Dead Prez: 'TURN OFF THE RADIO VOL.4', Tetap Radikal

Sabtu, 09 Oktober 2010 12:00
Dead Prez: 'TURN OFF THE RADIO VOL.4', Tetap Radikal
Cover Album




KapanLagi.com - Oleh: Fajar Adhityo

Duo hip hop Stic Man dan M1 yang terkenal radikal dan militan asal New York, Amerika yang tergabung dalam Dead Prez kembali lagi dalam kancah musik rap Amerika. Band yang berdiri tahun 1996 ini terkenal dengan lirik-liriknya yang politikal, revolusioner dan menyuarakan ketidakadilan sosial untuk kaum Pan-Africanism.

Mereka juga dekat dengan sebuah partai yang memperjuangkan hak-hak kaum kulit hitam Black Panther Party. Di tahun 2010 ini Dead Prez kembali mengeluarkan album terbarunya berjudul TURN OFF THE RADIO VOL.4: Revolutionary But Gangsta Grillz yang sengaja dirilis gratis dan bisa kita unduh di situsnya www.deadprez.com.

Dengan balutan musik rap tahun 80-90an yang kental dengan nuansa soul funk hasil ramuan DJ Drama dicampur dengan lirik-lirik yang masih mempunyai kadar politikal yang tinggi dan tak berhenti untuk menyerukan revolusi. Tak banyak berubah dari duo hip hop ini, masih tetap menyerang dengan 19 lagu yang sarat akan kritikan pedas. membicarakan mulai dari revolusi Malcolm X hingga pembebasan Mumia Abu Jamal yang bisa kita simak di lagu Malcolm Garvey Huey.

Di track 7 mungkin kita akan familiar dengan beat lagu ini. Ya tak lain merupakan beat lagu milik B.O.B dan Bruno Mars yang berjudul Nothin On You. Di lagu ini Dead Prez me-remix ulang lagu ini dan mengganti lirik dan judulnya menjadi The Beauty Within. Lagu ini dipersembahkan oleh Dead Prez untuk Hari Ibu tanggal 22 Desember nanti.

Tampaknya lagu ini semakin bagus ketika diolah oleh Dead Prez, melihat dari liriknya yang sedikit berbobot yang bila kita lihat menceritakan tentang persamaan derajat dan hak perempuan, terutama perempuan kulit hitam. Lagu ini juga mempunyai arti yang mendalam bahwa kecantikan bukan berasal dari polesan kosmetik saja.

Berikut bait lirik The Beauty Within yang sangat bagus ini:

this Hollywood world so pretentious

every other girl got a perm or extensions

but you don even rarely wear lipstick

still your beauty is a natural mystic

indigenous strong cheekbone from your lineage

not what the mainstream image is

natural hair as your heritage

but to see it without chemicals

is rare as the pyramids

At least, 19 lagu ini akan mengingatkan kita akan musik rap tahun 80an yang sarat akan lirik politik. Dan Dead Prez mengembalikan kejayaan era itu lagi.

Tracklist:
1. Intro2. Far From Over3. Soul Power4. Exhibit M5. The Game is Battlefield6. Malcolm Garvey Huey feat Divine7. The Beauty Within8. KRS-One Speaks9. The Movement10. Gotta Love It11. Never Turn Back12. Don't Waste It13. Lil' Ghetto Boys14. Overdose15. Fear Not The Revolution16. Let The People Be Heard feat Estelle17. RBG Till I Die (Zayd Malik feat Stic. Man)18. Hood News/Stuggle Like Us19. The G In Me (feat Mikeflo) (kpl/faj)


Nama
Email
Komentar
Komentar yang tidak sopan akan dihapus.

Komentar Pembaca (0)

Lihat Arsip Musik

- - -