The Gaslight Anthem: 'AMERICAN SLANG', Tak Terbayangkan

Sabtu, 31 Juli 2010 07:15





  • The Gaslight Anthem: 'AMERICAN SLANG', Tak Terbayangkan
    Cover 'AMERICAN SLANG'

KapanLagi.com - Oleh: Fajar Adhityo

Penasaran dengan band punk rock asal New Jersey ini karena mulai di album pertama reviewnya selalu bagus. Mungkin kita akan mengira dari tampang personelnya yang penuh dengan tato ini bakalan seperti band punk pada umumnya. Namun kenyataannya band bernama The Gaslight Anthem ini mencengangkan kita dengan aransemennya yang sangat indah dan memukau. Sebuah hal yang tak pernah kita bayangkan.

Di album ketiga yang bertajuk AMERICAN SLANG, The Gaslight Anthem mengubah aransemen musiknya dan berbeda dengan album sebelumnya, SINK OR SWIM dan THE 59 SOUND. Brian Fallon, vokalis serta gitaris band ini mengatakan bahwa pembuatan album ini terispirasi The Stones, Eric Clapton, dan The Dominoes. Namun kalau kita dengarkan sepertinya lebih dari itu, kalau boleh menambahkan album ini ada juga unsur-unsur U2 awal, Bruce Springsteen, Social Distortion, serta The Police.

Track-track yang penuh semangat dan enak didengar dengan lirik-lirik secara personal menyuarakan kefrustasian, trauma masa remaja hingga patah hati. Gaya menyanyi Brian Fallon yang enak dengan suara serak beratnya namun masih terdengar artikulasinya. Serta komposisi musiknya yang ringan dan anthemic dari dua penjaga rhytm Alex Lavine dan Benny Horowitz dibumbui petikan melodi yang renyah dari Alex Rosamilia.

Lagu The Diamond Church Street Choir sangat enak aransemennya, beat yang catchy, easy listening dan mempunyai soul power. Brian benar menunjukkan kualitas menyanyinya yang benar-benar bagus. Nada-nada panjang mampu di jangkau tanpa menurunkan range vokalnya. Band ini mempunyai vokalis yang sangat bagus.

Dan di lagu berikutnya The Queen of Lower Chelsea gaya menyanyi Brian terdengar seperti Sting ketika masih bersama The Police. Aransemennya yang ngefunk mirip-mirip The Police.

Serta di lagu terakhir We Did It When We Were Young, yang terasa U2 baik di vokal maupun musiknya. Mendengarkan lagu ini entah mengapa kita terasa teringat masa-masa muda yang terkadang kita melakukan hal-hal yang kalau kita pikir sekarang adalah konyol. Namun kita merindukan masa-masa itu. Ah indahnya lagu ini dengan dua vokal yang satu datar dan satu tinggi serta musik yang naik secara perlahan-lahan. "I'm older now and we did it when we were young..." tak terasa kita melafalkan salah satu baitnya.

Semua lagu di album ini cukup bagus, telinga kita tidak akan susah untuk mencernanya. Proses yang The Gaslight Anthem lakukan sangat berani dengan mengeksplor musikalitasnya. Sebuah karya yang sangat apik.

Daftar lagu album AMERICAN SLANG:
01. American Slang
02. Stay Lucky
03. Bring It On
04. The Diamond Church Street Choir
05. The Queen of Lower Chelsea
06. Orphans
07. Boxer
08. Old Haunts
09. The Spirit of Jazz
10. We Did It When We Were Young (kpl/faj)


Nama
Email
Komentar
Komentar yang tidak sopan akan dihapus.

Komentar Pembaca (0)

Lihat Arsip Musik

- - -