NOAH: 'SEPERTI SEHARUSNYA', Megah dan Cantik!

Senin, 24 September 2012 13:10 | 

Ariel NOAH

NOAH: 'SEPERTI SEHARUSNYA', Megah dan Cantik!
NOAH - SEPERTI SEHARUSNYA




KapanLagi.com - Harapan publik musik Indonesia pada kebangkitan NOAH sangat besar. Ariel, Uki, Lukman, Reza dan David diharapkan mampu mengubah langkah industri musik Indonesia ke arah yang lebih baik. Harapan besar itu langsung dibebankan pada album terbaru NOAH, SEPERTI SEHARUSNYA.

Ariel dan kawan-kawan tampaknya tahu apa yang harus mereka lakukan. Single Separuh Aku mereka pilih untuk menjajal respon pasar. Hasilnya? Tidak butuh waktu lama, lagu itu sudah sangat akrab di telinga penggemar musik Indonesia. Hebatnya, lagu itu bukan ciptaan Ariel, melainkan David dan Ihsan. David adalah personel terbaru NOAH, sedangkan Ihsan merupakan additional bass NOAH dalam dua tahun terakhir. Ini membuktikan NOAH makin terasah dan tidak bergantung pada satu sosok.

Kembali ke single Separuh Aku, secara musik NOAH patut berbangga. Mereka tetap mampu menjaga namanya sebagai pencipta hits besar. Selain memiliki arransemen musik yang berkualitas, kerja sama David dan Ihsan juga menyuguhkan lirik yang bagus. Gambling NOAH untuk merilis single pertama ciptaan personel selain Ariel pun terbayarkan.

Album SEPERTI SEHARUSNYA dibuka oleh lagu Raja Negeriku. Kesan kemegahan begitu menonjol pada album ini. Permainan keyboard dan sound gitar di lagu ini langsung mengingatkan pada karya-karya band macam Angels And Airwaves atau Coldplay. Lagu ini konon menyertakan 200 narapidana di Kebon Waru, tempat Ariel mendekam. Uniknya lagi, lagu ini juga menampilkan suara pidato Presiden Soekarno, salah satu tokoh idola Ariel.

Suara gamelan bakal menyambut di lagu kedua, Jika Engkau. Sangat jauh dari kesan NOAH atau Peterpan di intro tersebut. Nuansa berbeda baru didapat begitu suara drum, gitar dan vokal masuk. Uniknya, banyak orang sempat terkecoh mengira lagu ini adalah milik D Masiv sebelum mendengarkan lagu ini secara cermat.

NOAH menempatkan single Separuh Aku di track ketiga, disusul dengan Hidup Untukmu, Mati Tanpamu. Arransemen musik lagu ini sangat memanjakan telinga. Namun bagi penggemar setia Petepan atau NOAH, lagu ini bakal terasa janggal, terutama pada lirik. Ya, lirik lagu ini memang diciptakan oleh Ryan D Masiv. Lirik lagu sedih dan putus asa karena cinta bukanlah ciri khas Ariel dan kawan-kawan.

"Tak pernah ku mengerti aku segila ini. Aku hidup untukmu, aku mati tanpamu. Tak pernah ku sadari aku sebodoh ini
Aku hidup untukmu, aku mati tanpamu," bunyi lirik Hidup Untukmu, Mati Tanpamu.

Paduan ketukan drum, petikan gitar, keyboard dan suara Ariel di lagu terbungkus indah di lagu Ini Cinta. Lagu yang sangat menenangkan dan sedikit mengajak pendengarnya untuk melamun atau bahkan melayang.

Lagu berikutnya, Terbangun Sendiri sebenarnya disiapkan oleh Uki untuk proyek sampingannya, Astoria. Seperti yang dijelaskan di buku KISAH LAINNYA, Uki sempat meminta masukan pada Ariel untuk kesempurnaan lagu ini. Namun Ariel justru berpendapat Terbangun Sendiri lebih pantas dimasukkan pada komposisi album NOAH. Setelah mendengar lagu tersebut, bisa dipahami memang mengapa Ariel berkeputusan demikian. Suara Ariel tampak sangat cocok mengisi lagu ini.

Ariel dan kawan-kawan tampaknya ketagihan memasukkan single cover dari Chrisye. Bila dulu mereka membawakan Kisah Cintaku, kali ini giliran Sendiri Lagi. Arransemen yang dibawakan sebenarnya tidak terlalu jauh berbeda dengan Kisah Cintaku, suara Ariel pun tampak sangat berkuasa di single ini. Bila Anda merindukan nuansa lagu-lagu lama Peterpan, lagu ini adalah jawabannya.

Lagu berirama lebih kencang tersaji di lagu kedelapan, Demi Kita. Masih tentang cinta, arransemen yang ditawarkan NOAH sangat baik di lagu ini, terutama pada bagian reff. Track berikutnya adalah Tak Lagi Sama, lagu yang easy listening dengan lirik yang sangat berirama.

SEPERTI SEHARUSNYA ditutup oleh single berjudul Puisi Adinda. Lagu ini seperti sebuah kanvas bagi David untuk berunjuk kebolehan. Permainan gitar di lagu ini juga sangat bagus. Walau hanya berdurasi 2 menit, 34 detik dan berisi dua bait, namun Puisi Adinda mampu menutup album ini dengan sangat cantik.

Diharapkan album ini dapat mengobati kerinduan para Sahabat NOAH yang telah lama menanti karya Ariel dan kawan-kawan. Nah, dari sepuluh track di album SEPERTI SEHARUSNYA, single mana yang jadi favoritmu?

Album SEPERTI SEHARUSNYA sudah mulai dijual di Kentucky Fried Chicken terdekat di kota Anda. Dukung musisi tanah air dengan membeli produk aslinya :)

Track list SEPERTI SEHARUSNYA:
1. Raja Negeriku
2. Jika Engkau
3. Separuh Aku
4. Hidup Untukmu, Mati Tanpamu
5. Ini Cinta
6. Terbangun Sendiri
7. Sendiri Lagi
8. Demi Kita
9. Tak Lagi Sama
10. Puisi Adinda

 

 

(kpl/adb)



Lihat Arsip Musik

- - -