Comeback, Rumpies Bawa Pesan Baik di Saat Pandemi Lewat Lagu 'Kasih Putih'

Jum'at, 02 April 2021 14:48  | 

Vina Panduwinata



Rumpies © istimewa


Kapanlagi.com - Nama grup vokal Rumpies mungkin saat ini masih asing di telinga anak muda. Namun, nama grup ini di akhir era 80an hingga awal 90an begitu digilai anak muda pada masanya. Rumpies kala itu digawangi oleh Vina Panduwinata, Trie Utami, Atiek CB, dan Malyda.

Single mereka berjudul Nurlela pun meledak dan mendapatkan BASF Awards kategori album terlaris pop kreatif 1990. Tahun ini, mereka kembali hadir di industri musik Indonesia. Menjadi Rumpies yang lebih dewasa, kali ini vokal grup yang digagas oleh Deddy Dhukun tersebut hadir dengan formasi baru, yakni Vina Panduwinata, Trie Utami, Yuni Shara, Memes, dan Ita Purnamasari.

1. Mengulang Sejarah

Bagi Vina Panduwinata, hadirnya Rumpies di tahun 2021 ini adalah sebuah pengulangan moment bersejarah seperti awal Rumpies terbentuk di tahun 1989.

"Ini pengulangan sejarah. Awalnya kan kami dulu ada 7 Bintang feat Mana Ina. Terbesit untuk bikin grup khusus perempuan, jadilah Rumpies berempat, aku, Trie Utami, Malyda, Atiek CB. Jadi yang melahirkan kita itu Deddy Dhukun. Dan sekarang, terulang kembali setelah 30 tahun kembali ada 7 Bintang + mama Ina kan. Dari kumpul-kumpul itu di rumah Yuni, muncul ide kenapa gak kita ulang lagi Rumpies. Tetapi dengan catatan Rumpies yang dewasa," kata Vina Panduwinata saat ditemui di Plataran Menteng, Jakarta Pusat belum lama ini.

"Terjadinya selalu alamiah. Dulu juga jadinya seperti ini. Setelah 30 tahun, kembali dan situasinya berulang. Dimulai dari 7 Bintang, dan ada perubahan formasi, dan perubahan formasi itu membentuk Rumpies yang ini," timpal Trie Utami.

2. Absennya Personil Lama

Hadirnya Rumpies menjadi perbincangan di media sosial personilnya. Tak sedikit yang bertanya soal ketidakhadiran Malyda dan Atiek CB dalam formasi ini.

"Banyak pertanyaan dan mungkin ini bisa jadi tempat menjawab kenapa Malyda dan Atiek gak ikutan. Ya memang terjadinya seperti ini. Secara logic-nya dengan situasi begini dan Atiek di Amerika gak memungkinkan. Kalau Malyda kami tau banget dari dulu jadi cita-citanya jadi ibu rumah tangga. Mungkin itu bisa menjawab," ucap Vina Panduwinata.

3. Lagu Pilihan

Rumpies pun hadir ke industri musik Indonesia kali ini dengan membawakan lagu Kasih Putih yang dulu tenar dibawakan ME. Lagu ini adalah ciptaan dari Trie Utami. Pilihan jatuh kepada lagu Kasih Putih karena lagu ini dianggap bisa memberikan semangat dalam kondisi saat ini.

"Di Rumpies ini kami mau lagu yang kami keluarkan ada pesan yang disampaikan. Kalau saat ini lewat Kasih Putih yang mau disampaikan adalah kita semua di mata Tuhan sama saja. Tidak ada perbedaan, semua sama," terang Yuni Shara.

4. Sudah Disempurnakan

Diproduseri Glenn Rotty di bawah payung @legendamusikindo, lagu ini pun dapat polesan dari tangan dingin Addie MS untuk mengisi string section. Hadirnya Addie MS di lagu ini pun menjadikan Kasih Putih lebih sempurna.

"Mas Adie seneng banget karena udah lama juga gak bikin aransemen yang pop banget. Udah gitu temen-temen juga," ucap Memes

"Addie bener-bener memoles. Aku udah lama gak kerja sama sama Addie. Aku kaya ngerasa i'm back, udah lama gak dapet musik kaya gini," timpal Vina Panduwinata.

5. Ketenangan di Tengah Pandemi

Video klip lagu Kasih Putih juga telah selesai digarap setelah melakukan syuting di Plataran Cilandak, Jakarta Selatan beberapa waktu lalu. Dengan konsep yang unik, bergaya fashion 80an, Rumpies siap hadir kembali di belantika musik Indonesia. Lagu dan video klipnya pun dirilis berbarengan pada 2 April 2021. Untuk video klip bisa disaksikan di youtube channel @legendamusikindo. Hadirnya lagu ini pun, diharapkan bisa memberi ketenangan untuk para pendengarnya di tengah situasi saat ini.

"Harapan kami lagu ini bisa didengar banyak orang. Terus lagu ini bisa dipakai untuk menentramkan hati. Sekarang lagi banyak musibah dan lain-lain, semoga lagu ini bisa menyerap ke setiap orang, kalau nextnya untuk pekerjaan kami tunggu akibat dari lagu ini. Apakah ada lagu baru atau apa," harap Yuni Shara.

Simak Juga:

Vina Panduwinata Bikin Instagram Pribadi di Masa Pandemi Covid-19, Ikuti Jaman dan Makin Kekinian

Grup Vokal The RYM'S Rilis Single Baru 'Rinduku', Dibuat dalam Tiga Bahasa

Begini Gaya Geng Ibu-Ibu Meriahkan The 90's Festival, Seru-Seruan Bareng

Sheryl Sheinafia Hingga Vina Panduwinata Ajak Penonton Nostalgia di Konser 'BEBAS'

Konser Grup 1 Top 28 LIDA 2019 Siapa yang Tersenggol?

(kpl/pur/rsp)