Presidenku, Jokowi Seorang Metalhead

Fajar Adhityo  |  Rabu, 23 Juli 2014 19:21
Presidenku, Jokowi Seorang Metalhead
Jokowi
Kapanlagi.com - Indonesia melalui hasil dari KPU telah memilih Joko Widodo untuk menjadi Presiden untuk periode 2014 - 2019. Kemenangan Jokowi juga disambut gembira oleh kalangan musisi, khususnya metal.

Ucapan selamat juga dtaang dari kalangan musisi dunia, seperti Randy Blythe, vokalis Lamb of God yang mengukuhkan Jokowi sebagai Presiden heavy metal pertama di dunia. Vokalis yang pernah tampil di Indonesia ini ternyata mengamati sepak terjang Jokowi dan merasa tersanjung Lamb of God menjadi band favoritnya.

Senada dengan Randy, Anthrax pun juga mengucapkan selamat kepada Jokowi. Dia merasa senang dengan terpilihnya Jokowi sebagai Presiden, dan berharap negara lain memiliki Presiden serupa. Lantas ada apa dengan Jokowi dengan dirinya sebagai metalhead?

Yup, sebagai aparatur negara, Jokowi juga seorang metalhead yang pernah hadir di beberapa konser metal dunia yang pernah di gelar di Indonesia. Kesukaannya akan musik cadas dimulai sejak remaja, di mana dia gemar mengoleksi tape Metallica, Guns N Roses dan semacamnya.

Musik metal yang dikenal kritis menyoroti kritik sosial sepertinya  memberikan pengaruh besar. Filosofi metal yang erat dengan kebebasan dan pemberontakan untuk sesuatu hal yang positif diterapkan dalam dirinya. Hal itu akhirnya membentuk pribadinya dan diterapkan saat menjadi Walikota di Solo. Sebagai aparatur negara dia mengemban tugas dan mendengarkan apa yang ingin disampaikan oleh rakyatnya.

Jokowi Senanag di Antara Rakyat/@Foto: KapanLagi.com®Jokowi Senanag di Antara Rakyat/@Foto: KapanLagi.com®

Spirit roick dan metal adalah sebuah kebebasan bagi Jokowi. Baginya musik rock bukanlah hingar bingar saja, namun juga mampu memberikan dobrakan dalam sebuah perubahan melalui lirik yang dinyanyikan. Jokowi merasa bahwa musik cadas memang cocok untuk didengarkan oleh seorang pemimpin, namun dia tak menganjurkan orang lain untuk mengikuti kesukaannya.

Selama bertugas saat menjadi Walikota Solo dan Gubernur Jakarta, Jokowi juga menerapkan apa yang menjadi prinsipnya sebagai abdi rakyat. Dia mendekati semua elemen dan merangkulnya tanpa padang bulu seperti semangat brotherhood dan unity yang selalu didengungkan pada musik metal.

Jokowi/@Foto: KapanLagi.com®Jokowi/@Foto: KapanLagi.com®

Kini metalhead yang senang berdiri di kelas festival di setiap konser itu telah menjadi seorang Presiden. Tumpuan harapan masyarakat Indonesia kini ditujukan kepada Jokowi untuk memberikan perubahan yang signifakan dan siap diemban oleh Beliau.

Semoga gemuruh distorsi perubahan terjadi sesuai harapan kita di Indonesia. Selamat mengemban tugas Pak Jokowi.