Urus Pembajakan, Ex Peserta American Idol Ini Datang ke Indonesia

Penulis: Natanael Sepaya

Diterbitkan:

Urus Pembajakan, Ex Peserta American Idol Ini Datang ke Indonesia Joshua Ledet © KapanLagi.com
Kapanlagi.com - Setelah film, kali ini giliran kasus pembajakan musik secara ilegal yang sedang diusut para musisi baik Tanah Air maupun luar Negeri. Yap, salah satunya adalah mantan jawara tiga American Idol Season 11, Joshua Ledet, yang sampai datang ke Indonesia untuk membicarakan hal tersebut.


"Ini kedua kalinya aku ke Indonesia, aku tidak bepergian jauh belakangan ini, namun untuk datang kemari dan membicarakan tentang pemblokiran situs download, aku merasa sangat senang dapat berkontribusi. Ya mungkin saja di luar sana hal tersebut terjadi (karyanya dibajak) karena aku sendiri tidak bisa menghentikannya. Dan itulah mengapa kita berada di sini untuk membicarakannya," ujar Joshua Ledet saat ditemui di acara Gerakan Penutupan 22 Situs Musik Ilegal di Kementrian Kominfo, Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (23/11).


Joshua sendiri tidak memungkiri kalau tindak-tanduk ilegal seperti itu pernah ia alami sendiri. Walau begitu, hal tersebut tak lantas membuat Joshua patah semangat dalam bermusik.


Sebagai penyanyi, Joshua Ledet juga cukup direpotkan dengan masalah pembajakan © KapanLagi.com/Bayu HerdiantoSebagai penyanyi, Joshua Ledet juga cukup direpotkan dengan masalah pembajakan © KapanLagi.com/Bayu Herdianto


"Ya, waktu itu pernah ada seorang pria yang menjual musikku dalam bentuk CD, dia membuatnya secara offline, mengunduh dari youtube lalu menjualnya dengan CD dan dia menawarkan CD tersebut langsung kepadaku. Dan itu sangat aneh. Tidak, aku selalu merasa menang dalam hal seperti ini, aku selalu mengeluarkan energi terbaik ku dalam bermusik hal ini dapat membawaku kepada kesuksesan di masa mendatang, jadi aku merasa diriku selalu menang melawan hal seperti ini," lanjutnya.


Nah, rupanya masalah pembajakan karya musik pun bukan cuma menjadi masalah di Indonesia saja KLovers. Selain pengalamannya sendiri, ada banyak jenis pembajakan karya musik yang masih berjalan sampai saat ini di Amerika.


"Ya, terjadi banyak sekali pengunduh ilegal di AS. Ini merupakan hal yang salah karena banyak sekali teman-teman di luar sana yang masih belum menyadari bahwa mengunduh secara ilegal dengan kata lain adalah mencuri dari seorang artis. Mereka tidak tahu bahwa seorang artis menuangkan semua jerih payah dan usahanya dalam bermusik lalu mereka mencurinya," jelas Joshua.


"Kami (para artis) juga membutuhkan uang untuk menciptakan musik. Aku pikir orang-orang harus mulai menyadari bahwa mengunduh secara ilegal adalah hal yang salah," pungkasnya.


(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(kpl/pur/ntn)

Reporter:

Mathias Purwanto

Rekomendasi
Trending