7 Musisi Beken Indonesia dan Dunia Yang Dulunya Seorang Pengamen

Rabu, 02 September 2015 06:31  | 

Justin Bieber



Musisi yang dulunya pengamen © istimewa

Kapanlagi.com - Kesuksesan karir memang tak bisa didapatkan dengan cara yang instan. Hal itu pula yang dirasakan oleh deretan musisi ini. Sebelum memiliki popularitas seperti sekarang, mereka hanyalah seorang pengamen jalanan.

Sekarang, deretan musisi ini sudah bisa disebut sebagai salah satu penyanyi paling beken di industri musik. Siapa saja sih mereka? Langsung intip di sini yuk KLovers.

Sudah Baca Yang Ini?

5 Bintang K-Pop Yang 'Pas' Tampil Bareng Bon Jovi

6 Lagu Paling Gaul Era 2000an Yang Saat Ini Sudah Dilupakan

5 Musisi Dunia Yang Mati Tragis Karena Ditembak

6 Artis Cewek Yang Juga Berprofesi Sebagai Seorang DJ

10 Disc Jockey Dengan Pendapatan Terbesar di Dunia

(kpl/abl)

1. Iwan Fals

Kesuksesan yang diraih oleh Iwan Fals bukanlah sebuah hasil yang instan. Banyak perjuangan yang dilakukan oleh pelantun lagu Galang Rambu Anarki tersebut hingga dikenal seperti sekarang.

Sejak usia 13 tahun, Iwan Fals sudah akrab dengan kerasnya jalanan saat masih sering mengamen di daerah Bandung. Hal inilah yang membuat mentalnya terasah dengan kuat hingga bisa bertahan sampai sekarang.

Bukan hanya itu saja, konser-konser Iwan Fals juga kerap dibatalkan pada masa pemerintahan orde baru. Liriknya yang frontal dianggap terlalu berbahaya untuk pemerintah.

2. Mbah Surip

Mbah Surip sempat menjadi salah satu sosok fenomenal di dunia musik tanah air. Imej reggae yang dibawakannya terbukti sukses mencuri perhatian kalangan penikmat musik.

Sebelum booming lewat lagu Tak Gendong, musisi dengan nama Urip Ariyanto ini ternyata harus berjuang keras di jalanan dengan menjadi seorang pengamen. Mbah Surip sering kali mangkal di Blok M, Jakarta Selatan bahkan hingga tidur di emperan toko.

Sayangnya, Mbah Surip tak bisa terlalu lama menikmati kesuksesannya. Penyanyi yang lekat dengan rambut gimbalnya ini meninggal di tahun 2009 silam.

3. Aris Idol

Ajang pencarian bakat kerap kali memunculkan para musisi keren baru yang siap bersaing di industri musik tanah air. Salah satu penyanyi yang tentu masih diingat hingga saat ini adalah Aris Idol.

Aksinya saat mengikuti Indonesian Idol membuat namanya sukses menjadi perbincangan hangat saat itu. Sebelum popularitas itu datang, cowok dengan nama lengkap Januarisman Runtuwene ini ternyata seorang pengamen KRL Jabotabek.

Saat ini, Aris masih terus eksis di industri musik Indonesia meski sudah tak sebeken dulu. Musisi yang identik dengan gitarnya ini merupakan frontman dari band Nirwana.

4. Klantink

Satu lagi nama yang muncul dari sebuah ajang pencarian bakat adalah Klantink. Grup yang digawangi oleh Wawan cs ini membuat banyak orang harus geleng-geleng kepala saat tampil kontes IMB.

Sebelum sering muncul di televisi, Klantink adalah sekumpulan para pengamen yang sering mencari rezeki di Terminal Joyoboyo, Surabaya. Saat ini, mereka masih terus eksis di dunia musik dengan manggung di berbagai acara off air.

5. Sandhy Sondoro

Hampir sama dengan keempat musisi sebelumnya, Sandhy Sondoro juga mengawali karir dari jalanan. Bedanya, pelantun lagu Tak Pernah Padam ini bermain dari cafe hingga taman-taman kota di Berlin.

Hingga akhirnya, Sandhy mulai dikenal oleh beberapa produser musik kondang seperti Max Here, Herbert Gronemenger dan Wayne Martin. Hal itulah yang menjadi titik balik dari karir bermusiknya.

Sandhy Sondoro juga pernah mengikuti Contest of Young Pop Singers NEW WAVE 2009 yang digelar di Latvia demi menggapai mimpinya untuk menjadi seorang musisi. Saat ini, karya-karyanya yang luar biasa sudah mampu menembus pasar internasional.

 

6. Ed Sheeran

Dari dunia musik internasional, Ed Sheeran adalah salah satu penyanyi yang ternyata pernah menjadi pengamen. Bahkan, pelantun lagu Thinking Out Loud ini dulunya juga seorang gelandangan.

Sebelum sukses seperti sekarang, Ed Sheeran pernah tidur di depan Istana Buckingham. Di tempat itu pula dirinya menulis lagu Homeless.

Saat ini, Ed Sheeran sudah menjadi salah satu penyanyi kelas dunia yang karyanya selalu dinantikan oleh para pecinta musik internasional. Nggak nyangka ya kalau ternyata penyanyi bertato ini dulunya sempat tinggal di jalanan.

7. Justin Bieber

Tak banyak yang tahu jika Justin Bieber dulunya juga pernah menjadi seorang pengamen. Pelantun lagu Baby ini memang dilahirkan di Stratford, Ontario di mana tak banyak fasilitas untuk berkembang saat itu.

Justin Bieber pun sampai harus rela untuk pergi ke kota yang lebih besar saat ada sebuah festival yang digelar demi mendapatkan uang. Saat ini, mantan Selena Gomez itu sudah menjadi salah satu penyanyi dunia paling beken di jagad hiburan internasional.

(kpl/abl)