Mereka Bersaudara dan Nge-Band Bareng

Penulis: Renata Angelica

Diterbitkan:

Mereka Bersaudara dan Nge-Band Bareng Nick Jonas - Scott Moffat - Andrea Corr - Caleb Followill - Taylor Hanson
Kapanlagi.com - Bayangkan, kalau kamu suka musik dan saudara-saudaramu suka musik juga. Membentuk sebuah band terdengar seperti ide bagus, ya? Itulah yang terjadi dan dijalani oleh 5 band di bawah ini. Mereka semua bersaudara, bergabung dalam sebuah band dan mengecap kesuksesan internasional.


1. THE CORRS


Tiga gadis cantik dan satu pria tampan, semuanya memiliki nama belakang Corrs. Band keluarga ini berasal dari Irlandia, membuat dunia bernyanyi bersama mereka lewat lagu What Can I Do. Adalah Andrea (vokal), Sharon (biola, vokal), Caroline (drum, piano) dan Jim (gitar) yang sukses menelurkan 5 album dan sejumlah single.



Terlahir dari pasangan musisi, keempat bersaudara ini mengenal musik sejak lahir. Album terakhir mereka keluar tahun 2005 (HOME), sebelum setahun kemudian The Corrs bubar. Sharon, Caroline dan Jim memutuskan berkonsentrasi pada keluarga masing-masing, sementara Andrea ingin mewujudkan karir solonya. Album debut solo sang vokalis keluar tahun 2007, yaitu TEN FEET HIGH. Album keduanya keluar tahun 2011, LIFELINES. Di 2009, Sharon merilis sebuah singe It's Not A Dream, tetapi hanya sampai sejauh itu kiprah mereka.


2. KINGS OF LEON


Band yang memainkan garage rock ini berasal dari Amerika. 3 di antaranya merupakan saudara kandung dengan nama keluarga Followill. Caleb pada vokal dan gitar, Nathan di drum dan perkusi serta Jared sebagai pembetot bas. Untuk lead guitar, mereka mengajak seorang saudara sepupu, Matthew. Nama Leon itu diambil dari nama kakek mereka. Sebenarnya, nama-nama yang dikenal ini adalah nama tengah mereka.



Use Somebody adalah hit Kings of Leon yang paling dikenal. Tetapi selain itu, band yang terbentuk sejak 1999 ini memiliki 5 album, terakhir adalah COME AROUND SUNDOWN, keluar tahun 2010. Sayangnya, pada 2011 setelah menyelesaikan tur Australia, mereka mengumumkan memutuskan vakum. Nathan menyatakan kevakuman itu tidak akan lebih dari 6 bulan, tetapi belum ada kabar terbaru dari Kings of Leon sampai sekarang.


3. THE MOFFATS


Ini dia band yang sempat menjadi idola gadis-gadis di era 90-an. Berasal dari Kanada dan kompak bernama belakang Moffat, ada Scott, Clint, Bob dan Dave di dalamnya. The Moffats menjadi istimewa karena tiga nama terakhir adalah kembar.



The Moffats memiliki 6 album yang memenuhi diskografi mereka, tetapi 3 album awal tak terdengar gaungnya. Baru pada 1998, CHAPTER I: A NEW BEGINNING dirilis oleh EMI Records dan diedarkan dengan jangkauan lebih luas. Hasilnya, kita yang di Indonesia pun menyanyikan I'll Be There For You serta Miss You Like Crazy.


Pada 1996, kedua orang tua mereka memutuskan berpisah. Keempat Moffat tinggal bersama sang ayah, dan sayangnya, pada 2001 band yang banyak menyanyikan lagu cinta ini pun bubar. Tercatat, BEST OF MOFFATS menjadi album terakhir yang keluar tahun 2006.


4. HANSON


Tidak perlu banyak orang, Hanson hanya terdiri dari 3 bersaudara. Mereka adalah Isaac, Taylor dan Zac yang memilih memainkan pop rock, sedikit lebih keras daripada The Moffats. Trio dari Amerika ini mendendangkan Mmmbop di tahun 1992 dan langsung sukses.


Tidak banyak yang menduga barangkali, sejauh ini Hanson memiliki 10 album. 2 di antaranya dirilis secara swadaya. Album terakhir keluar tahun 2010, SHOUT IT OUT. Anak-anak Hanson ini juga tampil dalam sejumlah film, bahkan muncul dalam video klip Last Friday Night (T.G.I.F) milik Katy Perry!



Hanson juga peduli terhadap sesama. Hal itu dibuktikan melalui tur-tur mereka yang bertujuan melawan kelaparan dan AIDS di Afrika. Pada 2007, Isaac divonis sakit emboli paru yang menyebabkan The Walk Tour ditunda pada tahun 2007. Setelah menjalani perawatan dan terapi, mereka kembali bersama dan menyelesaikan tur tersebut. Sebuah buku berjudul Take The Walk dirilis kemudian, menceritakan tur dan tujuan tur itu, disertai sebuah mini album yang direkam khusus atas keprihatinan Hanson atas Afrika.


5. JONAS BROTHERS


Ini dia trio yang memulai perjalanan mereka dari Disney Channel. Joe, Kevin dan Nick sama-sama mempunyai nama belakang Jonas. Gadis-gadis memenuhi show dan meneriakkan nama mereka.


Telah terbiasa dengan lampu sorot sejak kecil, Jonas Brothers melahirkan 4 album sejak 2006. LINES, VINES AND TRYING TIMES keluar terakhir, di 2009. Terlahir dari keluarga taat agama, mereka kompak mengenakan cincin yang melambangkan kesucian mereka terjaga sampai saat menikah nanti. Mereka juga berjanji tidak akan menyentuh alkohol, tembakau maupun obat-obatan terlarang.



Seperti juga Hanson, Jonas Brothers peduli terhadap sesama. Mereka mendirikan Change for the Children Foundation yang bertujuan memotivasi dan menginspirasi anak-anak kecil yang bernasib kurang beruntung agar tetap semangat menjalani hidup. Saat ini, ketiga bersaudara itu sedang menyelesaikan album terbaru yang direncanakan keluar akhir tahun 2012 atau awal 2013.


Lima band di atas hanyalah sebagian kecil dari band-band keluarga yang telah berkumpul dan memainkan musik sejak puluhan generasi lalu. Ada yang cukup beruntung mampu bertahan lama, ada juga yang tidak. Yang jelas, bubar ataupun tidak, tali persaudaraan tentunya tak bisa diputuskan begitu saja. Yang mana yang jadi band keluarga favoritmu?

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(kpl/rea)

Rekomendasi
Trending