10 Setting Panggung Termahal Sepanjang Sejarah Musik

Rabu, 23 Juli 2014 19:01  | 

ACDC



Ilustrasi


Kapanlagi.com - Sebuah pengalaman yang menyenangkan ketika melihat sebuah konser dengan sajian tata panggung yang benar-benar menakjubkan. Momen yang tak bisa dilupakan dan selalu menjadi kenangan tersendiri dan cerita hingga tua nanti.

Musisi ini tak hanya menampilkan musik, namun juga keindahan visual lewat tata panggung yang luar biasa. Mereka memberikan sebuah pengalaman serta kemanjaan bagi para penggemarnya agar bisa menikmati rasa lain dalam menikmati konser.

Berikut musisi yang memiliki tata panggung memukau sepanjang masa.

(kpl/faj)

1. ACDC

Gitaris nyentrik, Angus Young memang menjadi ikon dalam band ini. Gayanya saat tampil bermain gitar sangatlah kas di mana dia memakai celana pendek dipadu padankan dengan jas.

ACDC sukses membuat pecah penontoin untuk larut dalam kegembiraan saat menggelar konser Black Ice tour. Dalam konser tersebut terdapat patung raksasa Angus Young yang muncul di tengah panggung.

Banyak gimmick yang ditawarkan di konser ini yang akan membuat kamu iri untuk bisa hadir di sana. Lihat saja euforia dari para penonton yang begitu antusias mengangkat tangan ke atas sembari bernyanyi. Konser ini begitu luar biasa.

2. Iron Maiden

Di antara band metal, Iron Maiden terbilang sangat unik adalah hal tata panggung. Tak ada set panggung minimalis yang menampilkan instrumen saja, Irin Maiden memberikan lebih dari yang metalhead minta.

Set panggung ini menjadi perhatian tersendiri bagi Iron Maiden. Ini menjadi semacam repuitasi tersendiri bagi  mereka dan terus ditampilkan setiap saat. Menurutnya dengan konsep seperti ini maka orang akan penasaran dan datang ke konser.

Rasanya hanya Iron Maiden yang bisa tampil senyentrik ini. Mereka selalu meminta panggung yang besar dan luas pasalnya semua personel sangat enerjik berlari ke sana kemari meski sudah berumur. Iron Maiden membuktikan bahwa metal bisa menjadi sebuah pertunjukan yang menyenangkan.

3. Roger Waters

Sebuah konser yang selalu dibicarakan oleh setiap orang dan menjadi bagian dari sejarah musik dunia. Roger Waters memberikan sebuah pertunjukan yang benar-benar spekatakuler.

Dari pembukaan saja sudah mengundang decak kagum dengan pertunjukan kembang api yang menandai konser telah dimulai. Berbagai kejutan lainnya terus bermunculan selama set penampilannya.

Tak ada rasa bosan, karena konser ini diset seperti teater digiring dalam jalinan cerita yang dibuat. Benar-benar sebuah konser yang klimaks.



4. Coldplay

Hal apa yang kalian ingat dalam menonton sebuah konser? Pastinya desain panggung dan penampilan dari musisinya. Jika hal tersebut dipenuhi maka konser ini akan menjadi sebuah legenda dan terus dibicarakan oleh penggemarnya.

Coldplay pun memenuhi kewajiban keduanya dengan sebuah set panggung yang benar-benar keren. Dengan konsep warna-warni, panggung terlihat lebih semarak dan menaikkan adrenalin penonton.

Chris Martin dan kawan-kawan banyak menampilkan kejutan pada konser ini. Hal ini menjadi gimmick tersendiri dan pastinya akan selalu diperbincangkan setiap saat dan kapanpun. Coldplay memberikan yang terbaik untuk penggemarnya.

5. U2

Rasanya julukan sebagai band termahal pantas disandang oleh U2. Pasalnya mereka memberikan sebuah penampilan dengan setting panggung yang luar biasa.

