Ollie Jacobs Arkarna: Pembajakan Bukan Lagi Hal Asing

Penulis: Natanael Sepaya

Diterbitkan:

Ollie Jacobs Arkarna: Pembajakan Bukan Lagi Hal Asing Arkarna © KapanLagi.com/Bambang E. Ros
Kapanlagi.com - Pembajakan film atau musik memang sudah bukan hal yang baru lagi. Mulai dari situs yang menyediakan link untuk mengunduh lagu ilegal secara gratis, sampai streaming video. Sebagai salah satu punggawa musik rock lawas Eropa, Arkarna pun angkat bicara mengenai hal ini.


"Streaming pasti akan terus berkembang. Kan sekarang bukan hanya YouTube, tapi dari berbagai macam cara kami mendapatkan banyak kesempatan untuk menciptakan musik-musik yang bisa dinikmati lewat saluran yang tersedia. Ini masih akan terus menghubungkan kehidupan kami sebagai musisi menyampaikan misi kami lewat musik. Tapi kembali lagi pembajakan juga tak bisa dilepaskan dari zaman seperti ini. Edukasi tentang penggunaan karya secara benar harus dimulai dari dini," ujar Ollie Jacobs dari Arkarna saat ditemui di acara Gerakan Penutupan 22 Situs Musik Ilegal di Gedung Kominfo, Jakarta Pusat, Senin (23/11).


Ollie sendiri mengambil contoh salah satu musisi dunia yang sukses mengenalkan musiknya lewat jasa streaming musik, Taylor Swift. Tentu saja hal ini terlepas dari keputusannya sebelum mencabut hak streaming album 1989 dari Spotify.


Bagi Arkarna, edukasi bagaimana mendengarkan musik secara legal penting untuk dimulai sejak dini © KapanLagi.com/Bayu HerdiantoBagi Arkarna, edukasi bagaimana mendengarkan musik secara legal penting untuk dimulai sejak dini © KapanLagi.com/Bayu Herdianto


"Taylor Swift yang menggunakan Spotify dan itu terbilang sukses. Itu salah satu wujud perkembangan streaming musik. Selain mengembangkan industri musik, itu cara yang legal untuk mengenalkan musik-musik mancanegara. Tapi ini juga memicu kami musisi dengan pihak-pihak terkait untuk menaklukkan pembajakan di masa digital ini dengan menciptakan inovasi baru yang ramah digunakan," lanjut vokalis sekaligus keyboardis Arkarna itu.


Di sisi lain, Ollie dan Matt Hart sendiri menilai kalau fenomena pembajakan akan tetap jadi hal yang sulit untuk dihentikan. Menurut mereka, edukasi untuk tetap membeli karya yang original adalah salah satu solusi terbaik untuk mulai memeranginya.


"Pembajakan bukan lagi hal asing. Pembajakan sudah banyak terjadi dan menjadi fenomena global. Kami tentu mendukung hal ini (gerakan menutup 22 situs ilegal). Yang menjadi tantangan berbagai musisi di berbagai negara, bagaimana kami bisa terus berkarya dan orang-orang bisa tetap setia memilih cara yang legal mendengarkan musik kita. Menciptakan saluran-saluran streaming," pungkas Ollie.


"Ya udah susah ya. Tapi dimulai dari kecil, dikenalkan sejak kecil," tambah Matt singkat.


(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(kpl/pur/ntn)

Reporter:

Mathias Purwanto

Rekomendasi
Trending