Capai 50 Persen, Ikke Nurjanah Ungkap Dirinya Siap Merilis Album Baru!

Natanael Sepaya  |  Senin, 19 Februari 2018 15:32
Capai 50 Persen, Ikke Nurjanah Ungkap Dirinya Siap Merilis Album Baru!
Ikke Nurjanah © KapanLagi.com/Budy Santoso

Kapanlagi.com - Baru-baru ini Ikke Nurjanah ikut terlibat dalam salah satu lagu di album penuh terbaru Tantowi Yahya. Menariknya, pada momen itu Ikke Nurjanah mengungkapkan jika dirinya pun tengah bersiap untuk merilis album baru yang sekaligus menjadi penanda 30 tahun perjalanan musiknya di ranah dangdut.

"Aku akan rilis 30 tahun berkarya, di dangdut ini. Tahun ini, Insya Allah. Masih dalam proses 80 persen. Sebenernya kalau bicara materi lagu, lagu baru 50 persen. Materi lagu lama yang semua musiknya memang baru itu 50 persen karena saya ingin me-remind orang dengan Lagu-lagu lama yang hits, dengan konsep musik yang baru. Lagunya kita godok sebisa mungkin, tetap ada yang hits jaman dulu," aku Ikke Nurjanah, saat ditemui di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Minggu (18/2).

Lebih jauh, Ikke Nurjanah sendiri memiliki alasan mengapa ia memilih untuk meretas sebuah album penuh sebagai tanda atas 30 tahun perjalanan musiknya sebagai pedangdut. Selain menjadi jejak rekam, merilis album baru di era digital seperti ini diakui Ikke sebagai tantangan tersendiri.

Ikke Nurjanah sebut dirinya tengah bersiap untuk merilis sebuah album baru © KapanLagi.com/Bayu HerdiantoIkke Nurjanah sebut dirinya tengah bersiap untuk merilis sebuah album baru © KapanLagi.com/Bayu Herdianto

"Saya baru ikut label lagi, dua tahun ini. Tadinya saya Indie, di label inilah universal musik saya, bikin album. Berada di label itu kan juga susah ya, berproduksi, membuat jadi karya dalam bentuk album di jaman digital ini agak susah. Ada keraguan penjualan, kita harus maklumi bahwa semua ini muaranya bisnis. Jadi kalau buat aku, challenge juga secara materi juga, secara penjualan juga, tantangan lah. Tapi buat aku ini adalah jejak rekam seorang penyanyi. Siapapun penyanyinya, kalau punya jejak rekam yang jelas, terlihat perjalanannya, menjadi warisan terindah lah," lanjut pelantun Memandangmu itu.

Dalam perjalanannya, Ikke juga tidak menepis kalau dirinya sempat berada di titik jatuh-bangun dalam bermusik. Karena itu dengan keadaan industri musik yang dinamis, sebuah album baru jelas akan jadi penanda sekaligus penegasan seorang Ikke Nurjanah di industri musik Tanah Air.

"Apa ya, ya kan namanya industri musik kan dinamis banget, pasti terasa banget, tiba tiba yang kita, bisa berproduksi dalam jangka waktu yang lama. Terus tiba-tiba bisa yang perannya berubah, belum lagi cara promosinya berubah. Itu kan harus cepat mengikuti kalau nggak kita ketinggalan. Jadi bagaimana kita mengikuti dinamika industri, bagaimana mengikuti dinamika berpromosi yang sekarang ya nggak bisa lagi kayak dulu. Dulu kalau udah hits, lagu kita bisa diputar di mana saja. Kalau sekarang enggak, kita mesti aktif balik ke radio. Jadi memulai sesuatu yang digitalize, kalau dulu jaman kita kan tidak digitalize. Promo di TV kan. Sekarang promo di TV susah juga. Saya kan suka update-update stories atau apa gitu, ternyata itu mempengaruhi promosi," pungkasnya.

Sudah Tahu Yang Ini?

Jadi Duta Besar, Tantowi Yahya Luncurkan Album Best of The Best

Ikke Nurjanah Akan Membawa Musik Dangdut ke Benua Eropa

Berangkat Haji Untuk Pertama Kalinya, Ikke Nurjanah Minta Dapat Jodoh

Ikke Nurjanah Diundang Untuk Kumandangkan Dangdut di Istana Negara

Asian Games']);" href="https://www.kapanlagi.com/showbiz/asian-star/terguncang-kejadian-di-bandara-taeyeon-tetap-tampil-di-countdown-asian-games-317752.html" target="_blank">Terguncang Kejadian di Bandara, Taeyeon Tetap Tampil di Countdown Asian Games