Bank Musik, Siap Jadi Media Edukasi Para Pelaku Karyanya

Natanael Sepaya  |  Selasa, 16 Agustus 2016 00:22
Bank Musik, Siap Jadi Media Edukasi Para Pelaku Karyanya
Kemenpora - Bank Music © KapanLagi.com/Sahal Fadhli

Kapanlagi.com - Dunia musik terus berkembang dan membuat banyak perubahan signifikan baik pada industri maupun para pelaku di dalamnya. Untuk itu, Kemenpora pun menyiapkan sebuah wacana yang akan menjadi wadah untuk berkembangnya para pelaku serta karya musik yang dihasilkan bernama Bank Musik.

"Bank Musik ini ide dan konsep, tapi belum ketemu bentuknya. Ketika kami saling diskusi, kami seperti, 'yes, oh, ini toh yang ada di mimpi kami masing,' saya hanya meneruskan konsep, ide dan gagasan. Kami sudah berkali-kali kumpul mengulangi kesalahan, hingga membenarkan kesalahan. Bank musik ini segera hadir. Kalau dulu recording ujungnya produser, banyak orang-orang yang tidak bisa bertahan," ujar Dik Doank saat jumpa pers di FX Sudirman, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (12/8).

Meski masih belum menemukan bentuk pasti, Khrisna Mukti selaku perwakilan Komisi X DPR siap untuk ikut ambil bagian dalam perkembangan industri musik Tanah Air melalui Bank Musik. Tak hanya sekedar teknis, wacana ini juga diharapkan bisa mengedukasi para pelakunya dalam berkarya.

Bank Musik, siap mewadahi para pelaku di dunia musik baik yang bernaung bersama label maupun non-label © KapanLagi.com/Sahal FadhliBank Musik, siap mewadahi para pelaku di dunia musik baik yang bernaung bersama label maupun non-label © KapanLagi.com/Sahal Fadhli

"Banyak anak muda yang berani bermusik. Tapi, mereka gak tahu bagaimana prosesnya menjadi seniman sejati. Sangat sulit jalannya. Kami akan menempa bibit-bibit yang berjuang untuk memajukan karyanya. Jadi tidak sekadar jago main dan ciptakan, tapi bisa menjadi cerdas untuk bisa membanggakan karyanya," tegas Khrisna Mukti.

"Sekarang sudah gak ada gitu lagi, justru karena ada major dan minor kami bersatu. Seniman itu harus bermanfaat untuk sekelilingnya. Kami akan memberikan kecerdasan melalui edukasi. Nanti mereka bermusik tidak sekedar goyang aja, bisa ngomong tentang air, alam, dan lain-lain," sambung Dik Doank.

Lebih jauh, Bank Musik ini juga akan bekerja baik untuk mereka para pelaku yang bernaung bersama label maupun independen. "Bank musik tidak hanya bekerja untuk yang punya label. Tapi kepada para anak muda yang bermusik non label. Saya rasa dari stakeholder ini harus bisa membuktikan kepada komisi x dan pemerintah. Klo lancar kami akan bisa mendorong lg dengan mengelontorkan dana," tandas Enny selaku salah satu perwakilan dari Kemenpora.

Sudah Tahu Yang Ini?

Gandeng Musisi, Kemenpora Berencana Bentuk Bank Musik Indonesia

Dik Doank Tegaskan Tak Mau Datang ke Acara Berbau Minuman Alkohol

Didi Petet Meninggal Hari Jumat, Dik Doank: Pasti Banyak Yang Iri

Sederet Seleb Ini Punya Nama Anak Yang Unik dan Sangat Indonesia

Kamu Tak Akan Menduga Kalau Nama Asli Seleb ini Adalah...

(kpl/aal/ntn)


Lihat Arsip Musik

- - -