AMI Awards 2023 Siap Digelar, Hadirkan 4858 Lagu Dan Enam Kategori Baru

Diterbitkan:

AMI Awards 2023 Siap Digelar, Hadirkan 4858 Lagu Dan Enam Kategori Baru
Ami Awards 2023: Istimewa

Kapanlagi.com - Ajang penganugerahan AMI Awards 2023 yang hingga saat ini sudah masuk ke-26 tahun bakal kembali digelar. Pendaftarannya sendiri rupanya sudah dibuka secara online pada 15 Mei 2023 lalu dan ditutup pada 08 Juli 2023.

Ada sebanyak 4858 lagu yang terdaftar tahun ini, berupa Karya Produksi single ataupun album yang dirilis secara komersil dalam periode rilis 1 Juli 2022–30 Juni 2023.

"Peningkatan lebih tinggi menandakan kreativitas musisi luar biasa, musisi keseluruhan terus berkarya," ucap Chandra Darusman yang merupakan Ketua Umum AMI Award 2023 di Plaza Senayan Jakarta Selatan, Kamis (21/9/2023).

Pada AMI tahun ini ada sebanyak 62 kategori, yang kesemuanya setelah melalui sidang kategorisasi AMI yang berlangsung di tanggal 18 Juli–3 Agustus 2023 yang dilakukan secara offline dan online.

Dari ke-62 kategori itu ada penambahan dan penyempurnaan di 6 kategori baru yakni Artis Solo Pria/Wanita/Grup/Kolaborasi Koplo Terbaik, Artis Solo Pria/Wanita/Grup/Kolaborasi Melayu Terbaik, Karya Orkestral Terbaik, Album Film Scoring Terbaik, Album Musikal Terbaik, Album Alternatif Terbaik

"Setiap tahun ada bibit baru ada bakat baru musisi luar biasa yang membuat kita semangat lagi. Kita bersyukur Indonesia punya bakat luar biasa," kata Chandra.

1. Semakin Berkualitas

Menurut Direktur Perfilman, Musik, dan Media, Kemendikbudristek, Ahmad Mahendra, perjalanan para musisi di blantika musik nasional penuh dengan beragam nilai seperti norma, ritual, sosial, budaya, hukum, maupun teknologi.

Nilai-nilai tersebut dikatakan Mahendra selalu mempengaruhi industri musik nasional sehingga semakin berkembang dan mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman.

"Karya dan industri musik nasional semakin berkualitas untuk dinikmati oleh masyarakat. Semua ini berkat semangat dan cita-cita para musisi Indonesia yang tidak berhenti melahirkan ide-ide berkualitas," jelas Mahendra.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Terus Didukung

Maka itu, kreativitas para musisi nasional perlu terus didukung sebagai bentuk pemajuan kebudayaan. Selain itu, ia juga menekankan pentingnya menyebarluaskan karya musik ciptaan anak bangsa.

"AMI Awards sebagai ajang festival tahunan merupakan perhelatan yang tepat untuk menghargai ekspresi seni budaya para musisi Indonesia. Mereka tidak pernah berhenti berkreasi meskipun menghadapi berbagai rintangan," tutup Mahendra.

Untuk malam penganugerahan AMI Awards 2023 sendiri rencananya akan dihelat pada 8 November 2023 di Jiexpo Kemayoran, Jakarta Pusat.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending