Snoop Lion: 'REINCARNATED', Pesan Damai Titisan Bob Marley

Rabu, 18 September 2013 21:10 | 

Snoop Lion

Snoop Lion: 'REINCARNATED', Pesan Damai Titisan Bob Marley
Snoop Lion: 'REINCARNATED'




KapanLagi.com - oleh: Rea

Setidaknya, demikian yang dikatakan oleh Snoop Lion. Seorang rapper sensasional yang melalui 11 album sebelumnya, sempat berganti nama dari Snoop Doggy Dogg ke Snoop Dogg. Kini, di album ke-12, Snoop merasa menemukan pencerahan di Jamaika.

Mendengarkan REINCARNATED sebaiknya juga disertai dengan menonton film dokumentasi berjudul sama. Dalam film, terlihat Snoop memutuskan terbang ke Jamaika, di mana dia bertemu dengan Bunny Wailer (dari Bob Marley and The Wailers) yang kemudian menasbihkan nama Snoop Lion padanya. Juga diperlihatkan bagaimana Snoop bekerja dalam studio untuk REINCARNATED, bersama Diplo yang sentuhannya kuat terasa dalam album, sembari mengisap banyak sekali ganja.

Sebagai preambule, dalam REINCARNATED, Snoop berkata, "There's so much death, so much destruction, so much mayhem, misunderstanding in music," yang mana cukup menjelaskan asal-muasal konsep album ini. Rebel Way dipatok jadi track pertama. mempertemukan hip-hop dengan dub. Pembuka yang ramah.

"You canít run away, run away. You gotta face this. You canít run away, run away. You gotta face this. Time is moving fast, can't dwell to the past," ujar Snoop. Jelas, dia telah menentukan arah yang ingin ditujunya.


Here Comes The King diperingati dengan, "Major Lazer. Here comes the king, Jah!" sebelum musiknya masuk. Jah adalah bahasa yang biasa dipakai oleh kaum Rastafari. Snoop bekerja dengan orang-orang terbaik dalam elektronik, yang menampilkan Here Comes The King dengan ketukan yang bakal memeriahkan dancefloor. Angela Hunte mempersembahkan gaya bernyanyi seperti bocah kecil.

Ketiga, Lighters Up. Mudah sekali membayangkan penggemar mengangkat dan menyalakan pemantik masing-masing saat konser dan meneriakkan, "Put your lighters up! Get high with me, fly with me, ain't no dividin us. Eastside, westside, northside, southside!" Salah satu yang paling mudah dari album REINCARNATED, memperkenalkan Mavado dan Popcaan sebagai artis dancehall Jamaika.

Kembali bersama Angela Hunte, Snoop menawarkan So Long di track keempat. Liriknya positif, rasa Jamaika-nya retro dengan nada reggae, tiupan terompet dan kocokan gitar khas ska di beberapa part. Ringan, santai, positif, seperti pada umumnya lagu reggae. Penempatan tepat, karena setelah So Long ada Get Away, hasil sentuhan tangan Major Lazer.

Rave! Anthem dancehall yang kali ini memamerkan kekuatan vokal unik Angela Hunte. Snoop menurunkan tensi di No Guns Allowed, kolaborasi dengan Drake dan Cori B. Setelah pikuk oleh Get Away, No Guns Allowed terasa menenangkan, di mana Snoop bernyanyi dengan santai, nyaris sedih.


Lagipula, apa susahnya ikut menyanyikan, "Cause, no guns are allowed in here tonight. We're gonna have a free for all, no fights," dengan penuh perasaan? Kita semua cinta damai, bukan? Keprihatinan massal itu bertambah, saat Drake berkata, "Bullets do not choose a victim. It is the shooter that picks them," Yes, war is not the answer!

Ada banyak loop dalam Fruit Juice, sebuah bentuk revolusi musik Jamaika sejak lahirnya ska. Di sini, Snoop mengajak Mr.Vegas dan Diplo. Track yang riuh, seolah mereka bertiga berlomba menyelesaikan lagu.

Sebuah kejutan melihat nama Collie Buddz dalam track Smoke The Weed. Collie adalah seorang musisi reggae yang dikenal berkat track Come Around. Smoke The Weed mengalir dengan ketukan menggoda, seperti meraih. Ketika sudah hampir terjangkau, tiba-tiba beat berhenti karena Snoop bilang, "Smoke the weed, everyday." Dia juga menyampaikan pesan, jangan kotori bumi dengan lebih banyak polusi.


Giliran Akon berlari bersama Snoop dalam Tired of Running. Sebenarnya, lagu ini diambil dari album KONVICTED (2006) milik Akon. Dalam REINCARNATED, Tired of Running diberi sedikit beat, namun tidak menghilangkan kesedihan dan putus asa, diseret oleh permainan loop, dan pendinginan di menit 02:52, seperti ketika kamu beristirahat sejenak sebelum kembali berlari. Ditutup oleh melodi manis. Well, berlari dari hukum dan tidak dipercaya orang yang disayangi pasti melelahkan ("Running from the law, baby you gotta believe me,").

The Good Good ditulis oleh Diane Warren, lagu yang menghangatkan hati. Pembukanya saja sudah menyenangkan, sepasang kekasih yang menikmati kebersamaan mereka. Mudah dibayangkan, banyak tawa dan rencana optimis terlibat. Barangkali track paling pop dalam album.

Satu lagi lagu cinta, Torn Apart, kali ini Rita Ora mendapat jatah verse pertama, mengakui dirinya masih amatiran dalam soal cinta namun sudah tahu rasanya kehilangan. Terompet ditiup megah, diimbuhi synthsizer di awal, lalu diambil alih oleh bass tebal yang menggoda. Kelihatannya, Snoop dan Rita tidak kesulitan menemukan chemistry untuk cinta yang akhirnya terpisah ini.


Pilihan tepat jika Snoop memilih Miley Cyrus. Terlepas dari segala kontroversi Twerk dan kisah pertunangan yang gagal, Ashtrays and Heartbreaks menuntaskan REINCARNATED tanpa kehilangan identitas. Tidak sulit membayangkan Miley merokok lantaran banyak masalah, kan? Lagipula Snoop menegaskan, "You never miss what you had until it's gone. When it's right, something always will go wrong." Tepat ke sasaran!

Banyak yang menyebutkan Snoop Lion hanya mencari sensasi semata, namun REINCARNATED tidak mengecewakan. Diplo dan Major Lazer memberi warna dramatis, cukup mengurangi esensi musik Jamaika jika Snoop memutuskan jadi titisan Bob Marley. Namun jika kamu memberi REINCARNATED kesempatan kedua, album ini punya banyak sisi menarik yang membuatmu memutar ulang untuk menyimak lebih cermat bass atau loop-loop-nya.

(kpl/rea)



Lihat Arsip Musik

- - -