Bruno Mars dan Mark Ronson Digugat Atas Copyright 'Uptown Funk'!

Penulis: Natanael Sepaya

Diterbitkan:

Bruno Mars dan Mark Ronson Digugat Atas Copyright 'Uptown Funk'! Uptown Funk © YouTube/MarkRonsonVEVO

Kapanlagi.com - Tak hanya jago bernyanyi, Bruno Mars pun memiliki talenta yang sangat baik sebagai seorang penulis lagu, sama seperti Mark Ronson. Ketika kedua musisi bertalenta ini bergabung, yap, sebuah single berjudul Uptown Funk pun mencuri perhatian dunia dengan segera.


Hanya saja hits terbesar Bruno Mars dan Mark Ronson itu lagi-lagi menemui masalah. Seperti dilansir dari IB Times, hak cipta single Uptown Funk digugat oleh electro-funk band asal Minneapolis, Collage, karena dinilai meniru lagu mereka yang berjudul Young Girls.


'Uptown Funk' Bruno Mars dan Mark Ronson kembali menghadapi gugatan © instagram.com/brunomars'Uptown Funk' Bruno Mars dan Mark Ronson kembali menghadapi gugatan © instagram.com/brunomars


Seperti gugatan yang dilansir dari Pitchfork, band tersebut juga mengatakan kalau Bruno Mars dan Mark Ronson mengaku Uptown Funk memang dipengaruhi band electro-funk tersebut. Walau begitu sampai sekarang Collage masih terus menghitung kerugian dan keuntungan yang seharusnya mereka terima.


Sedangkan tahun lalu, The Gap Band sempat dianugerahi dengan penyertaan kredit penulisan lagu setelah mereka mengklaim adanya kemiripan antara lagu hits mereka, Oops Up Side Your Heart, dengan Uptown Funk. Masalah itu belum termasuk dengan gugatan yang juga pernah diterima Mars dan Ronson di awal tahun ini.


Kejadian ini jadi ketiga kalinya untuk Bruno Mars dan Mark Ronson menghadapi gugatan © instagram.com/brunomarsKejadian ini jadi ketiga kalinya untuk Bruno Mars dan Mark Ronson menghadapi gugatan © instagram.com/brunomars


The Sequence, sempat mengklaim kalau Mars dan Ronson meniru lagu mereka yang dirilis di tahun 1979, Funk You Up. Hanya saja, The Sequence tidak membawa perkara ini sampai ke ranah persidangan.


Kejadian ini jadi ketiga kalinya bagi Bruno Mars dan Mark Ronson dalam menghadapi gugatan atas copyright lagu Uptown Funk. Yang pasti, saat ini Bruno Mars tengah fokus dengan pengerjaan album barunya yang sempat diawali dengan perilisan single 24K Magic.


(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(ibt/ntn)

Editor:

Natanael Sepaya

Rekomendasi
Trending