Mengejutkan, Iwan Fals Manggung Dadakan di Sebuah Konser

Penulis: Angga S Priyono

Diperbarui: Diterbitkan:

Mengejutkan, Iwan Fals Manggung Dadakan di Sebuah Konser Iwan Fals © KapanLagi.com®/Bambang E Ros
Kapanlagi.com - Secara tidak terduga, Iwan Fals muncul di konser Svara Bumi yang digelar di Rolling Stone Cafe. Ratusan penonton pun bersorak saat lelaki kelahiran 3 September 1961 itu naik ke atas panggung dengan membawa gitar.


Memang, pemilik nama lengkap Virgiawan Listanto itu awalnya tidak ada di daftar run down acara. Makanya, para penonton pun terkejut akan kehadirannya di atas panggung.


Keinginan yang melawan Tuhan, manusia dan alam akan membawa penderitaan.
Iwan Fals




"Keinginan yang melawan Tuhan, manusia dan alam akan membawa penderitaan. Keinginan yang wajar diperlukan. Teman-teman di sini memberikan daya hidupnya bagi Bali dan kemanusiaan," ucap Iwan dan langsung membawakan lagu Seperti Matahari, Selasa (30/9).


Iwan Fals © KapanLagi.com®/Bambang E RosIwan Fals © KapanLagi.com®/Bambang E Ros


Lagu-lagu bertemakan alam dibawakan ayah almarhum Galang Rambu Anarki pada malam itu. Para penonton larut dan bernyanyi bersama dirinya.


"Ini kerinduan saya terhadap lingkungan yang sehat. Karena ini telah merampas lingkungan kita. Tentang citarum, terkotor di dunia, sedih, kita bisa kumpul ambil sampah. Ini lagu untuk sungai dan penghuninya," kata Iwan lalu memetik gitarnya menyanyikan lagu Menangis Embun Pagi diteruskan Bongkar dan Hio.


Setelah selesai, Superman Is Dead tampil sebagai penutup dengan membawakan lagu-lagu andalan mereka. Konser tersebut merupakan bagian dari perjuangan para musisi untuk menyuarakan penolakan terhadap proyek reklamasi Teluk Benoa, Bali dan menyerukan pembatalan Perpres No.45/2011, yang dinilai telah mendukung proyek reklamasi tersebut.


(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(kpl/aal/sic)

Reporter:

Sahal Fadhli

Rekomendasi
Trending