Andien Turut Nyanyikan Ulang Lagu Hits Tahun 80-an

Kamis, 17 Juni 2021 17:58  | 

Andien



Andien (credit: Kapanlagi.com/Fikri Alfi Rosyadi)

Kapanlagi.com - Sejumlah penyanyi top di Tanah Air menyanyikan ulang lagu-lagu hits tahun 70 sampai 80-an dalam mini album "Lagu Lama dari Masa Lalu Volume 1". Mereka adalah Andien, Aya Anjani, Dhira Bongs, Kurosuke, Vira Talisa, Mondo Gascaro dan jawara MLDJAZZPROJECT musim perdana, Adoria.

Mini album "Lagu Lama dari Masa Lalu Volume 1" ini lahir atas kolaborasi apik antara MLDSPOT dan Yayasan Irama Nusantara. Menurut Goardan Saragih, perwakilan MLDSPOT mengatakan, ini menjadi salah satu upaya nyata untuk melestarikan kembali lagu-lagu lawas yang pernah hits di jamannya.

"Kami sangat bangga bisa ambil bagian dalam upaya melestarikan serta mempopulerkan kembali karya-karya musisi legendaris Indonesia. Hal ini bisa menjadi pesan bagi generasi yang lebih muda bahwa Indonesia memiliki warisan musik yang sangat banyak dan juga dapat menjadi referensi untuk menciptakan karya berkualitas di masa mendatang," kata Goardan dalam jumpa pers virtual, Rabu (16/6/2021).

1. Salah Satu Dukungan Perkembangan Musik Indonesia

Yang menarik lagi, melalui album "Lagu Lama dari Masa Lalu Volume 1" ini juga menjadi salah satu bentuk dukungan perkembangan musik Indonesia, terutama melalui berbagai kegiatan.

Diantaranya dengan berpartisipasi dalam hampir seluruh rangkaian tahunan event jazz nasional dan juga penyelenggaraan MLDARE2PERFORM. Sebuaglh ajang kompetisi pencarian musisi jazz muda berbakat Indonesia yang telah memasuki season keempat.

"Ke depannya, kami juga berharap dapat bekerjasama dengan berbagai pihak demi turut menginspirasi dunia musik Indonesia," kata Goardan.

2. Diapresiasi Generasi Lebih Muda

Sementara itu, Gerry Apriryan selaku Program Manager of Irama Nusantara Irama Nusantara mengatakan, kolaborasi ini bisa diapresiasi oleh generasi yang lebih muda.

"Kami membuka ruang untuk berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk mewujudkan visi dalam hal mengolah arsip digital musik populer yang kami miliki. Bersama MLDSPOT tercetuslah ide membuat rilisan dalam bentuk mini album yang nantinya bisa menjadi upaya berkesinambungan dalam melestarikan musik-musik Indonesia yang berasal dari masa lalu," kata Gerry Apriryan.

"Melalui kerjasama dengan MLDSPOT dan berbagai pekerja seni yang terlibat ini, kami mengajak publik untuk mendukung operasional pengarsipan musik populer Indonesia. Irama Nusantara juga mengajak untuk publik untuk mengenal lebih banyak #LaguBaruDariMasaLalu sehingga kelak lagu-lagu lawas akan tetap populer di masa mendatang,” tutup Gerry.

3. Dinyanyikan Oleh Musisi Beraliran Explorative Pop

Ada lima lagu yang terdapat di album "Lagu Lama dari Masa Lalu Volume 1". Pertama "Walau Dalam Mimpi" ciptaan David Mesakh yang sebelumnya dipopulerkan oleh Ermy Kulit. Kali ini, lagu tersebut dinyanyikan oleh musisi beraliran Explorative Pop asal Bandung, Dhira Bongs.

Kedua, "Senja dan Kahlua" milik grup band Transs yang digawangi oleh nama-nama tenar seperti Fariz RM dan Erwin Gutawa. Kali ini lagu tersebut dibawakan kembali oleh Kurosuke. Ketiga, lagu "Terbanglah lepas" sebuah karya dari Yockie Suryoprayogo. Yang menarik, lagu ini dinyanyikan ulang oleh sang buah hati yakni Aya Anjani feat. Parlemen Pop.

4.

Keempat, lagu "Dunia Yang Ternoda" milik Jimmie Manopo. Kini, dinyanyikan oleh kolaborasi Vira Talisa dengan jawara kontes MLDJAZZPROJECT musim perdana, ADORIA. Lalu yang kelima ada Mondo Gascaro dan Andien. Keduanya, menyanyikan ulang lagu "Kisah Insani" yang sebelumnya sukses dibawakan oleh Chrisye dan Vina Panduwinata.

"Pertama saat dihubungi, gue langsung bilang iya. Karena gue suka banget menyanyikan lagu di era lama. Gue berpikir mungkin nggak ya bawain lagu ini? Karena vibenya beda banget. Tapi gue percaya 100 persen ke Mondo (rekan Andien) menjadikan ini lagu gue," tutup Andien.

Jangan Lupa Baca Yang Ini

Diminta Nyanyikan Ulang Lagu Lawas, Andien: Gue Langsung Bilang Iya

Dimeriahkan Oleh Armand Maulana - Andien, Konser '7 Ruang Chrisye untuk Kemanusiaan' Berhasil Kumpulkan Donasi Rp900 juta

Rilis 'Selamat Jalan Kekasihku' Karya Elfa Secioria, Andien: Ini Adalah Lagu Warisan

Tak Bisa Mudik Lebaran, Andien: Kerinduan Itu Menjaga Hubungan Kita

Andien, Barasuara hingga Ikang Fawzi Tampil di Konser untuk Apresiasi Relawan COVID-19

(kpl/far/nda)