Apple Mulai Menyingkirkan Musisi Kulit Putih Dari iTunes?

Natanael Sepaya  |  Senin, 15 Desember 2014 21:20
Apple Mulai Menyingkirkan Musisi Kulit Putih Dari iTunes?
Racism Is Not Available on iTunes ©Istimewa

Kapanlagi.com - Baru-baru ini, raksasa teknologi dunia memberikan pernyataan serius. Mereka mengabarkan telah menyingkirkan beberapa musik kaum kulit putih dari iTunes.

Hal ini didasarkan pada isu rasis yang terdapat dalam lirik-lirik lagu mereka. Ini menjadi keputusan terbesar Apple untuk iTunes sepanjang sejarah mereka dalam menjual karya-karya musisi di seluruh dunia.

Apple sendiri mengkonfirmasi keputusannya pada Rolling Stone kalau mereka sudah menghapus 30 dari 54 band yang mengusung tema rasis dalam karya-karyanya. Beberapa band yang karyanya dihapus dari iTunes adalah Skrewdriver, Max Resist, dan The Bully Boys.

Apple menjadikan tiga band tersebut sebagai target utama yang karyanya dihapus dari jasa layanan iTunes. Karena liriknya yang mengusung tema rasis, Apple mendapat kritik dari Southern Poverty Law Center untuk menghapus tiga band rasis itu dan yang lainnya.

Meski raksasa Apple memutuskan untuk menghapus band-band terebut, beberapa jasa layanan lainnya memilih untuk mempertahankan band-band tersebut. Spotify, Google Play, dan Amazon sepakat untuk tidak menyingkirkan band-band rasis tersebut dari database penjualan mereka.

Ini menjadi keputusan pertama sepanjang sejarah industri musik. Hebatnya lagi, keputusan besar ini dilakukan oleh raksasa teknologi, Apple, melalui jasa layanan penjualan musik terbesarnya. Apa kamu setuju dengan keputusan ini? Kasih kita pendapat kamu ya.

Jangan Lewatkan Juga Yang Satu Ini

Dukung Jokowi, Sting Diganyang Fans Indonesia

Presidenku, Jokowi Seorang Metalhead

Jokowi, Presiden Metal Pertama di Dunia

Hollywood dan Gelombang Pop Pendobrak Perubahan

Membaca Masa Depan Industri Musik Indonesia

(gig/ntn)


Lihat Arsip Musik

- - -