'DAMN' Kendrick Lamar Raih Gelar Historis Pulitzer Prize!

Natanael Sepaya  |  Selasa, 17 April 2018 13:22
'DAMN' Kendrick Lamar Raih Gelar Historis Pulitzer Prize!
Kendrick Lamar © AFP

Kapanlagi.com - Gelar tertinggi di Grammy Awards 2018 boleh saja jatuh ke tangan Bruno Mars, tapi bukan berarti dominasi Kendrick Lamar usai sampai di awal tahun kemarin saja. Yap, karena nyatanya rapper yang satu ini berhasil mencatatkan prestasi sekaligus sejarah baru dalam industri musik internasional.

Seperti dilansir dari NPR, baru-baru ini Kendrick Lamar resmi menerima penghargaan Pulitzer Prize atas albumnya yang dirilis tahun lalu, DAMN. Nggak cuma itu saja, Kendrick Lamar juga jadi musisi pertama di luar ranah musik klasik dan jazz yang berhasil meraih gelar Pulitzer Prize.

© twitter.com/PulitzerPrizes© twitter.com/PulitzerPrizes

Dana Canedy selaku pemimpin Pulitzer Prize sendiri mengatakan pada The New York Times kalau kemenangan ini jadi momen besar untuk musik hip hop dan Pulitzers sendiri. Yap, tentu saja, mengingat Pulitzer sendiri lebih fokus pada gaya musik tradisional yang diekspresikan ke dalam bentuk seni.

Pencapaian Kendrick Lamar di bulan ini semakin melengkapi sepak terjangnya setelah sebelumnya berhasil membawa pulang 5 gelar dari Grammy Awards 2018. Pada momen ini Kendrick Lamar berhasil mengalahkan pesaingnya, Michael Gilbertson beserta grup string-nya, Quartet, dan Ted Hearne dari Sound From The Bench.

Pulitzer Prize sendiri merupakan penghargaan tertinggi dalam ranah jurnalisme cetak di Amerika Serikat dan diumumkan setiap bulan April. Selain musik, Pulitzer Prize juga diberikan untuk pencapaian di bidang sastra. Penghargaan Pulitzer pertama terjadi pada 4 Juni 1917.

Meski gagal meraih gelar tertinggi di Grammy Awards 2018, nyatanya album DAMN milik Kendrick Lamar masih terus menunjukkan dominasinya di industri musik internasional, selamat! Nantikan terus update berita seputar musik cuma di situs kesayanganmu, KapanLagi.com.

Sudah Baca Yang Ini?

Khalid: Penyanyi Muda Hits, Populer, dan Ternyata Tak Bisa Main Alat Musik

'BLACK PANTHER' Kendrick Lamar Jadi Hit, Diprediksi Ubah Industri Musik

Pencapaian Rihanna Di Ultah Ke-30, Selalu Jadi Penantian Penggemar

Siapa Saja yang Berjaya di Grammy 2018? Intip Videonya

Ed Sheeran - Kendrick Lamar, Daftar Lengkap Pemenang GRAMMY AWARDS 2018