Meski harus merogoh kocek dalam, namun semuanya sebanding dengan apa yang didapat oleh penonton. Konser termegahnya adalah Elevation Tour yang digelar pada 2001 lalu di mana dia memboyong LED screen serta tata cahaya yang keren.

Dengan desain panggung membundar yang berada di tengah penonton, U2 pun leluasa menggelar penampilannya. Semua penonton pun bisa melihat U2 dari berbagai sisi.

6. The Rolling Stones

Tua bukan berarti memudar, The Rolling Stones membuktikan bahwa mereka juga tak kalah dengan musisi muda untuk urusan panggung.

Band paling tua dan termahal ini membuat sebuah konser yang menjadi bagian dari sejarah. Menandai 50 tahun berkarya, The Rolling Stones pastinya enggan membuat sesuatu yang biasa. Mereka pun mengusung konsep yang  bagus dengan mengundang marching band sebagai pembuka yang keluar dari barisan penonton.

Desain panggung pun didesain sangat menarik menampilkan logo lidah menjulur khas The Rolling Stones. Para personel pun keluar dari sana diikuti teriakan histeris penonton. The Rolling Stones menunjukkan bahwa taring mereka masih menggigit.

7. Lady Gaga

Lady Gaga adalah entertainer sejati dengan ide panggungnya yang selalu gila dan aneh. Konsep yang berubah-ubah di setiap penampilannya, memastikan bahwa setiap saat acaranya intens direncanakan, berlatih, disinkronkan, dan disempurnakan.

Gaga selalu menggila baik di panggung kecil ataupun besar dan membuat penonton gempar. Konsep teatrikal inilah yang membuat penonton mengelu-elukannya.

Selain menuai pujian, Gaga terkadang juga menuai hujatan karena konsep livenya yang kontroversial. Meski sering dihujat tak membuat Gaga patah semangat dan terus melaju dengan tema konser yang luar biasa.

8. Rob Zombie

Penampilan Rob Zombie selalu unik dengan setting panggung yang keren. Rob memadukan musik dan aksi teatrikal yang memanjakan visual mata.

Pada salah satu penampilannya, Rob mengusung LED Screen di atas panggung. layar tersebut menampilkan cuplikan dari film horor buatannya. seuah sajian yang komplek dan sukses membakar adrenalin penonton.

Sayangnya Rob saat ini jarang tampil dengan set panggung yang 'mengerikan'. Padahal penampilan seperti inilah yang dirindukan oleh setiap penggemarnya.

9. Take That

Sebuah kepuasan tersendiri menyaksikan sebuah pertunjukan musik bagus dan ditambahi dengan tata panggung yang menakjubkan. Pastinya enggan beranjak dari venue dan berharap konser itu diulang kembali.

Perasaan ini pastinya dirasakan oleh fans Take That saat menggelar konser di Inggris. Mereka memberikan persembahan yang tak terlupakan dengan sebuah robot yang berada di tengah panggung.

Robot itu bukan hanya pajangan, namun bisa bergerak. Penonton seakan dibuat terperangah melihat pembukaan konser itu. Ini merupakan konser bersejarah bagi seluruh fans Take That yang pastinya tak akan melupakannya.

10. Rammstein

Pengusung industrial goth rock asal Jerman, Rammstein selalu menyuguhkan aksi teatrikal di setiap penampilannya. Set panggungnya selalu menakjubkan dan memiliki konsep berbeda di setiap livenya. Penyanyi mana yang memasang treadmil pada keyboardistnya, belum lagi flame thrower yang mereka gunakan yang membuat konser menjadi menggeila.

Rammstein adalah sajian kompleks dan patut ditonton bagi para penggila konser. Anda akan dibuat berdecak kagum bagaimana mereka mengubah sebuah pertunjukan musik menjadi menarik dan tidak membosankan.

(kpl/faj)