1 Dekade Lebih Berkarya, Ini Pujian Bens Leo Buat Kerispatih

Penulis: Fitrah Ardiyanti

Diterbitkan:

1 Dekade Lebih Berkarya, Ini Pujian Bens Leo Buat Kerispatih Kerispatih/©KapanLagi.com®/Bayu Herdianto
Kapanlagi.com - 12 tahun berkarya di bawah naungan label Nagaswara Record, Kerispatih memang jadi band pop yang punya banyak prestasi. Merilis album pertama di tahun 2005, Kerispatih langsung sabet penghargaan platinum. MTV pun memberikan penghargaan kepada band yang digawangi lima orang lelaki ganteng ini sebagai Best Pop Duo/Group 2011.


Di tahun 2015, Kerispatih mendapatkan penghargaan sebagai Outstanding Band, karena lagu-lagunya banyak di download, terutama di Hong Kong. Makin semangat berkarya, Badai Kerispatih pun makin semangat untuk terus berkarya dan bikin album.


"Keuntungan kita, Nagaswara selalu berikan kesempatan bikin album. Selalu dikoleksi oleh fans, kata Pak Rahayu, selalu support bikin album," tutur Badai saat ditemui di kantor Nagaswara, di kawasan Cikini, Jakarta Pusat.


Bertahan 12 tahun di tengah pergantian era industri musik, Bens Leo puji Kerispatih/©KapanLagi.com®/Agus ApriyantoBertahan 12 tahun di tengah pergantian era industri musik, Bens Leo puji Kerispatih/©KapanLagi.com®/Agus Apriyanto


Pengamat musik Bens Leo, mengapresiasi prestasi Kerispatih yang bisa bertahan di era pergantian industri musik. "Kalau ditanya seperti ini, industrinya sudah berbeda. Tahun dulu sampai 2005 itu era fisik album, fisik album itu CD, kaset. Kaset berakhir 2004. Saya ingat sekali waktu itu masih ada (band) yang berprestasi antara lain Peterpan (Bintang di Surga) dan Jamrud (Ningrat). Album ini mendapat penjualan sampai 2,5 juta. Album pertama Kerispatih meledak juga, itu capaian luar biasa," pujinya.


Setelah era digital masuk, penjualan CD dan kaset memang terseok-seok. "Saya kira sulit sekali kita membandingkan dulu sama sekarang, karena penilaiannya berbeda. Artinya ada digital, ada fisik album. Kerispatih sudah bertahan 12 tahun dengan kawan-kawan ini (artis Nagaswara) menjadi hits maker. Tidak sekedar Kerispatih, tetapi juga artis-artis lain," ujarnya.


Bens juga berharap jika dan juga musisi lainnya bisa mendapatkan prestasi yang lebih tinggi lagi. "Itu suatu prestasi luar biasa tentunya karena tidak mudah masuk ke industri yang seperti sekarang, tapi tetap ada kreativitas. Mudah-mudah kita akan lihat suatu prestasi yang ada di dua tempat, fisik album bagus dan tidak kalah penting digitalnya bagus, seperti ITunesnya bagus," tutupnya.


(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(kpl/aal/tch)

Reporter:

Sahal Fadhli

Rekomendasi
Trending