antara lahan para artis dengan para pemilik hak cipta secara adil. Tentu saja langkah ini diharapkan bisa mengamankan generasi musik berikutnya.

Sedangkan dilansir dari Billboard, awal bulan ini ada sekitar 58 anggota Parlemen Eropa menandatangani surat petisi itu untuk memperketat peraturan mengenai undang-undang hak cipta. Jelas para fan tidak akan bisa sembarangan dalam meng-upload konten yang masih terkait dengan pemilik aslinya.

Untuk masalah ini, memang era digital sekarang bisa menguntungkan para musisi lewat adanya berbagai layanan jasa streaming seperti YouTube. Tapi hal tersebut juga membuka celah untuk para fan bisa menikmati keuntungan juga. Kalau menurut kamu?

Sudah Baca Yang Ini?

Fitri Carlina Sambut Gembira Glodok Bersih Dari Rilisan Palsu

Anang Hermansyah Akan Penuhi Janji Sebagai Anggota DPR

Dampingi Radja, Anang Hermansyah 'Labrak' DPR

Arkarna: Beli Karya Asli Itu Menyelamatkan Karir Para Musisi

Atasi Pembajakan, Giring Nidji: Sekolah Butuh Kurikulum Ini