Bersejarah, Inilah Video Klip Pertama Dalam Siaran Perdana MTV

Penulis: Natanael Sepaya

Diperbarui: Diterbitkan:

Bersejarah, Inilah Video Klip Pertama Dalam Siaran Perdana MTV The Buggles - MTV ©Istimewa
Kapanlagi.com - Hari ini adalah salah satu hari bersejarah bagi dunia musik internasional. Pasalnya tanggal 1 Agustus 1981, sebuah channel musik besar di televisi memulai siaran perdananya.


Yap, adalah Music Television atau yang lebih dikenal dengan singkatan MTV. Dengan Viacom Music and Entertainment Group sebagai pemiliknya, channel musik terbesar di dunia yang bermarkas di New York itu jadi salah satu ajang promosi karya para musisi.


Untuk pertama kalinya juga MTV mengenalkan pemandu acara televisi dengan sebutan Video Jockeys atau VJ. Nah, setelah penjelasan singkat tentang acara yang satu ini, lalu siapa sih musisi yang video klipnya diputar pertama di channel musik ini?


Video Killed The Radio Star, jadi klip pertama yang diputar MTV dan membuat The Buggles meraih sukses besar di era 80an ©YouTubeVideo Killed The Radio Star, jadi klip pertama yang diputar MTV dan membuat The Buggles meraih sukses besar di era 80an ©YouTube


Jawabannya adalah duo asal Inggris yang mengusung musik new wave, The Buggles. Muncul di awal tahun 1981, mereka langsung menggebrak dengan lagu yang berjudul Video Killed The Radio Star dan inilah klip pertama yang muncul dalam siaran perdana MTV.


Single yang diambil dari album pertama The Buggles, THE AGE OF PLASTIC, itu diputar tepat pada pukul 12.01 pagi waktu setempat. Hebatnya lagi, band yang digawangi oleh Geoff Downes dan Trevor Horn ini mampu merajai puncak chart di 6 negara lewat single Video Killed The Radio Star saja. Gokil!


Sebenarnya selain The Buggles, masih ada sejumlah band new wave yang masih bertahan di awal 80-an. Walau begitu, video Killed The Radio Star milik The Buggles jadi salah satu single yang segar dan mampu mengemas pesan konotatifnya dengan apik. Well, simak dulu yuk klip mereka di sini.



(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(kpl/ntn)

Editor:

Natanael Sepaya

Rekomendasi
Trending