Psycroptic: 'OB(SERVANT)', Lebih Dari Metal

Jumat, 02 Juli 2010 10:04





  • Psycroptic: 'OB(SERVANT)', Lebih Dari Metal
    Cover album 'OB(SERVANT)'

KapanLagi.com - Oleh: Fajar Adhityo

Wooow!! Track awal yang sangat ngebut tanpa basa-basi ataupun intro seperti kebanyakan band metal lainnya. Ob(Servant) menjadi pilihan buat Psycroptic di awal lagu, lick-lick gitar yang sangat liar, walaupun hanya memakai satu orang gitaris namun mampu mengatasi kekosongan yang ada. Ritme drum dan bass yang rancak dan dobel pedal yang rapat serta fill in yang sangat pas, layaknya gemuruh parade tank Sherman.

Sepintas karakter vokal di awal lagu hampir mirip dengan vokalis Black Dahlia Murder. Jason Peppiatt mampu memberikan karakter vokal yang tidak monoton di setiap lagu perpaduan scream dengan growl yang bersahutan yang menceritakan tentang sci-fi dan sisi gelap dari sudut pandangnya.

Di track kedua A Calculated Efffort, band technical death metal asal Australia ini sedikit menurunkan tempo. Mereka memberikan kemegahan harmoni diramu dengan sound yang agak gelap, tapi masih menyelipkan permainan yang cepat. Gitarisnya bermain cantik di lagu ini, mampu memberikan nyawa di setiap melodinya. Di beberapa part-part lagu seperti tidak asing jika didengarkan seksama, mereka mampu memberikan bar-bar yang teknikal selayaknya permainan The King of Tech Death Metal, Cynic. Tapi lagu yang durasinya 6.30 ini agak sedikit membosankan karena banyaknya bagian-bagian yang diulang.

Berikutnya Slaves of Nil, kembali dengan tempo cepat. Permainan drum dan gitar dari Haley bersaudara ini bisa membuat terkesima. Fill in dan dentuman dobel pedal yang menggerinda, dan melodi gitarnya yang sangat (sekali lagi) bernyawa dalam mengisi bagian yang kosong. Ketika hampir di akhir lagu mereka memberi part jeda hanya raungan gitar serta sisipan sampling dan ngebut lagi, ide yang bagus untuk mengurangi kemonotonan.

Oh apa ini? mereka mencampur adukan musik ala American metal dengan sedikit part jazz di The Shifting of Equlibrium, sungguh sangat menawan. Di akhir lagu Removing The Common Bond ada jeda dengan nuansa suram sepertinya dibikin untuk membuka lagu berikutnya. Mereka tampaknya memberi kesinambungan antara lagu ke lagu dan tidak terkesan menaruh urutan lagu saja.

Horde In Devolution, lagu dengan nuansa atmosferik gelap, dengan riff gitar southern metal ala Pantera. Ada sesuatu yang tak terduga di lagu ini mereka memberikan kejutan kecil di tengah-tengah lagu, musiknya berganti lebih cepat dan condong ke old death/black metal, jadi seakan ganti lagu padahal masih di lagu yang sama.

Permainan cepat-lambat masih ditampilkan di lagu Blood Stained Lineage dan Immortal Army Of One. Lagi-lagi mereka memberikan permainan yang menarik di lagu terakhir berjudul Initiate. Sampling awal lagu yang kelam membawa kita ke sebuah akhir perjalanan yang hampa dan tiba-tiba kita dihentakkan secara tiba-tiba seperti dihadapkan pada sebuah kehancuran. Joey mengobral permainan melodinya di lagu ini, sungguh megah dengan penutupan akhir lagu yang mengambang seakan perjalanan ini belum berakhir.

Masih teringat penampilan mereka waktu konser di Indonesia. Psycroptic memberikan suguhan musikalitas yang menarik, dan satu lagi nilai plus dari gitarisnya yang merupakan pentolan band ini, ketika live dia tidak menambah gitaris untuk membantu mengisi rythm. hanya dia sendiri saja.

Begitu juga di proses rekaman, mungkin banyak yang tidak menyangka bahwa mulai dari album pertama mereka hingga album keempat ini dia mengisi semua bagian gitarnya, dia bersikeras tanpa ada tambahan overdub seperti track rythm sendiri track melodi sendiri. Joey mengisi semuanya, dan semua berbeda di tiap lagu dan albumnya.

Semua lagu di album OB(SERVANT) ini sangat menarik dan porsi komposisinya porsinya dibagi sama rata, tapi lagu yang paling menarik perhatian untuk disimak dan didengarkan ulang Ob(Servant), Slaves Of Nil, Horde In Devolution, dan Initiate.

Berikut daftar lagu di album OB(SERVANT):

1. Ob(Servant)
2. A Calculated Effort
3. Slaves Of Nil
4. The Shifting Equilibrium
5. Removing The Common Bond
6. Horde in Devolution
7. Blood Stained Lineage
8. Immortal Army Of One
9. Initiate (kpl/faj)


Nama
Email
Komentar
Komentar yang tidak sopan akan dihapus.

Komentar Pembaca (0)

Lihat Arsip Musik

- - -