10 Rekomendasi Video Anak-anak yang Bagus untuk Merangsang Perkembangan Otak

Penulis: Hesi Arny Erawati

Diperbarui: Diterbitkan:

10 Rekomendasi Video Anak-anak yang Bagus untuk Merangsang Perkembangan Otak
Rekomendasi Video Anak-anak (YouTube/GNP Music/Super Simple Songs)

Kapanlagi.com - Musik menjadi salah satu seni yang tak terpisahkan dari kehidupan manusia. Cabang seni yang membahas tentang suara ini sangat diminati berbagai kalangan masyarakat di dunia. Kini, beragam genre musik pun semakin berkembang dan punya karakteristik tersendiri.

Siapa sangka mendengarkan musik memiliki beragam manfaat. Tak hanya untuk remaja dan orang dewasa saja, tetapi anak-anak juga bisa merasakan manfaatnya. Melalui media musik, kecerdasan anak akan terbentuk dan mengalami peningkatan.

Melansir dari songsforteaching.net, sebuah studi besar di Jerman membuktikan keunggulan pelatihan musik. Hasil studi tersebut yaitu keterampilan kognitif dan non-kognitif seseorang dapat dua kali lipat meningkat melalui pelatihan musik dibandingkan dengan olahraga, teater, atau tarian.

Maka, kalau anak-anak di PAUD atau Taman Kanak-Kanak sering belajar sambil bernyanyi, hal ini pun juga bisa diterapkan sang ibu di rumah. Berikut ini terdapat rekomendasi video anak yang bagus untuk tumbuh kembang otak buah hati.

Ada apa saja video anak-anak tersebut? Yuk simak informasinya di bawah ini, yang telah dirangkum dari berbagai sumber, pada Rabu (10/1/2024).

1. Anak Gembala

Video musik asal Indonesia yang dipopulerkan Tasya Kamila ini tentulah tidak asing didengar. Lagu ’Anak Gembala’ diciptakan oleh Pak AT Mahmud. Dari lagu ini, anak-anak akan mengetahui aktivitas seorang pengembala.

Selain itu, ada nilai-nilai tentang keceriaan melakukan pekerjaan, pantang menyerah dan jangan malas. Lagu ’Anak Gembala’ telah tayang di kanal YouTube TasyaVEVO sejak 2011 dan telah ditonton sebanyak 77,2 juta kali.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Bangun Tidur

Kemudian ada lagu asal Indonesia berjudul ‘Bangun Tidur.’ Lirik lagu yang diulang-ulang ini terkesan mudah dihafal oleh anak-anak.

Melalui lagu ’Bangun Tidur,’ anak-anak bisa mempelajari aktivitas apa saja yang dilakukan setelah bangun tidur.

Misalnya aktivitas mandi, menggosok gigi, dan merapikan tempat tidur. Lagu ini tayang di kanal YouTube Lagu Kita pada 2016 dan meraih viewers sebanyak 12,1 juta.

3. Tek Kotek (Anak Ayam)

Selanjutnya, masih lagu asal Indonesia, yakni ‘Tek Kotek (Anak Ayam).’ Lagu ini rilis pada 2013 di kanal YouTube GNP Music. Lagu yang fenomenal ini sukses dengan jumlah penonton YouTube sebanyak 262,9 juta.

Lagu ’Tek Kotek (Anak Ayam)’ mengajarkan anak untuk berhitung sambil bernyanyi. Anak-anak akan belajar menghitung anak ayam, mulai dari sepuluh anak ayam hingga satu anak ayam.

4. Kepala Pundak Lutut Kaki

Berikutnya yaitu lagu ’Kepala Pundak Lutut Kaki’ yang tayang di kanal YouTube GNP Music. Lagu ini mengajak anak untuk mengenal anggota tubuh dengan cara yang menyenangkan. Beberapa anggota tubuh tersebut yaitu kepala, pundak, lutut, kaki, hidung dan pipi.

Selain bernyanyi, anak-anak diarahkan untuk menunjuk anggota tubuh yang dimaksud dan ada gerakannya. Lagu ini telah meraih viewers sebanyak 155,8 juta di YouTube.

5. Dua Mata Saya

Lagu anak-anak berjudul ’Dua Mata Saya’ juga tak lepas dari ingatan. Lagu ini mengajarkan anak untuk mengenal anggota tubuh dan fungsinya. Contohnya, mulut untuk makan dan kaki untuk pakai sepatu.

