Lady GaGa: 'THE FAME,' Irama Fantastis Namun Bukan Sesuatu Yang Beda

Senin, 02 Maret 2009 09:01 | 

Lady GaGa






  • Lady GaGa: 'THE FAME,' Irama Fantastis Namun Bukan Sesuatu Yang Beda
    Lady GaGa - THE FAME

KapanLagi.com - Universal Music Group kembali menyuguhkan artis baru di bawah label besarnya, penyanyi pop dance yang dikenal karena kekhasannya dalam berbusana, Lady GaGa. Dan proyek album bertitel THE FAME ini nampaknya memenuhi harapan yang diberikan padanya. GaGa yang bernama asli Stefani Joanne Germanotta langsung menjadi seorang selebriti internasional yang melejit walaupun sebenarnya sosoknya sendiri berisiko disamakan dengan Gwen Stefani ataupun Aubrey O Day.

Sebelumnya GaGa adalah seorang penulis lagu yang cukup laris. Pussycat Dolls, Britney Spears, NKOTB, dan Akon menjadi beberapa contoh artis yang pernah bekerja sama dengannya. Dan dia juga sudah membuktikan kelihaiannya dalam bernyanyi dengan menjadikan single pertamanya, Just Dance, meraih puncak tangga lagu di mana-mana, dari Australia hingga Switzerland, dan dinominasikan pula di Grammy Awards.

GaGa membesar-besarkan albumnya sebagai album yang amat mengikuti zaman walaupun tetap merombak definisi konsep sebuah artis pop dengan menyuguhkan THE FAME. Namun sebenarnya 15 lagu di dalamnya tidak menyuguhkan sesuatu yang baru yang belum pernah didengar.

Cukup dipengaruhi oleh musik era 80-an, kadang suaranya terdengar seperti Gwen ataupun Madonna. Bahkan kadang mengingatkan kita pada Girls Aloud. Track Money Honey malah terdengar seperti kejayaan Ace of Base yang kembali bangkit. Sementara Eh Eh (Nothing Else I Can Say) dan Paper Gangsta benar-benar terpengaruh oleh pop Eropa awal 90-an.

Walaupun Lady GaGa terus berceletuk bahwa dirinya amat bernafsu menjadi sesuatu yang beda, namun musik pop-nya yang cukup banyak menawarkan tema percintaan dan ketenaran membuatnya sulit untuk dikatakan beda dari yang lainnya. GaGa nampaknya tak bisa menunjukkan apa yang membuatnya tampak beda kecuali penampilan panggung dan kostumnya yang buka-bukaan itu.

Namun musik pop tak harus benar-benar orisinil atau cerdas, dia hanya memerlukan nada dan irama dan Lady GaGa memberikan irama yang fantastis. Mungkin Anda bisa menertawakan lagu Boys Boys Boys, namun Anda tak akan bisa menahan kemenarikan iramanya yang beralih dengan berani saat sampai pada chorusnya. Mungkin Anda akan segera bosan saat mendengar tema di dalam album yang sering kali diulang-ulang ini, namun irama Paparazzi bakal membuat otak Anda ikut bergoyang dan menolak untuk menghentikan kuping Anda untuk beralih.

THE FAME memang bukan album yang amat cerdas, namun album debut Lady GaGa ini pasti akan menjadi album yang besar. (kpl/npy)


Nama
Email
Komentar
Komentar yang tidak sopan akan dihapus.

Komentar Pembaca (0)

Lihat Arsip Musik

- - -