Eksklusif: The Overtunes Bikin Para Cewek Singapura 'Going Crazy'

Penulis: Natanael Sepaya

Diterbitkan:

Eksklusif: The Overtunes Bikin Para Cewek Singapura 'Going Crazy' The Overtunes © KapanLagi.com/Adhib Mujaddid

Kapanlagi.com - Nama The Overtunes sendiri sudah cukup dikenal dengan sangat baik di masyarakat Indonesia. Pertanyaannya, bagaimana dengan para penikmat musik di luar negeri? Well, baru-baru ini The Overtunes baru saja tampil di salah satu festival musik Independen terbesar di kawasan Asia, Music Matters 2016 di Singapura.


Menariknya, kami sempat bertanya pada salah satu media setempat mengenai penampilan The Overtunes dan tentu saja sejumlah headliners yang berasal dari Indonesia. Bersama Jillian dan Ryo, mereka mengungkapkan pendapatnya tentang aksi trio pop bersaudara ini.


The Overtunes saat berada di Singapura untuk penampilan di Music Matters 2016 © KapanLagi.com/Adhib MujaddidThe Overtunes saat berada di Singapura untuk penampilan di Music Matters 2016 © KapanLagi.com/Adhib Mujaddid


"Aku suka, sangat easy listening, sangat pop. Dan aku rasa mereka punya potensi di masa depan. Aku juga bisa lihat para cewek muda going crazy," jelas Jillian saat ditemui bersama Ryo setelah mereka mewawancarai The Overtunes di Music Matters, Singapura (13/9).


"Mereka sangat profesional. Aku bisa katakan mereka sudah cukup matang, mereka sudah cukup bagus, aku sudah bisa tahu level mereka, itu bagus. Aku rasa aku punya saran, sebaiknya mereka bernyanyi Bahasa Inggris lebih sering karena ketika kamu bernyanyi dalam Bahasa Indonesia, Malaysia atau China, kamu tahu, kamu harus melangkah lebih ke depan. Jadi di album mereka berikutnya, aku harap (The Overtunes lebih banyak menggunakan lirik Bahasa Inggris)," sahut Ryo.


Menurut Jillian dan Ryo, The Overtunes berhasil membuat para kaum Hawa di Singapura 'going crazy' © KapanLagi.com/Adhib MujaddidMenurut Jillian dan Ryo, The Overtunes berhasil membuat para kaum Hawa di Singapura 'going crazy' © KapanLagi.com/Adhib Mujaddid


Jillian dan Ryo sendiri menjelaskan kalau mereka tertarik untuk mengetahui lebih lanjut mengenai The Overtunes dan karya-karya yang berhasil diretas di industri musik Indonesia. "Ya! Setelah menyaksikan konser mereka tadi, aku akan pulang dan mendengarkannya lebih lanjut," aku Jillian.


"Ya, aku akan melakukannya dan aku akan ke Jakarta suatu saat nanti," Ryo menambahkan.


Sedangkan di sisi lain, musik Indonesia diakui Jillian dan Ryo punya kreatifitas yang berbeda dibanding negara-negara lainnya. Tentu saja reaksi ini tak lepas dari penampilan The Overtunes, Young Lex, Raisa, hingga The Trees And The Wild di Music Matters 2016 yang berhasil merangkum sedikit peta industri musik Tanah Air di luar negeri.


Musik Indonesia punya potensi untuk bersaing di industri yang lebih luas, bahkan global © KapanLagi.com/Adhib MujaddidMusik Indonesia punya potensi untuk bersaing di industri yang lebih luas, bahkan global © KapanLagi.com/Adhib Mujaddid


"Aku cukup tahu banyak tentang musik Indonesia. Aku punya teman seorang promotor musik di Indonesia. Aku tahu dia sering mengelar acara metal, punk, hiphop. dan aku tahu banyak anak muda Indonesia tertarik pada musik, banyak orang Indonesia menikmati musik. Jadi aku rasa Indonesia sangat sangat potensial. Aku rasa Indonesia adalah yang paling kreatif di Asia. Aku tahu Young Lex, rapper baru dari Indonesia," ujar Ryo.


Dengan Jillian dan Ryo yang cukup terkesan melihat musik di Indonesia, mereka lantas memberi sedikit saran untuk para musisi Tanah Air. Dengan berbagai ide liar dan kreatifitas yang sudah sangat baik, bahasa jadi salah satu poin yang menurut mereka cukup penting untuk dilirik para pelaku musik di Indonesia untuk merangkul lebih banyak pendengar di dunia.


Jillian dan Ryo berharap Indonesia bisa mengemas karya-karyanya dalam bahasa yang lebih global © KapanLagi.com/Adhib MujaddidJillian dan Ryo berharap Indonesia bisa mengemas karya-karyanya dalam bahasa yang lebih global © KapanLagi.com/Adhib Mujaddid


"Aku tahu sedikit seperti The Trees And The Wild yang juga perform. Aku juga tahu Yacko, rapper cewek. Aku mungkin belum tahu banyak, tapi kamu bisa menceritakannya padaku. Tapi aku rasa mereka bisa go international. Akan lebih bagus jika mereka menciptakan karya yang lebih global (dalam segi bahasa)," ungkap Jillian.


"Ya, kamu tahu kan Indonesia ke China jaraknya sangat jauh. Begitu banyak bahasa di sini. Aku harap mereka menciptakan karya yang lebih global," Ryo mengakhiri.


Musisi Indonesia sebenarnya sudah punya kualitas dan kapasitas yang bisa dipertanggungjawabkan di industri musik global. Hanya saja, seberapa banyak dari mereka yang mampu dan mau menjawab tantangan ini? So, jangan lewatkan semua berita update tentang musik cuma di KapanLagi.com®.


(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(kpl/adb/ntn)

Reporter:

Adhib Mujaddid

Rekomendasi
Trending