Berapa Keuntungan Taylor Swift Dari Lagu Baru Calvin Harris?

Natanael Sepaya  |  Jumat, 15 Juli 2016 15:22
Berapa Keuntungan Taylor Swift Dari Lagu Baru Calvin Harris?
Calvin Harris - Taylor Swift © KapanLagi.com

Kapanlagi.com - Akhirnya terbongkar juga kalau Taylor Swift adalah penulis lirik lagu kolaborasi Calvin Harris dan Rihanna yang berjudul This Is What You Came For. Tapi tentu saja terbongkarnya kabar tersebut justru menimbulkan pertanyaan baru, siapa yang dapat keuntungan lebih besar?

Seperti dilansir dari ABC News, Billboard memeriksa keuntungan yang kemungkinan diterima baik Calvin maupun Swift. Dari total keuntungan US$ 511.000 atau mencapai 6,6 miliar jika dirupiahkan - keuntungan dari hasil penjualan, streaming dan radio - keduanya akan mendapat pembagian hasil sebesar 50/50.

Tapi itu sebelum Performance Rights Organizations (PRO) memotong 13 persen hak royalti yang akan diterima kedua artis. Setelah dipotong PRO, sisanya adalah US$ 454.704 untuk dibagi. Selanjutnya, kedua artis akan mendapat sekitar 85 persen dari sisa tadi, atau sekitar US$193.000 atas kepemilikan lagu dan Sony yang akan mendapat untung sebesar US$ 34.000, masing-masing dari pihak Calvin dan Taylor.

Calvin Harris, tetap mendapat keuntungan yang lebih besar dibanding mantannya © SplashnewsCalvin Harris, tetap mendapat keuntungan yang lebih besar dibanding mantannya © Splashnews

Di sisi lain, Billboard memprediksi kalau Calvin pun akan mendapat bagian lebih banyak dari sang mantan. Pasalnya Calvin Harris adalah artis sekaligus produser untuk lagu tersebut yang berarti sang DJ akan menerima hasil dari keuntungan perusahaan rekamannya juga dengan total yang bisa mencapai sekitar US$ 1,2 juta.

Kembali lagi, sekitar US$ 354.000 pun diperkirakan Billboard akan masuk ke dalam kantong Calvin Harris atas hak keuntungannya sebagai co-writing, producing dan artis yang menampilkan lagu tersebut. Lalu bagaimana dengan Taylor Swift? Dari perhitungan Billboard, pelantun Bad Blood ini hanya akan menerima US$ 193.000, sekitar 2 miliar rupiah, atas hak royalti sebagai penulis lagunya.

Sedangkan Rihanna? Seperti dilansir dari Billboard via ABC News, ia telah melakukan tugasnya dengan baik sebagai penyanyi dan akan mendapat US$ 111.000 atau sekitar 1,4 miliar rupiah. Jadi walau merasa kecewa, sebenarnya Calvin Harris mendapat untung yang sangat besar dari lagu yang ditulis mantannya sendiri. Kalau menurut kamu?

Sudah Tahu Yang Ini?

Festival EDM Paling Seru di Jerman, Yuk Cek Tiketnya!

Namanya Dipakai Taylor Swift, Nils Sjoberg Asli Angkat Bicara

Taylor Swift & Calvin Harris 'Perang', Katy Perry Kena Getahnya

Rahasia Terbongkar, Calvin Harris Kecewa Berat Pada Taylor Swift