Haim: 'Forever EP', Guyuran Segar Bergaya Klasik

Rabu, 23 Januari 2013 15:00 | 

Destinys Child

Haim: 'Forever EP', Guyuran Segar Bergaya Klasik
Haim: Forever EP




KapanLagi.com - Selalu menarik untuk menyimak rilisan EP, karena di sini biasanya musisi mengeluarkan sisi-sisi lain yang tak terduga. Nama Haim sudah cukup sering beredar sejak akhir tahun, mereka bahkan masuk daftar sebagai Yang-Harus-Didengarkan serta Yang-Berbahaya di 2013, di berbagai media.

FOREVER EP diedarkan secara cuma-cuma oleh Haim. Jangan dibicarakan dulu penampilan para personelnya, tetapi simak saja lagu pertama dari empat lagu yang jadi tracklist.

Harmonisasi ala Destinys Child memenuhi Better Off. Mengejutkan, menyenangkan. mudah dinyanyikan. Tidak adil menyamakan dengan Destinys Child, namun memang tak banyak grup vokal wanita berkualitas yang sukses secara industri.

Ketiga gadis Haim @nme.comKetiga gadis Haim @nme.com

Satu lagi. Musiknya. Ketika Rihanna dan Kesha menguasai tangga lagu dengan dentum elektroniknya, menyegarkan sekali mendengar yang dikaryakan Haim. "I never wanna see you again, with the beating of my heart witness, I say no no no, Iím done Iím done," ujar Haim dengan pengucapan tajam, mungkin sambil mengibaskan rambut panjang mereka.

Forever dibuka kembali dengan snare drum dan betotan bas yang berpindah-pindah. Musiknya tebal dan kokoh, menyeimbangkan harmonisasi Haim. Forever hampir mirip dengan Better Off, kecuali bahwa lagu ini sudah dibuatkan klipnya.

"Hey you! Remember me? Remember love? Remember trying to stay together? I know I know I know, you ain't the one to play the game. Now I know, I'm never gonna go your way. If you go, now I know, I know know know," kata Haim, menerima patah hatinya dengan dewasa.

Haim rupanya gemar dengan lirik bersajak. Pengulangan kata itu dilakukan secara konsisten dengan cara menggemaskan. Mereka juga jago memenggal kata, seperti pada lagu Go Slow, lagu ketiga yang punya tempo lebih lambat dan buaian intro lembut.

Lagu keempat adalah remix Forever yang digarap oleh Dan Lissvik, seorang musisi dan produser asal Swedia. Sekarang, siapakah Haim?

Cerdas dan segar @bbc.co.ukCerdas dan segar @bbc.co.uk

Ketiga gadis ini sesungguhnya bersaudara. Este (27 tahun), Danielle (23) dan Alana (21) sama-sama terlahir dengan nama belakang Haim. Mereka bersenang-senang bersama seorang kawan, Dash Hutton yang tak tampil dalam klip Forever. Pasangan Haim memperkenalkan musik sejak dini, mengajak Este dan Danielle terlibat dalam proyek-proyek musikal ketika mereka berusia belasan tahun.

Dua nama yang mudah diingat bila sedang membicarakan vokal grup Amerika wanita adalah TLC dan Destinys Child. Itulah yang ditawarkan Haim: ramuan RnB 90-an, pop 80-an dan rock klasik, diikuti lirik pemberani, snare drum dan petikan bas, percikan symbal drum yang memecah, serta rambut panjang dibelah tengah dan kacamata hitam.

RnB takkan pernah menjadi sama lagi setelah kamu mendengar EP ini.

Tracklist:

1. Better Off
2. Forever
3. Go Slow
4. Forever (Dan Lissvik Remix)


(kpl/rea)



Lihat Arsip Musik

- - -