Pada lagu ini juga terdapat gerakannya sehingga anak mudah memahami dan tidak bosan. Lagu ’Dua Mata Saya’ yang dirilis GNP Music pada 2013 berhasil ditonton pengguna YouTube sebanyak 78,8 juta kali.

6. Fruit Song

Rekomendasi berikutnya yaitu lagu bahasa Inggris berjudul ‘Fruit Song.’ Lagu ini memperkenalkan nama-nama buah dalam bahasa Inggris. Tidak hanya itu, diajarkan pula warna-warna pada buah tersebut.

Buah-buahan dalam lagu ini ada apel, pir, pisang dan stroberi. Lagu ini telah tayang di kanal YouTube The Singing Walrus pada 2015 dan sudah ditonton sebanyak 20,2 juta kali.

7. Seven Days

Lagu ‘Seven Days’ membawa anak untuk belajar nama-nama hari dalam bahasa Inggris. Anak akan terhibur saat menonton lagu ini karena banyak karakter lucu yang tidak membuat bosan anak.

Musik di lagu ini pun bernuansa ceria dan menyenangkan. Lagu ‘Seven Days’ yang dirilis oleh PinkFong Baby Shark pada 2018 ini telah ditonton sebanyak 3,8 juta kali di YouTube.

8. Musical Instruments

Musical Instruments menjadi sebuah lagu yang berisi alat-alat musik. Menonton video lagu ini, anak-anak mendapat pembelajaran tentang nama-nama alat musik, seperti gitar, piano, violin, dan yang lainnya.

Anak-anak akan tertarik menonton lagu ini karena terdapat beragam hewan yang memainkan alat musik tersebut. Lagu ‘Musical Instruments' telah rilis pada 2018 di kanal YouTube Cocomelon dan telah diputar sebanyak 742,9 juta kali.

9. Roly Poly

Lagu ‘Roly Poly’ yang sudah tayang di kanal YouTube MGC Playhouse sejak 2014. Pada lagu ini anak-anak akan dikenalkan petunjuk arah seperti ke atas, ke bawah, dan ke kanan.

Lagu ini disertai dengan karakter hewan yang lucu sehingga anak merasa terhibur. Video lagu ‘Roly Poly’ telah ditonton pengguna YouTube sebanyak 17,8 juta kali.

10. If You’re Happy

Terakhir ada lagu yang sudah familiar di dengar, yaitu lagu ‘If You’re Happy.’ Lagu yang penuh karakter imut ini mengajarkan anak untuk mengenal perasaan senang, sedih, dan lelah.

Lagu ini begitu ceria karena diiringi tepukan dan gerakan lainnya. Telah rilis pada 2013, lagu produksi Super Simple Songs ini telah ditonton pengguna YouTube sebanyak 1 miliar kali.

11. Bagaimana Agar Otak Bayi Cerdas?

Berikut ini adalah beberapa cara agar otak bayi bisa menjadi cerdas. Pertama, sejak bayi berada dalam kandungan, ajaklah ia untuk berbicara. Kedua, sang ibu bisa mendengarkan musik dan menikmati musiknya. Ketiga, mengonsumsi asupan nutrisi yang seimbang.

12. Apakah Mendengarkan Musik Bisa Mencerdaskan Otak?

Musik bisa menumbuhkan kecerdasan dan meningkatkan memori anak. Hal ini terjadi karena sel-sel otak anak lebih aktif bekerja saat mendengarkan musik.

13. Musik Pengantar Tidur Bayi Namanya Apa?

Aktivitas ibu saat bernyanyi pengantar tidur untuk sang buah hati disebut Nursery Rhymes. Ketika ibu bernyanyi seperti lagu nina bobo, sang anak akan merasa tenang dan mengantuk. Hal itu disebabkan oleh terdapatnya bagian otak anak yang akan memengaruhi respon emosional terhadap musik.

14. Mengapa Musik Klasik dapat Merangsang Otak Bayi?

Efek tenang pada musik klasik dapat merelaksasi otak bayi. Hal itu karena peranan hormon endorfin pada tubuh bayi sehingga kesehatan mental bayi pun juga meningkat.

15. Apa Itu Regresi Tidur Bayi?

Sleep regression atau regresi tidur, merupakan tahap perkembangan yang normal yang banyak dialami oleh bayi dan balita. Pada tahap ini, anak-anak mengalami perubahan pola tidur yang membuat mereka sulit tidur dan sering terbangun di malam hari.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(kpl/hae)

Rekomendasi
Trending