Beri Apresiasi untuk Pemain Piano Berbakat Indonesia, Inilah Deretan Pianis Muda yang Menang di Jakarta Youth Piano Competition 2024

Diperbarui: Diterbitkan:

Beri Apresiasi untuk Pemain Piano Berbakat Indonesia, Inilah Deretan Pianis Muda yang Menang di Jakarta Youth Piano Competition 2024
Credit: Istimewa

Kapanlagi.com - Jakarta Youth Piano Competition (JYPC) yang digelar di Auditorium ACS Jakarta pada 31 Agustus 2024 lalu menjadi ajang pembuktian talenta pianis muda Indonesia. Beberapa nama seperti Cathleen Scarlett Hayasi, Lennart Joshua Sugih, Callista Kertalesmana, dan Samuel Wilbert Siregar berhasil mencatatkan prestasi gemilang di kompetisi ini. Mereka berhasil menempati posisi juara di berbagai kategori.

Cathleen Scarlett Hayasi keluar sebagai Juara 1 Kategori A, sementara Lennart Joshua Sugih meraih Juara 2 di kategori yang sama. Di Kategori B, Callista Kertalesmana dinobatkan sebagai Juara 1, dan Samuel Wilbert Siregar berhasil menjadi Juara 2 di Kategori C.

Kompetisi yang diselenggarakan oleh Bina Musik Jakarta dan ACS Jakarta ini berada di bawah arahan Direktur Artistik Adelaide Simbolon. JYPC bertujuan untuk mengapresiasi sekaligus memberikan wadah bagi bakat pianis muda di Indonesia yang berfokus pada musik klasik. Ajang ini juga bertujuan untuk memberikan pengalaman bermusik yang lebih luas bagi para peserta.

"Selain tentunya menambah pengalaman bermusik dan performance, pemenang juga beberapa akan kita pilih untuk tampil di Kedutaan Bulgaria dan Swiss," kata Isabela Anjani, Project Manager dari Jakarta Youth Piano Competition di Bina Musik Jakarta, Jakarta Pusat, Sabtu (14/9/2024).

1. Peroleh Hadiah dan Beasiswa

Ia juga menambahkan bahwa pemenang tidak hanya akan membawa pulang hadiah dan trofi, tetapi juga berkesempatan mendapatkan beasiswa pendidikan musik gratis di Bina Musik Jakarta.

"Keuntungan lain selain dari hadiah dan trophy yang memang sudah kita siapkan, tapi apa selanjutnya bagi anak-anak ini, ya salah satunya ada beasiswa pendidikan musik gratis di Bina Musik Jakarta, serta nanti akhir tahun tanggal 8 Desember akan tampil bersama Divisi Piano Bina Musik Jakarta di Usmar Ismail," jelas Isabela.

Kompetisi yang terbagi dalam empat kategori berdasarkan usia ini melibatkan peserta dari seluruh Indonesia. Kategori A untuk anak berusia 6 hingga 9 tahun, Kategori B untuk usia 10 hingga 12 tahun, Kategori C untuk usia 13 hingga 15 tahun, dan Kategori D untuk usia 16 hingga 18 tahun.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Cintai Musik Klasik

Salah satu peserta, Samuel Wilbert Siregar, yang merupakan Juara 2 Kategori C, mengaku sangat mencintai musik klasik. Namun, ia juga mengungkapkan tantangan dalam mengatur waktu latihan di tengah kesibukannya sebagai siswa SMA.

"Aku kadang susahnya cari waktu buat latihan piano karena sudah SMA. Disiplin itu penting ya, walaupun aku suka piano, tapi harus tetap disiplin," ujar Samuel.

Babak penyisihan kompetisi ini dilakukan secara daring pada 5 Juni hingga 24 Juli 2024. Dari ratusan peserta, terpilih 74 finalis yang berkompetisi di babak final. Para finalis dinilai oleh juri yang berpengalaman di dunia musik, di antaranya Amelia Santoso, Iswargia R. Sudarno, Randy Ryan, Esti Utami Prabowo, Daniel Adipradhana, dan Sangkala Turangga Seta.

Ajang ini tidak hanya memberikan ruang bagi para pianis muda untuk berkembang, tetapi juga memberikan kesempatan untuk tampil di berbagai acara bergengsi. Pada akhir tahun nanti, tepatnya pada 8 Desember 2024, para pemenang akan tampil bersama Divisi Piano Bina Musik Jakarta di Usmar Ismail Hall, Jakarta.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending