5 Musisi Yang Pernah Meraih Piala Oscar!

Rabu, 30 April 2014 11:21  | 

Bruce Springsteen



Jared Leto ©facebook.com/JaredLeto

Kapanlagi.com - Musisi dapat Oscar? Bukannya ini adalah penghargaan untuk orang-orang yang bergelut di industri perfilman Hollywood? Yup, eksistensi para musisi ternyata bisa berprestasi di dunia film.

Tentunya, apresiasi yang diraih tidak jauh-jauh dari karya yang mereka ciptakan di bidang musik. Apalagi jika bukan menciptakan musik untuk menghiasi sebuah film agar jadi semakin mengena. Ada juga yang mendapatkan Oscar karena lagunya jadi soundtrack terbaik.

Tapi mungkin, yang paling fenomenal adalah musisi yang mendapatkan The Best Actor in Supporting Role. Nah, penasaran siapa dia? Yuk Simak di sini. (kpl/trn)

1. The Beatles

The Beatles telah meraih 8 Grammy di sepanjang karirnya, tapi pernahkah kalian tahu jika The Beatles juga pernah mendapat penghargaan Oscar? Yup, pada tahun 1970, John Lennon, Paul McCartney, George Harrison dan Ringo Star berhasil mengawinkan piala Oscar dan Grammy.

Uniknya lagi, penghargaan itu diberikan setelah The Beatles mengumumkan pembubaran dirinya. Di Oscar, The Beatles mendapat nominasi sebagai Best Original Song Score untuk soundtrack di film dokumenter Let It Be. Karna telah bubar, para personel The Beatles pun tidak menghadiri event Oscar untuk menerima penghargaan tersebut.

2. Trent Reznor

Pentolan band Industrial, Nine Inch Nails, ternyata cukup dikenal di industri perfilman Hollywood. Trent yang selalu gahar di atas panggung itu bisa menata musik secara epik dan megah.

Salah satu polesan musiknya terdapat di film The Social Network. Lewat film tentang terbentuknya social media Facebook itu pula, Trent dan kolaboratornya yang bernama Atticus Ross sukses membawa pulang Oscar untuk nominasi Best Original Score.

3. The Swell Season

Duo folk The Swell Season yang diusung oleh Glen Hansard dan Marketa Irglova adalah pengisi Soundtrack untuk film romance Once. Dan, lagu Falling Slowly yang mengiringi jalan cerita film tersebut sukses jadi lagu cinta favorit semua orang.

Tidak heran, pada tahun 2007 The Swell Season langsung mendapatkan penghargaan Oscar untuk The Best Original Song. Selain itu, duo ini juga menjadi nominator di Grammy. Sayangnya, saat itu gagal pulang membawa piala karena kalah dari The Beatles.

4. Bruce Springsteen

Philadelphia, salah satu film terbaik sepanjang masa berhasil jadi kendaraan bagi Bruce Springsteen mendapatkan piala Oscar. Lagu berjudul Street of Philadelphia sukses meyakinkan bahwa lagu ini adalah soundtrack film terbaik pada tahun 1993.

Selain Bruce, Tom Hanks yang jadi pemeran utama dalam film tersebut ikut membawa pulang satu piala Oscar. Tom diapresiasi sebagai aktor terbaik pada saat itu.

5. Jared Leto

Jared Leto memang hidup konsisten di dua dunia. Dan, ia mampu menorehkan yang terbaik, baik di musik dan film. Jared sendiri bukan orang kemarin sore di industri perfilman Hollywood. Vokalis 30 Seconds To Mars itu selalu jadi casting pilhan utama untuk film-film yang dipuja para kritikus film, contohnya Fight Club, Girl, Interrupted, American Psycho, Requiem for a Dream, Mr. Nobody dan yang terakhir adalah Dallas Buyers Club.

Totalitas di film Dallas Buyers Club mengantarkan Jared jadi sosok fenomenal. Ia adalah musisi pertama yang memenangi salah satu enam kategori bergengsi di Oscar, Best Actor in Supporting Role.

Sudah baca?

5 Video Penampakan Hantu Seram di Luar Negeri!

5 Tantangan Terbesar Agnez Mo Untuk Go International!

6 Diva Ini Punya Permintaan Aneh Untuk Konsernya!

8 Perubahan Drastis, Inilah One Direction Dulu dan Kini!

5 Alasan Kenapa 5 Seconds Of Summer Layak Dicintai!

(kpl/trn)