One Direction vs NSync, Mana Yang Paling Fenomenal?

Penulis: Trian Sulaiman

Diperbarui: Diterbitkan:

One Direction vs NSync, Mana Yang Paling Fenomenal?
NSync vs One Direction ©stillnsync-fameflynet
Kapanlagi.com - One Direction seakan berada di atas angin beberapa tahun belakangan ini. Mereka menyabet banyak penghargaan di ajang awards bergengsi, seperti di Brits Awards, American Music Awards, dan World Music Awards. Penghargaan itu sejalan dengan penjualan album mereka yang fantastis.


Hampir tidak ada boyband yang bisa menggoyahkan popularitas dan prestasi One Direction saat ini. Dengan ciri khasnya, boyband lulusan X Factor tersebut layak disebut sebagai fenomena baru di industri musik.


Sebelum One Direction melejit seperti sekarang ini, pada era 90-an adalah masa-masa indah untuk boyband bernama NSync. Iya, boyband yang personelnya adalah Justin Timberlake ini dikenal sangat fenomenal pada waktu itu. Album mereka sangat laris manis di pasaran.


Nah, bagaimana kalau One Direction disandingkan dengan NSync. Serunya lagi, kita bisa melakukan perbandingan nih, antara boyband 2010-an dan 90an, kira-kira siapa yang paling fenomenal di antara mereka?

1. Penjualan Album

One Direction baru berusia 4 tahun tapi sudah memiliki 3 album sukses. Sementara NSync, sejak pertama dibentuk pada tahun 1995 sampai akhirnya bubar hanya memiliki 3 album.

Namun, bukan berarti NSync tidak bisa jadi boyband paling fenomenal. Penjualan albumnya sungguh luar biasa. Pada minggu pertama dirilisnya NO STRING ATTACHED, album kedua NSync itu terjual hingga mencapai angka 2 juta keping di Amrik. Dan album ketiganya, CELEBRITY, terjual sebanyak 1,88 juta keping.

One Direction ©fameflynet

Sementara itu, album pertama One Direction, UP ALL NIGHT, terjual 176 ribu kopi di minggu pertama. Penjualan TAKE ME HOME dan MIDNIGHT MEMORIES tak sampai mencapai 600 kopi di Amrik.

Perbedaan kondisi industri musik mungkin mempengaruhi selisih angka di atas. Tahun 90-an daya beli masyarakat untuk rilisan fisik sangat tinggi. Tapi setelah Internet dan Mp3 lebih disukai, penjualan rilisan fisik pun anjlok.

[likebattle:One Direction NSync|Suri Cruise]

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Aksi Panggung

NSync terkenal dengan aksi panggungnya yang total dan maksimal. Tata cahaya dan kostum dipersiapkan sedemikian rupa agar nampak spektakuler. Selain itu, mereka juga selalu enerjik saat beraksi. Para fans selalu menantikan dance-dance penuh kejutan dari Justin Timberlake Cs.

One Direction cukup berbeda dengan gaya boyband tahun 90-an. Harry Styles, Zayn Malik, Niall Horan, Liam Payne dan Louis Tomlinson tidak menghibur fans dengan dance enerjik. Di atas panggung, mereka lebih minimalis. Bahkan, tak jarang mereka manggung hanya dengan memakai kaos dan jeans.

NSync ©facebook.com/NSync

Uniknya, One Direction mengusung aksi panggung seperti anak band. Saat live, mereka memboyong para additional player yang memainkan musik pop dengan unsur rock. Bahkan, penampilan Niall selalu identik dengan gitar listriknya.

[likebattle:One Direction NSync|Suri Cruise]

3. Penampilan

Justin Timberlake, J.C.Chasez, Chris Kirkpatrick, Joey Fatone, dan Lance Bass memiliki fashion unik. Mereka tak pernah segan bereksperimen dengan dandanan tren 90-an. Mereka tetap keren meski memakai kemeja denim baggy sampai kostum yang memiliki LED. Gaya rambut masing-masing personel pun berbeda dan memiliki karakter masing-masing.

NSync ©facebook.com/NSync

Di sisi lain, One Direction memiliki selera fashion masing-masing tapi benang merahnya adalah tampilan pop yang catchy. Harry Styles dengan rambut acak-acakannya lebih senang pakai blazer dan kaos polos. Zayn Malik sering terlihat memakai varsity jacket dan hoodie. Niall selalu casual dengan polo shirt. Louis dan Liam biasanya memakai plaid shirt baik saat konser atau gaya sehari-hari.

[likebattle:One Direction NSync|Suri Cruise]

 

4. Personel Idola

Dalam boyband, biasanya ada seorang personel yang dikultuskan. Dalam artian, personel tersebut jadi magnet yang jadi daya jual untuk meningkatkan popularitas. Syarat utamanya, personel harus berwajah rupawan.

Di NSync, Justin Timberlake adalah alasan para wanita menggilai boyband tersebut. Soalnya, ia memiliki kualitas saat perform. Ia jago dance dan suaranya keren pula, masalah tampang tak usah ditanyakan lagi, Britney Spears pun dibuat tak berkutik. Sayangnya, sosok Justin jadi lebih terlihat menonjol dibandingkan personel lainnya.

Justin Timberlake ©instagram.com/JustinTimberlake

Sementara itu, One Direction cukup merata. Tiap personel memiliki penggemarnya sendiri-sendiri. Tapi, kalau yang terlihat lebih menonjol tentunya adalah Harry Styles. Pesonanya bisa sampai membuat Taylor Swift tak berdaya.

One Direction sangat dibantu oleh perkembangan social media. Para fans jadi lebih mudah berinteraksi dengan personel idolanya. Sementara pada tahun 90-an, akselearasi informasi seperti itu belum terbentuk.

[likebattle:One Direction NSync|Suri Cruise]

5. Juaranya Adalah?

Nah, head to head One Direction dan NSync dari beberapa sisi sudah KapanLagi.com jabarkan. Keduanya sama-sama kuat dan hebat.

Namun, penjualan album, One Direction masih kalah dari NSync. Tapi itu masih belum final, karir boyband asal Inggris itu masih panjang dan cerah. Penjualan lewat gerai iTunes dan Amazon masih akan digenjot oleh management dan label One Direction. Lagi pula, One Direction tercatat musisi yang paling laris sekarang ini.

Justin Timberlake ©instagram.com/JustinTimberlake

Dari segi aksi di atas panggung, NSync memberikan hiburan total lewat dance dan kostum yang tak pernah biasa. Sementara One Direction cukup tampil minimalis tapi selalu penuh pesona. One Direction lebih membuat para penonton untuk bernyanyi bersama.

Kalau dari penampilan? Mungkin saatnya kalian yang menentukan pilihan. Kira-kira siapa yang paling fenomenal? One Direction atau NSync? Boyband 90-an atau 2010-an?

[likebattle:One Direction NSync|Suri Cruise]

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(kpl/trn)

Editor:

Trian Sulaiman

Rekomendasi
Trending