Perjalanan Maestro Musik Romansa, Yovie Widianto

Penulis: Nizar Zulmi

Diperbarui: Diterbitkan:

Perjalanan Maestro Musik Romansa, Yovie Widianto
Yovie Widianto
Kapanlagi.com - Yovie Widianto sudah lama malang melintang di dunia musik tanah air. Pria 46 tahun dikenal sebagai komposer dan pencipta lagu romantis yang handal.


Hingga kini, sang maestro tak henti-hentinya berkarya untuk meramaikan industri musik yang didominasi kaum muda. Namanya terkenal sebagai pentolan Kahitna. Ia pun tak ingin ketinggalan zaman dengan membentuk band Yovie & Nuno yang mengusung tema romansa anak muda.


Seperti apa perjalanan panjang Yovie Widianto sejauh ini? Apa saja perubahan yang ia alami dalam bermusik? Kita akan mengupasnya lebih dalam di sini. Ikuti terus ya.


1. Perkenalan Yovie Dengan Musik

Darah seni yang mengalir dalam diri Yovie Widianto berasal dari keluarganya yang sangat mencintai musik. Namun siapa sangka sang ibu ternyata sempat melarang Yovie untuk berprofesi sebagai musisi.

Perkenalannya dengan musik dimulai sejak usia lima tahun. Semenjak itu ia banyak mendengarkan berbagai jenis musik, termasuk jazz yang dikenalkan pamannya, Hasbulloh Ridwan. Beliau lah salah satu orang paling berjasa dalam karir Yovie.

Menginjak SMP Yovie mulai coba-coba memainkan musik jazz. Ia pun membentuk band yang pernah didukung oleh Ruth Sahanaya dan Trie Utami.

Setelah cukup puas dengan musik jazz, ia pun mencoba memperluas referensi bermusiknya dengan mendengarkan musik pop. Dalam hal ini ia banyak terinspirasi oleh David Foster dan Quincy Jones yang mengemas musik pop dengan sangat elegan.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Rintis Berdirinya Kahitna

Yovie Widianto memang lekat dengan Kahitna hingga kini. Grup yang sangat identik dengan tema cinta dan romantis ini berdiri pada 1986 dengan Yovie sebagai pentolannya.

Nama Kahitna sendiri sebenarnya diadaptasi dari bahasa Filipina, yang kemudian dikombinasikan dengan bahasa Sunda. Kahitna sampai kini masih bertahan dengan karya-karya Yovie.

Meski dikenal dengan lagu mellow nan syahdu, sebenarnya Kahitna juga menggarap lagu-lagu fusion, jazz, dan etnik. Hal ini rasanya wajar mengingat background musik jazz yang kental dalam diri Yovie Widianto.

Kahitna muncul dengan debut album bertajuk CERITA CINTA yang rilis pada 1994. Munculnya album ini sekaligus menjadi pertanda lahirnya grup besar yang lagu-lagunya selalu menjadi soundtrack kisah percintaan semua orang.

3. Rilis Album Solo

Sebagai pencipta lagu, Yovie Widianto begitu produktif dalam berkarya. Ia pun memiliki obsesi tersendiri untuk merilis kumpulan karya-karya emasnya dalam beberapa album.

Sejauh ini, ayah dua anak ini telah mencetak empat album solo. Terakhir, Yovie merilis YOVIE AND HIS FRIENDS: IRREPLACEABLE pada 2013 dengan kolaborasinya bersama para penyanyi ternama seperti Raisa, Marcell, Rio Febrian, dan masih banyak lagi.

Karya Yovie memang seperti tak lekang dimakan zaman. Hit seperti Mantan Terindah, Andai Dia Tahu, dan Cantik adalah beberapa yang masih enak didengar sampai kini.

Kepiawaian Yovie Widianto dalam mengolah lirik dan melodi sederhana menjadi kekuatan yang tak terelakkan. Karena kelebihannya ini Yovie Widianto bisa konsisten sejauh ini dengan karya-karya yang tak pernah mati.

4. Awet Muda Dengan Yovie & Nuno

Sosok Yovie yang ramah dan terbuka dengan hal baru membuatnya selalu ingin berkutat dengan hal baru. Sikap inilah yang membuat musiknya selalu diminati dari masa ke masa.

Pada 2001, ia merintis berdirinya Yovie & Nuno yang beranggotakan Dudi, Diat, Yuke, Rere, dan dirinya sendiri. Mereka memulai debut mereka dengan album SEMUA BINTANG di tahun yang sama. Setelah itu banyak perubahan terjadi dalam Yovie & Nuno.

Dari tahun ke tahun selalu ada perombakan yang dilakukan Yovie. Beberapa personel silih berganti mengisi kekosongan yang ditinggalkan personel sebelumnya. Bahkan kebiasaan itu masih berlangsung hingga kini.

Yang paling sering adalah pergantian vokalis. Saat ini Yovie & Nuno diperkuat oleh Yovie, Diat, Dikta, Gerry Herb, dan Windura selaku vokalis baru. Namun di luar pergantian itu Yovie & Nuno selalu memiliki karakter tersendiri dengan lagu Yovie dan warna unik kedua vokalis.

5. Dirikan Label Sendiri

 

Selain mencipta lagu dan bermain musik, Yovie Widianto ingin ikuti naluri bisnisnya dengan mendirikan label dan manajemen artis bernama Yovie Widianto Music Factory (YWMF). Ini merupakan cita-cita lama Yovie yang baru bisa ia wujudkan.

Selain Kahitna dan Yovie & Nuno, YWMF juga menaungi vokal grup muda berbakat 5 Romeo. Kelima pria bersuara emas itu membawakan lagu-lagu Yovie dengan konsep yang unik dan harmonis.

Kini Yovie tengah mempersiapkan launching album baru bersama Yovie & Nuno bertajuk STILL THE ONE yang akan ditanyangkan live di salah satu stasiun televisi swasta 18 Juni besok. Banyak pengisi acara hebat yang akan memeriahkan acara tersebut.

Yovie Widianto memang dikenal cukup lihai dalam melihat potensi baru. Beberapa waktu lalu Yovie merekrut vokalis muda baru untuk bergabung dengan Yovie & Nuno, dan mengaudisi beberapa penyanyi wanita untuk menjadi backing vocal di label barunya tersebut.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(kpl/niz)

Editor:

Nizar Zulmi

Rekomendasi
Trending