Kekal: 'EMBRACE THE DEAD', Re-Mastered 1999', Mengenang Sebuah Tonggak Awal

Selasa, 14 September 2010 12:30
Kekal: 'EMBRACE THE DEAD', Re-Mastered 1999', Mengenang Sebuah Tonggak Awal
Cover Album




KapanLagi.com - Oleh: Fajar Adhityo

Ini merupakan re-mastered dari album kedua band metal progresive/avant garde rock asal Jakarta, Kekal yang sengaja ditaruh di situs mereka untuk diunduh secara gratis dalam rangka 15 tahun Kekal dan hanya dibatasi hingga 1000 pegunduh. EMBRACE THE DEAD sebenarnya dirilis terbatas di tahun 1999 dalam format kaset dan album ini sekarang langka.

Album ini adalah sebuah karya yang spektakuler di ranah musik metal di Indonesia khususnya. Dengan aransemen yang jauh dari pakem umum metal, mereka mencoba memvisualisasikan serta mencampur adukan musik metal dengan elemen rock progresif serta lirik yang religius. Sedikit aneh di telinga namun asyik untuk di dengarkan.

Tak banyak yang tahu kiprah band ini karena musik mereka yang keluar jalur membuat scenester metal sedikit kebingungan di kala itu karena belum adanya referensi musik yang serupa di zaman itu. Apresiasi malah datang dari benua Eropa hingga menjadikan mereka tampil di sebuah event metal terbesar di sana.

Bahkan di album ketiganya THE PAINFUL EXPERIENCE mereka lebih total dalam mengeksplorasi. EMBRACE THE DEAD seakan menjadi penghubung antara Kekal pertama yang masih bermain black metal dengan album ketiga yang sudah berubah musiknya. Inilah alasan mereka untuk re-mastered ulang selain album ini menjadi tonggak transisi mereka, album ini dalam proses rekamannya belum secanggih sekarang dan dirundung masalah finansial. Hingga mereka memutuskan untuk meremastered agar fansnya bisa menikmati album ini yang sudah tidak ada di pasaran.

Dan hasilnya adalah sebuah album metal progresif terbaik yang pernah kita punya.

Tracklist:
1. Longing for the Truth2. Embrace The Dead3. The Fearless and The Dedicated4. Healing5. The Final Call6. From Within7. Scripture Before Struggle8. Millennium9. Embrace The Dead (Live) (kpl/faj)


Nama
Email
Komentar
Komentar yang tidak sopan akan dihapus.

Komentar Pembaca (0)

Lihat Arsip Musik

- - -